Obat Batuk Alami dan Cara Pencegahannya

Posted on

Obat Batuk Alami dan Cara Pencegahan nya – Assalamualaikum Wr. Wb Pada kesempatan kali kita akan bahas mengenai batuk dan obat alami untuk menanganinya..

Batuk, Semua orang di dunia mungkin pernah mengalami penyakit yang satu ini . Ada yang ringan ada yang berat , ada yang berdahak ada juga yang kering. Mungkin karena sudah biasa jadi kebanyakan orang menganggap remeh batuk , jika batuk ini tidak segera diobati bahkan sampai infeksi kemungkinan batuk ini akan sangat sulit untuk disembuhkan.

Obat Batuk Alami dan Cara Pencegahannya
Obat Batuk Alami dan Cara Pencegahannya

Pada dasarnya batuk ini berguna untuk membersihkan tenggorokan maupun saluran pernapasan. Akan tetapi jika berlebihan itu sudah merupakan penyakit. Batuk juga bisa terjadi karena adanya benda asing seperti debu maupun bakteri yang dapat merangsang selaput lendir di dalam tenggorokan. Kondisi ini biasanya dapat menimbulkan rasa gatal tubuh pun berusaha mengeluarkan benda asing tersebut dengan cara batuk. Ada pula batuk berdahak yang disebabkan karena makanan yang merangsang tenggorokan . Ada pula karena kanker maupun batuk karena seseorang yang sering merokok.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara menyembuhkan batuk? Apa saja obat alami yang dapat menyembuhkan batuk ? Nah , untuk lebih jelasnya silahkan baja penjelasannya dibawah ini.

Berikut ini adalah beberapa jenis batuk :

  1. Yang pertama ada batuk Akut ,iyalah batuk yang terjadi dan belangsung kurang dari dua minggu
  2. Yang kedua ada batuk Kronis , batuk kronis ini sering menyerang anak-anak  karena asma. Tuberkolosis (TB) maupun Pertusis (Batuk rejan )
    Pertusis adalah batuk krosnis yang disebabkan oleh kuman berdetella pertussis . Ini dapat dicegah dengan imunisasi DPT

Penyebab Batuk

Sebelum kita mencari bagaimana atau apa saja sih obat yang dapat menyembuhkan batuk ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui apa saja yang dapat memicu Batuk. Berikut adalah beberapa hal pemicu batuk :

  1. Infeksi saluran pernapasan
  2. Infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA)
  3. Alergi
  4. ASMA atau Tuberculosis (TB)
  5. Benda asing yang masuk ke saluran pernapasan
  6. Tersedak
  7. Menghirup asap rokok
  8. Batuk Psikogenik , Batuk ini diakibatkan karena masalah emosi dan psikologis

Berikut ini Adalah Beberapa daftar obat tradisional yang dapat anda manfaatkan :

  1. Jeruk Nipis

Mengobati batuk dengan jeruk nipis ini memang bukan sebuah rahasia lagi ,  menggunakan campuran madu atau kecap , bagi anda yang tidak menyukai kecap anda juga dapat menggantinya dengan madu,  caranya adalah :

  • Sediakan 2 jeruk nipis segar kemudian potong jeruk nipis menjadi dua bagian
  • Peras untuk mengambil air sari jeruknipisnya
  • Campur kan dengan kecap atau pun madu secukupnya (gunakan salah satu)
  • Minum 2-3 kali dalam sehari untuk pengobatan yg lebih maksimal
  1. Jahe + Kencur

Jahe memiliki zat anti bakteri berguna untuk membuat tubuh hangat selain itu jahe juga dapat dijadikan obat tradisional batuk  terutama batuk berdahak .

Caranya adalah :

  • Sediakan 2 ruas serta kencur secukupnya
  • Iris keduanya menjadi beberapa bagian
  • Rebus kedua bahan tersebut hingga mendidih
  • Kemudian saring untuk mengambil air hasil rebusan tadi
  • Kemudian minum cukup 1-2 kali dalam sehari
  1. Daun Sirih

Ternyata daun sirih ini juga sangat efektif untuk menyembuhkan permasalahan batuk yang anda alami. Caranya pun sangat mudah yaitu :

  • Ambil 5-6 lembar daun sirih tua yang masi segar
  • Kemudian robek robek dan rebus dengan satu gelas air hingga mendidih
  • Anda juga bisa menambahkan madu untuk menetralisir rasanya
  • Minumlah air rebusan tersebut saat hangat setidaknya dua kali dalam satu hari hingga benar benar sembuh.
  1. Belimbing Wuluh

Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan bahan sayuran yang satu ini , meskipun belimbing wuluh ini rasanya lumayan masam namun sangat berkhasiat untuk menyembuhkan batuk, caranya adalah sebagai berikut :

  • Ambil 10 buah blimbing wuluh
  • Cuci bersih dan haluskan dengan cara di parut
  • Kemudian campurkan dengan segelas air panas dan tambahkan sedikit garam
  • Aduk hinggarata kemudian saring dan minum air sari belimbing wuluh tersebut dua kali dalam sehari pagi dan malam sebelum tidur
  1. Kunyit

Salah satu tanaman rimpang ini ternyata sangat berkhasiat dan dapat berfungsi sebagai antibiotik alami,  inilah alasan kenapa kunyit dapat dijadikan sebaagai obat batuk karena dapat mengatasi peradangan pada saluran pernafasan yang menjadi penyebab terjadinya batuk kering. Cara membuatnya pun sangat mudah yaitu :

  • Ambil 1sendok kunyit bubuk dan setengah sendok lada bubuk
  • Campurkan keduanya kedalam gelas kemudian beri air panas secupnya
  • Aduk hingga kedua bahan tercampur dengan rata
  • Kemudian minum selagi hangat
  • Minumlah ramuan ini dua kali dalam sehari
  1. Cabai Jawa + Madu

Khasiat dua bahan ini memang sudah tidak diragukan lagi untuk mengatasi permasalahan batuk anda , caranya pun cukup mudah dan simpel yaitu :

  • Siapkan Madu secukupnya dan enam gram cabai jawa yang telah di haluskan
  • Beri secukupnya air hangat lalu aduk hingga merata
  • Minumlah ramuan ini secara rutin dua sampai tiga kali dalam sehari
  1. Daun Kayu Putih

Selain dapat menghangatkan tubuh daun kayu putih ini juga bermanfaat untuk mengobati batuk dengan cepat . caranya yaitu :

  • Ambil 10 lembar daun kayu putih
  • Kemudian rebus dengan satu gelas air hingga mendidih
  • Angkat dan biarkan hingga hangat
  • Minumlah ramuan ini secara rutin dua sampai tiga kali dalam sehari sampai batuk anda benar benar sembuh
  1. Asam Jawa + Gula Merah

Selain untuk keperluan masak ternyata kedua bahan ini juga sangat efektif untuk menyembuhkan batuk secara alami. Caranya  yaitu :

  • Siapkan sepuluh biji asam jawa dan gula merah secukupnya
  • Campur kan kedua bahan dan seduh keduanya menggunakan air hangat
  • Aduk hingga merata lalu minum ramuan ini hingga habis
  1. Jahe Merah

Jahe merah di percaya memiliki khasiat lebih baik dibanding jahe biasa , tak heran jika harga jahe merah ini memang relatif lebih mahal di pasaran. Selain itu ternyata Jahe merah ini sangat efektif untuk mengobati batuk kering caranya cukup mudah yaitu kupas jahe merah , kunyah dan hisap lah sari dari jahe merah tersebut . lakukan pengobatan ini secara rutin minimal dua kali dalam sehari hingga batuk anda benar benar sembuh.

Nah, itu tadi adalah beberapa obat alami yang dapat anda manfaatkan untuk meringankan batuk anda sebenarnya masih sangat banyak jenis tanaman obat yang dapat anda manfaatkan .

Pencegahan Batuk pada anak

Meskipun obat berdahak yang tadi kita bahas diatas dapat diminum juga oleh anak anak namun kebanyakan anak anak tidak menyukai rasanya dan enggan untuk meminumnya. Dengan demikian banyak anak yang diberikan obat obatan di apotek yg tersedia dengan beberapa rasa yang disukainya seperti apel, anggur , strawbery dan lain-lain.

Untuk mempercepat proses penyembuhan pastikan anak anda jangan dibiarkan mainan diluar , beri pakaian yang hangat dan beri asupan air putih yang cukup. itulah sedikit ulasan mengenai obat batuk  pada anak .

Selain itu kami juga akan membagikan tips untuk pencegahan agar kita tidak mudah terkena serangan batuk , berikut adalah beberapa tips atau cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah batuk :

  1. Hindari asap rokok

Cara pertama ini adalah salah satu cara untuk menghindarkan diri ada dari serangan batuk ,  dengan cara menghindari asap rokok dan berbagai polutan lain. Polutan lainnya ini berupa asap pembakaran sampah, asam kendaraan, dan jenis asap lainnya merupakan salah satu faktor yang sangat penting penyebab munculnya si penyakit batuk . oleh karena itu anda patut menghindari hal tersebut.

Bagi para perokok anda juga diwajibkan untuk menghindari rokok dari sekarang , untuk mencegah pemasalahan batuk ini dan juga mencegah beberapa kemungkinan yang lebih parah . rokok ini sangat berbahaya dan dapat memunculkan beberapa penyakit seperti batuk pada diri anda maupun orang lain .

  1. Minum obat batuk apabila mengalami tenggorokan kering

Pada umumnya gejala batuk bermula ketika anda mengalami gejala berupa rasa gatal pada bagian tenggorokan . ketika anda merasa tenggorokan anda kering dan gatal inilah anda harus minum obat batuk atau jenis permen pelega tenggorokan.

  1. Hindari makanan manis , dingin dan gorengan

Munculnya batuk sangat dipengaruhi oleh makanan , biasanya mengkonsumsi gorengan , makanan yang dingin dan manis seringkali dapat menyebabkan batuk , oleh sebab itu kurangi lah mengkonsumsi beberapa makanan seperti ini ,  terlebih jika anda sering mengalami batuk batuk setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Pencegahan batuk dengan meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh dengan cara mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi serta olahraga da istirahat yang cukup. Perbanyak juga mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin C . sehingga kekebalan tubuh anda dapat meningkat .

  1. Gunakan Masker saat pepergian

Menggunakan masker saat bepergian ini juga merupakan salah satu bentuk pencegahan , pelindung ini, akan saat bermanfaat dan membantu anda dalam mencegah masuknya bakteri maupun virus yang dapat menyebabkan batuk

  1. Minum Air Putih dengan cukup

Cara ini merupakan paling mudah untuk membantu mencegah batuk pada diri anda , dengan memberi asupan air putih dengan cukup kepada tubuh akan membantu metabolisme tubuh anda , hal ini akan berdampak pada meningkatnya daya tahan tubuh anda. Selain itu air putih juga dapat membantu mencegah terjadinya radang pada tenggorokan  yang kering.

Baca Juga :

Kondisi cuaca yang terkadang tidak menentu dan tidak bersahabat seringkali membuat badan kita drop, akibatnya penyakit pun akan mudah datang menghampiri diri kita. Dari yang sekedar sakit ringan sampai sakit yang membuat kita di opname dirumah sakit, salah satu penyakit yang sering muncul iya lah batuk . Nah oleh sebab itu mulai sekarang kita harus bisa menjaga pola hidup dengan istirahat yang cukup, perbanyak asupan air putih,  mengontrol makanan dan sebagainya . Hal ini bertujuan untuk menghindarkan diri  kita dari kemungkinan hal hal yang tidak terduga dan tidak kita inginkan tentunya. Sekian ulasan mengenai batuk pada hari ini semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *