Obat Herbal Batu Ginjal Yang Manjur Dan Penanganan Di Rumah

Posted on

Selain jantung, hati dan paru-pari, ginjal adalah salah satu organ yang sangat penting untuk tubuh. Ginjal berperan dalam menyaring kotoran dari darah serta membantu proses detoksifikasi. Bahkan, ginjallah yang dapat membuang limbah yang membahayakan tubuh dan mengeluarkannya melalui urin. Namun, organ yang satu ini bisa bermasalah misalnya batu ginjal. Obat herbal batu ginjal dibutuhkan ketika ginjal tidak bisa memproses racun dengan optimal, melarutkan batu ginjal dan mengurangi rasa sakit karena batu ginjal.

Obat Herbal Batu Ginjal Yang Manjur Dan Penanganan Di Rumah  Agar Sembuh Tanpa Operasi
Obat Herbal Batu Ginjal Yang Manjur Dan Penanganan Di Rumah Agar Sembuh Tanpa Operasi

Mengobati batu ginjal terbagi dalam beberapa metode pengobatan, namun prinsipnya masih sama, tergantung dari ukuran batu yang ingin dihilangkan. Ada beberapa penanganan sederhana yang bsia anda lakukan di rumah, terutama jika ukuran batu ginjal masih kurang dari 3 mm seperti berikut:

  1. Banyak Minum

Dengan memperbanyak minum air putih, maka sangat membantu meluruhkan batu ginjal. Minum air putih sebanyak 2.8 liter per harinya dapat membantu anda untuk melihat hasilnya. Anda bisa memperhatikan warna seni agar bisa mendeteksi apakah tubuh anda sudah cukup mendapatkan asupan air putih atau tidak. Jika warnanya jernih, itu tandanya bahwa anda sudah banyak minum air putih.

  1. Lemon

Selain meningkatkan asupan air, anda juga harus sering menggunakan lemon untuk campuran supaya dapat memecah batu ginjal. Anda bisa membuat jus lemon. Kandungan asam sitrat pada lemon sangat bermanfaat agar batu ginjal yang berbasis kalsium bisa lebih mudah pecah dan dikeluarkan bersama urin. Untuk jus lemon, anda harus bisa mengkonsumsi hingga 125 ml jus lemon murni setiap hari. Jika anda tidak mau repot mencari obat herbal batu ginjal, anda bisa menggunakan pilihan ini.

  1. Kurangi Garam dan Protein

Asupana garam dan daging dengan protein yang tinggi adalah pantangan untuk para penderita batu ginjal. Sebab, keduanya dapat meningkatkan kalsium yang ada pada urin. Protein dapat meningkatkan oksalat, asam urat, serta kalsium dalam urine. Pada daging yang kaya dengan protein, kandungan sulfurnya membuat ginjal malah semakin buruk.

  1. Serat Makanan

Sayuran hijau, serta biji-bijian sangat bermanfaat untuk dikonsumsi dalam menu sehari-hari agar dapat menghilangkan batu ginjal. Makanan yang kaya serat dan mengandung fitat dapat meminimalisir kristalisasi garam kalsium supaya batu ginjal tidak terbentuk. Anda juga bisa menambahkan menu lainnya seperti apel, jagung, gandum, berry, atau buah dan sayuran lainnya untuk menu makanan sehari-hari.

  1. Jangan Mengkonsumsi Soft Drinks

Soft Drinks adalah salah satu minuman ringan yang harus anda hindari. Minuman berkafein juga tidak boleh dikonsumsi jika anda ingin mengobati batu ginjal. Akandungan asam fosfat pada minuman berkafein dapat meningkatkan pembentukan batu. Untuk itu, anda tidak boleh minum kopi atau teh agar benar-benar bisa meluruhkan batu ginjal.

  1. Olahraga

Batu ginjal bisa disembuhkan jika anda juga melakukan kiat lain seperti melakukan olahraga ringan. Olahraga ringan dapat membantu agar batu bergerak dan kemudian bisa dibuang lebih mudah melalui air seni,

  1. Obat Herbal

Obat herbal batu ginjal bisa anda konsumsi seperti membuat jus daun seledri, meminum rebusan mengkudu, kumis kucing, keji beling, uva ursi, basil atau selasih, akar bunga dandelion, jus lemon dan minyak zaitun, dan daun tempuyung. Anda tinggal mencari mana yang sesuai dengan selera anda dan rutin mengkonsumsinya.

Obat herbal batu ginjal dan kebiasaan di atas, mungkin kurang optimal jika digunakan untuk mengatasi batu ginjal yang ukurannya sudah lebih dari 1 cm. dibutuhkan bantuan profesional dan tenaga medis untuk menyingkirkannya. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *