Olahraga Bagi Ibu Hamil Yang Aman Dan Menyehatkan Kandungan

Posted on

Massa kehamilan menjadi hal yang sangat penting bagi para ibu. Tidak hanya menjaga kesehatan janin saja hal yang harus diperhatikan tetapi juga kesehatan ibu. Memelihara kebugaran ketika hamil menjadi bagian yang harus diperioritaskan agar janin tetap sehat dan ibu juga tidak merasakan sakit-sakit karena perubahan fisik.

Biasanya beberapa ibu hamil sering melakukan olahraga bagi ibu hamil dengan senam. Tentu saja, hal tersebut memang sangat penting dan dapat membantu untuk mengurangi resiko kegemukan, mempertahankan kebugaran tubuh, dan juga pelepasan hormone endofrin. Tetapi ada juga beberapa olahraga selain senam hamil yang dapat dilakukan para ibu hamil seperti berikut ini.

Olahraga Bagi Ibu Hamil Yang Menyehatkan dan Aman
Olahraga Bagi Ibu Hamil Yang Menyehatkan dan Aman

1. Berjalan kaki

Ketika anda sedang hamil besar anda memang diharuskan untuk berjalan kaki agar proses melahirkan dapat ditangani dengan lebih mudah. Wanita hamil yang melakukan olahraga jalan kaki juga bisa membantu melatih jantung janin agar lebih sehat lagi. Memang anda tidak perlu terlalu banyak melakukan jalan kaki, sebab berjalan terlalu lama dapat membuat kaki menjadi bengkak. Pastikan hanya berjalan kaki selama 30 menit dalam satu minggu, lakukanlah 3 hari saja. Tidak perlu berjalan kaki dengan jarak yang jauh sebab hal tersebut juga akan membahayakan kandungan. Cukup mencari tempat yang dekat dan lakukan dengan santai agar tidak merasa lelah.

Artikel Tentang Ibu Hamil :

2. Menari

Banyak jenis olahraga bagi ibu hamil yang baik dan menyehatkan, salah satunya adalah olahraga menari. Menari juga termasuk kegiatan olahraga sebab dapat membantu kesehatan fisik anda. Menari tidak hanya menyehatkan tetapi juga sangat menyenangkan, banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan olahraga menari. Gerakkan yang dilakukan tubuh anda akan memberikan pengaruh pada fisik anda, sedangkan rasa menyenangkan yang anda rasakan dapat menghilangkan stress dan tentu saja akan baik untuk kesehatan otak janin anda.

Menari yang dilakukan ibu hamil memang tidak sembarangan, anda bisa mengikuti kelas menari untuk ibu hamil. Menari tidak akan membahayakan janin jika dilakukan tidak berlebihan dan anda juga harus memperhatikan kondisi kandungan anda. Jika memang merasa tidak kuat lagi ketika menari maka anda bisa memberitahukan instruktur anda.

3. Renang

Sudah bukan rahasia lagi bahwa renang adalah jenis olahraga bagi ibu hamil yang baik untuk tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa renang akan membantu memberikan dampak yang positif untuk fisik anda. Berenang juga bisa dikatakan sebagai cara yang terbaik untuk mengurangi adanya resiko berbahaya ketika hamil. Tekanan di dalam air akan memudahkan ibu hamil untuk bergerak.

Hal yang perlu diperhatikan ketika anda akan melakukan renang pada waktu hamil adalah pemanasan. Lakukan pemanasan ringan terlebih dahulu sebelum berenang agar tidak terjadi kram dan membahyakan anda juga janin anda.

4. Sepeda statis

Olahraga yang harus dilakukan ibu hamil adalah jenis olahraga yang aman untuk janin, misalnya saja sepeda statis. Sepeda statis memang dirasa jauh lebih aman digunakan oleh ibu hamil daripada sepeda biasa. Tidak ada resiko kecelakaan yang akan membahayakan janin dan ibu. Melakukan sepeda statis juga bisa menjadi hal yang menyenangkan bagi ibu hamil. Bukan hanya menyenangkan tetapi juga bisa membantu meningkatkan oksigen pada otak bayi.

Ketika anda melakukan sepeda statis ada baiknya untuk tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat, nikmati saja olahraga sepeda statis dengan santai. Hal ini juga akan memberikan dampak baik untuk stress anda.

5. Kagel

Selanjutnya olahraga yang dapat anda coba adalah olahraga kagel. Olahraga ini memang memiliki manfaat yang cukup besar untuk ibu hamil sebab dapat membantu menguatkan otot-otot yang ada di dasar panggul. Bahkan ibu hamil perlu untuk latihan kagel agar tubuhnya bisa memproduksi hormone relaksin ketika masa kehamilan. Hormone relaksin ini akan bekerja untuk melembutkan bagian sendi dan juga ligament yang akan mempermudah proses melahirkan.

Tidak perlu setiap hari untuk melakukan kagel, anda bisa melakukan 3 kali dalam satu dengan kurun waktu yang cukup agar tidak membuat tubuh ada merasa lelah dan terlalu sakit.

6. Yoga

Yoga belakangan ini menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati sebab manfaatnya memang cukup besar. Yoga ternyata juga memiliki manfaat yang cukup bagus untuk ibu hamil dan janinnya. Yoga juga bisa dikatakan sebagai olahraga yang aman ketika dilakukan sesuai dengan cara yang tepat. Olahraga yoga akan membantu untuk mengurangi ketegangan yang biasanya dirasakan ibu hamil, apalagi ketika proses persalinan sudah hampir dekat. Tidak hanya itu, tetapi yoga juga bisa membantu meningkatkan mood dan melancarkan persalinan anda.

Aretikel Tentang Olahraga :

Anda bisa melakukan yoga satu kali saja dalam satu minggu dengan instruktur yang faham dengan kondisi kehamilan anda.

Itulah beberapa jenis olahraga bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat dan terima kasih.