Olahraga Untuk Menambah Stamina Yang Wajib Anda Coba

Posted on

Stamina menjadi hal yang sangat dibutuhkan semua orang. Pasalnya jika tidak memiliki stamina yang cukup maka seseorang tersebut akan mudah lelah ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Stamina yang lemah memang tidak bisa dibiarkan begitu saja, ada banyak cara untuk mendapatkan stamin menjadi cukup kembali. salah satu cara yang bisa dilakukan dengan olahraga. Selain bisa membantu meningkatkan stamina juga bisa digunakan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa jenis olahraga untuk menambah stamina.

1. Lari jarak jauh namun dengan kecepatan sedang

Membantu Melatih Pernafasan
Membantu Melatih Pernafasan

Untuk membantu menambah stamina jenis olahraga yang bisa anda lakukan adalah lari jarak jauh namun denan gerakkan melambat. Olahraga ini harus dilakukan dengan jarak yang cukup jauh namun kecepatannya sedang. Olahraga ini akan membantu tubuh untuk membakar lemak dengan maksimal. Bukan hanya itu, tetapi olahraga lari jarak jauh ini juga bisa digunakan untuk mengurangi adanya resiko cidera dan mengurangi rasa lelah. Cara ini juga akan membantu meningkatkan kinerja jantung agar bisa memompa darah dan juga oksigen lebih banyak lagi untuk tubuh dan kekuatan otot. Tidak perlu lama, anda bisa melakukan selama 45 menit saja dan lakukan 3 kali dalam satu minggu.

2. Berjalan

Berjalan Kaki Untuk Menambah Stamina
Berjalan Kaki Untuk Menambah Stamina

Olahraga untuk menambah stamina selanjutnya adalah jenis olahraga yang sering dilakukan tanpa disadari, ya dengan berjalan anda juga bisa membantu stamina menjadi meningkat lagi. Sekalipun remeh, namun siapa yang menyangka bahwa olahraga ini sangat banyak manfaatnya. Selain bisa diguakan untuk menigkatkan stamina juga bisa membatu megurangi stress. Peredara darah yang ada di dalam tubuh juga akan semakin lancar. Hanya bermodalkan sepatu lari dan melakukan langkah jalan dengan jarak yang cukup saja sudah bisa membuat anda lebih sehat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka anda bisa menambah kecapatan berjalan anda atau menambah jarak tempuh. Lakukan cara ini 3 kali dalam satu minggu juga agar tubuh menjadi lebih segar dan stamina kembali meningkat.

3. Berlari di tangga

Berlari di tangga Bisa menambah Stamina
Berlari di tangga Bisa menambah Stamina

Sebenarnya hampir semua olahraga dapat membantu meningkatkan stamina asalkan dilakukan dengan benar dan sesuai denga kapasitas diri anda. Selanjutnya anda juga bisa melakukan olahraga sederhana berlari di tangga. Latihan yang terlihat simpel ini akan memberikan manfaat yang banyak untuk tubuh anda. Tidak hanya bisa membuat stamina anda naik tetapi juga bisa membantu otot kaki menjadi lebih kuat. Sendi pada kaki juga akan semakin lentur dan jarang mengalami cidera atau nyeri sendi. Caranya seperti berlari menaiki dan menurni anak tangga. Tidak perlu terlalu lama, anda cukup melakukan 30 menit saja. Jika dilakukan secara rutin maka akanmembuat tubuh anda menjadi lebih sehat lagi.

4. Berenang

Berenang Salah Satu Yang Menambah Stamina
Berenang Salah Satu Yang Menambah Stamina

Olahraga selanjutnya adalah jenis yang banyak yang disukai oleh banyak orang, yaitu ada berenang. Olahraga ini akan membatu melatih stamina tubuh anda mejadi lebih kuat lagi. Tidak hanya itu, tetapi berenang juga akan membuat tubuh menjadi fleksibel, apalagi dibagian bahu, leher, dan juga pinggul. Berenang dilakukan di dalam air yang memiliki resista yang tinggi jika dibandingkan di udarah, hal tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih bekerja keras. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka anda bisa mengimbangkan dengan diet yang sehat. Cara ini akan membuat stamina bertambah dan tubuh anda semakin sehat juga mendapatkan bentuk ideal.

5. Angkat beban

Angkat Beban Menambah Stamina
Angkat Beban Menambah Stamina

Untuk beberapa orang yang suka sekali dengan olahraga berat, maka bisa membantu meningkatkan stamina dengan olahraga angkat berat.  Mungkin beberapa orang dari anda beranggapan bahwa olahraga angkat berat hanya diuntukkan untuk para pegulat atau binaragawan yang ingin memiliki tubuh besar sempurna. Sebenarnya tidak juga, sebab angkat beban juga bisa meningkatkan stamina anda. Tidak hanya itu, angkat beban juga akan meningkatkan kekuatan otot sehingga tubuh menjadi lebih kuat dan nyeri sendi juga terhindarkan. Olahraga angkat berat bukan jenis olarhaga yang bisa dilakukan oleh sembarang orang, anda tetap membutuhkan seorang pemandu untuk mendapatkan cara aman menggunakan alat berat.

6. Bersepeda

Bersepeda Menambah Stamina
Bersepeda Menambah Stamina

Bersepeda merupakan olahraga untuk menambah stamina yang wajib anda coba. Bersepeda sendiri sudah terbukti dapat membantu menyelesaikan beberapa masalah kesehatan pada tubuh. Tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih berstamina, tetapi bersepeda juga bisa membantu menguatkan otot kaki dan juga menyehatkan organ dalam seperti jantung dan paru-paru. Anda juga akan terhindar dari stress jika sering melakukan olahraga bersepeda. Anda bisa mencoba menggunakan sepeda statis atau sepeda biasa, pastikan untuk memperhatiakn jarak tempuh setiap harinya agar mendapatkan stamina tubuh yang sempurna dan juga semakin sehat.

Itulah beberapa jenis olahraga yang bisa dicoba untuk meningkatkan stamina tubuh dan menyahatkan. Selama mencoba, semoga bermanfaat dan terima kasih.