Niacin/ Vitamin B3 – Untuk Kesehatan Kulit & Efek Sampingnya

Posted on

Manfaat Niacin sangat besar untuk membantu menjaga kesehatan kulit anda. Niacin atau yang juga dikenali sebagai vitamin B3 bisa ditemuka. Did berbagai produk untuk merawat kecantikan kulit. Akan tetapi, tidak semua orang tahu apa manfaatnya Dan bagaimana cara kerjanya terhadap kesehatan kulit (buah alpukat untuk wajah).

Mengenai bentuk niacin dibagi menjadi dua, yaitu niacin serta niacinamide. Keduanya bisa larut dalam air. Mengonsumsi niacin atau niacinamide dengan cara oral akan membuat tubuh lebih mudah untuk menyerapnya. Kemudian tubuh akan mengubah niacin menjadi niacinamide, terutama saat jumlah niacin pada tubuh melebihi jumlah yang dibutuhkan. Lantas, apa saja Manfaat Niacin? Selain mampu mengatur lemak serta gula dalam tubuh agar bekerja dengan baik, niacin juga sering digunakan untuk mendukung sel-sel tubuh.

Manfaat Niacin Untuk Kesehatan Kulit
Manfaat Niacin Untuk Kesehatan Kulit

Niacin untuk pasien penyakit jantung seringkali dikonsumsi dalam dosis yang tinggi. Akan tetapi, niacin juga akan meningkatkan jumlah trigliserida. Bagaimana dengan fungsi niacin untuk kesehatan kulit?

Niacin atau niacinamide bisa anda temukan dalam berbagai jenis makanan. Beberapa makanan tersebut adalah ikan, susu, daging, dan juga telur. Selain itu, sumber lainnya adalah sereal, kacang, serta sayuran hijau. Selain itu, niacin juga tersedia dalam vitamin B kompleks seperti vitamin B6, vitamin B9, dan juga vitamin B12.

Manfaat Niacin untuk kulit adalah menyediakan nutrisi untuk kulit. Kemudian, niacin juga berfungsi untuk membantu agar kulit selalu sehat dan tampak baik. Bukan hanya itu, Niacin juga bisa membantu merawat dari masalah kulit. Misalnya, niacin bisa menjadi obat untuk jerawat. Hal ini dikarenakan niacin dapat menyembunyikannya lalu melawannya. Tak heran jika banyak orang memilih menggunakan niacinamide sebagai obat inflamasi pada jerawat vulgaris.

Faktanya, niacin juga kerap digunakan sebagai sebagai produk anti-aging atau obat untuk masalah penuaan kulit. Bahkan, anda juga bisa menggunakannya sebagai pelembab kulit.

Manfaat Niacin juga dapat mengatasi kolesterol karena penyebab makanan. Kadar kolesterol bisa turun dengan menggunakan niacin. Mengombinasikan niacin dengan beberapa pengobatan akan membantu mengatasi berbagai penyakit atau masalah kesehatan seperti kolera, diare, sakit kepala atau juga tekanan darah tinggi. Selain itu, anda juga bisa menggunakannya niacin yang bermanfaat untuk mengatasi arthritis, masalah memori dan juga leprosi.
Untuk para pasien yang menderita penyakit kulit seperti granuloma anular atau pemfigoid bulosa, niacin juga menjadi obat yang tepat.

Efek Samping Niacin

Menggunakan Niacin hingga lebih dari 50 miligram setiap harinya akan memicu efek samping. Anda akan merasakan seperti flushing, kesemutan, terbakar, kemerah-merahan di bagian dada, wajah, Dan lengan. Bahkanahkan, anda juga akan merasakan seperti pusing, sakit perut atau juga nyeri mulut.

Untuk anda yang menggunakannya setiap hari hingga 3 gram lebih, beberapa efek samping yang anda rasakan bahkan lebih serius. Selain dapat memicu kerusakan hati, anda bahkan bisa mengalami masalah seperti wanting berdetak tidak normal, asam urat, serta kadar gula darah yang meninggi.

Untuk anda yang mempunyai riwayat darah rendah, sebaiknya jangan menggunakan niacin. Niacin juga tidak disarankan untuk pasien dengan penyakit hati, asam urat, dan juga penyakit ginjal. Hal lainnya yang perlu anda perhatikan adalah vitamin B3 mampu berinteraksi dengan berbagai makanan atau obat-obatan, termasui obat diabetes atau juga alkohol. Untuk itu, ketika anda ingin menggunakan niacin karena Manfaat Niacin yang baik untuk kulit, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini penting agar tidak ada efek samping yang akan membahayakan kesehatan anda lainnya.