Obat Diare Untuk Bayi Yang Aman Dan Ampuh

Posted on

Bayi yang sedang tumbuh tentu mengalami beberapa masalah, salah satunya adalah diare. Penyebabnya pun bervariasi. Beberapa bayi saat sedang tumbuh gigi juga bisa mengalami diare. Penyebab lainnya bisa karena infeksi bakteri, alergi susu dan makanan, atau faktor la

Obat Diare Untuk Bayi Yang Aman Dan Ampuh Secara Alami/ Tradisional
Obat Diare Untuk Bayi Yang Aman Dan Ampuh Secara Alami/ Tradisional

innya. Obat diare untuk bayi secara alami atau tradisional dibutuhkan sebagai penanganan cepat agar bayi tetap merasa nyaman.

Obat diare tentu sangat dibutuhkan, sebab diare akan membuat bayi lemah karena dehidrasi dan kehilangan cairan tubuh. Dalam banyak kasus , dehidrasi menjadi salah satu penyebab kematian. Untuk itu, ketika bayi sedang diare, para ibu harus mencegah atau mengurangi banyaknya cairan yang hilang dari tubuh bayi dengan sering memberinya asi setelah bayi BAB. Menjaganya agar tidak dehidrasi adalah hal yang tepat, semoga membantu!

Daftar Obat Diare Tradisional Yang Aman Untuk Bayi

  1. Oralit

Oralit merupakan cairan gula dan garam yang digunakan sebagai pengganti ion tubuh yang hilang dan sangat dibutuhkan jika BAB terus menerus. Obat diare untuk bayi sangat aman. Anda pun bisa berkonsultasi dengan dokter jika ragu, pastinya dokter akan memberikan salah satu obat ini untuk anak anda. Oralit bisa ditemukan di apotik atau puskesmas. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menyiapkan 1/2 gelas air panas yang dicampur dengan 1 sdm. gula putih dan 1/4 sdm garam halus.

  1. Air Tajin

Kandungan zat tepung yang tinggi pada air tajin juga bisa digunakan sebagai obat tradisional yang bisa diberikan untuk bayi. Untuk membuatnya, anda harus merebus 1/2 kg beras terlebih dahulu dalam 1 liter air. Kemudian, tunggu sampai air rebusan mendidih. Jika sudah, anda baru bisa mengambil air yanga da di permukaan nasi. Air inilah yang disebut tajin dan letakkan dalam gelas. Tambahkan garam dan gula, lalu bisa anda berikan pada bayi anda.

  1. Saus Apel

Saus apel sering dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengatasi diare pada bayi di India. Kandungan pectin dalam saus apel dipercaya dapat membantu usus untuk menyerap air. Obat ini juga obat alami yang aman dan tanpa efek samping.

Untuk membuat saus apel sangatlah sederhana. Anda hanya tinggal menyiapkan 1 buah apel, potong dalam beberapa bagian, dan rebus sampai lembut. Tambahkan 1 sdm. gula dan pala, lumatkan dan berikan pada bayi anda.

  1. Adas dan Gula

Ternyata campuran adas dan gula seringkali dijadikan obat diare untuk bayi di India. Campuran ini biasanya diletakkan para ibu di lidah bayi dan akan melumer di mulut. Walaupun tidak ada bukti ilmiah hingga saat ini, banyak yang percaya bahwa adas dan gula adalah resep alami untuk mengatasi diare bayi.

  1. Pisang

Pisang memiliki kalium yang tinggi untuk mengganti elektrolit tubuh yang hilang. Pisang juga seperti apel yang memiliki pectin untuk mengatasi diare anak. Pisang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan bayi. Beri bayi anda satu pisang jika bayi anda sedang mengalami masalah diare.

Nah, itulah beberapa obat diare untuk bayi yang alami, aman, ampuh dan tanpa efek samping. Jika anda ingin memberikan obat tertentu di apotik, pastikan bahwa anda sudah mendapatkan izin dari dokter terlebih dahulu. Saat diare, bayi tidak boleh diberikan makanan berminyak, makanan berserat, biskuit atau juga susu karena hanya akan membuat kondisi diare semakin buruk, semoga bermanfaat!