Olahraga Untuk Otak Ini Bikin Anda Jadi Lebih Fokus Dan Cerdas

Posted on

Olahraga Untuk Otak – Beberapa orang sering kali mendapatkan masalah dengan fokus, banyak di antara mereka yang kurang bisa memfokuskan pikiran mereka ketika belajar atau bekerja. Penyebabnya memang sangat banyak, misalnya saja karena merasa terlalu kelelahan atau bahkan juga karena kurang berolahraga. Otak yang menjadi bagian tubuh untuk menjalankan perintah di segala aktivitas ternyata juga membutuhkan olahraga agar lebih fokus dan mudah untuk berkonsentrasi. Jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk membantu konsenstrasi lebih baik juga sangat banyak, berikut ini beberapa contoh Olahraga Untuk Otak yang dapat dicoba di rumah.

1. Catur

Catur- Olahraga Untuk Otak
Catur- Olahraga Untuk Otak

Olahraga tidak harus menghasilkan banyak keringat dan juga menggerakkan anggota seluruh tubuh, permainan catur juga bisa dikatakan sebagai olahraga untuk membantu anda agar semakin mudah berkonsentrasi. Olahraga catur juga bisa membantu otak anda beristirahat dan memberikan stimulus agar otak dapat bekerja semaksimal mungkin. Dengan olahraga catur maka otak anda juga akan berlatih manganalisi, kemudian berpikir, dan mengembangkan kecerdadan emosional. Manfaat lainnya, olahraga catur ini juga akan membatu anda untuk mencegah pikun. Bahkan hal tersebut juga akan menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri.

Sekalipun sering dianggap sebagai permainan dan bukannya olahraga namun siapa yang menyangka bahwa manfaat dari catur sangat besar untuk otak anda. Untuk itu, cobalah sering-sering memainkan catur ketika waktu luang anda.

2. Lari

Manfaat Lari - Untuk kesehatan Otak
Manfaat Lari – Untuk kesehatan Otak

Selain catur, anda juga bisa mencoba olahraga untuk otak lainnya, yaitu lari. Lari yang ternyata juga bisa memberikan pengaruh pada kesehatan otak. Mungkin anda sedikit merasa aneh sebab olahraga lari yang seharusnya dapat menyehatkan fisik ternyata juga memberikan keuntungan pada kesehatan otak. Hal tersebut memang dapat dibenarkan sebab lari akan membantu melatih konsentrasi anda. Ketika anda sedang berlari maka stress juga akan hilang dan membuat otak anda tidak memiliki beban untuk berkonsentrasi. Tentu saja konsentrasi bisa meningkat jika anda rutin melakukan olahraga lari, tidak hanya untuk satu atau dua hari saja. Paling tidak lakuka 3-4 kali dalam satu minggu.

3. Bersepeda

Bersepeda - Menambah Kesehatan Otak
Bersepeda – Menambah Kesehatan Otak

Siapa yang tidak suka bersepeda? Banyak orang yang menyukai olahraga simpel ini. Bersepeda menjadi olahraga yang banyak disukai sebab bisa digunakan untuk jalan-jalan sekalian. Nah, hal inilah yang akan memberikan pengaruh pada kerja otak. Ketika anda bersepeda dan menikmati pemandangan di sekitar jalan anda maka otak tidak akan merasakan stress. Ketika tidak ada beban maka daya konsentrasi juga akan meningkat. Belum lagi ketika anda mengedarai sepeda juga akan membutuhkan konsentrasi agar bisa mengendari dengan benar. Hal sepele tersebut ternyata bisa membantu melatih konsentrasi anda sehingga akan membuat anda merasa lebih siap menghadapi pekerjaan ataupun ketika anda akan belajar.

4. Panahan

Panahan - Untuk kesehatan Otak
Panahan – Untuk kesehatan Otak

Belakangan ini olahraga panahan semakin marak di Indonesia dan banyak peminatnya. Olahraga panahan sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu jenis olahraga yang bisa membantu meningkatkan daya konsentrasi anda. Manfaat yang diberikan oleh olahraga panahan memang banyak, selain bisa melatih sendi di bagian bahu dan lengan anda, otak anda juga medapatkan manfaatnya. Ketika anda mengarahkan panah pada sasaran yang dituju maka akan membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi. Jika terus dilatih maka ketika menghadapi waktu belajar atau bekerja juga akan semaki mudah. Sayangnya olahraga panahan sangat terbatas sebab alat yang dibutuhkan memang memiliki harga yang tinggi.

5. Biliard

Billiards dalah olahraga baik untuk Otak
Billiards dalah olahraga baik untuk Otak

Billiard bukan sekedar permainan, dapat dikatakan bahwa billiard juga termasuk olahraga untuk otak. Mengapa? Karena, sangat cocok untuk membantu melatih dan meningkatkan konsentrasi anda. Biliard juga merupakan olahraga yang tidak membutuhkan dana banyak sebab biasanya bisa dilakukan di tempat billiard. Sekalipun banyak yang menganggap remeh, tetapi olahraga yang satu ini memang membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi. Melatih konsentrasi dengan bermain billiard memang menjadi keuntungan tersendiri. Selain konsentrasi bisa ditingkatkan ternyata juga bisa menghilangkan stress sebab anda merasa senang dengan permainan billiard tersebut.

6. Basket

Basket Olahraga untuk Otak yang Baik
Basket Olahraga untuk Otak yang Baik

Siapa yang tidak kenal dengan jenis olahraga basket? Permainan basket sudah membuming bahkan hampir di seluruh dunia orang juga sudah tahu. Olahraga basket ini tidak hanya membantu anda untuk mendapatkan kesehatan fisik sebab juga bisa membantu anda mendapatkan kesehatan otak juga.

Baca Juga :

Permainan memasukkan bola ke dalam keranjang sangat menantang untuk dilakukan dan membutuhkan konsentrasi tinggi. Apalagi ketika anda harus berlari sembari melakukan dribble tentu akan membuat fokus pada bola yang sedang anda pegang. Kesinambungan antara gerakkan fisik dan konsentrasi memang benar-benar dibutuhkan dalam olahraga basket ini, hal tersebut akan memberikan pengaruh pada perkembangan otak anda. Jadi cobalah untuk belajar bermain basket untuk mendapatkan fisik yang sehat dan otak yang lebih bisa berkonsentrasi.

Itulah beberapa jenis olahraga untuk otak, karena membantu agar anda dapat meningkatkan konsentrasi dengan baik. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan terima kasih.