Panas Dalam ? Coba atasi dengan 8 Bahan Alami ini

Posted on

Obat alami panas dalam –Panas dalam merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang sering sekali di keluhkan oleh banyak orang,banyak penyebab dari panas dalam itu sendiri, mungkin anda sendiri termasuk salah satu diantara orang yang mengalami masalah kesehatan ini. Jika ditinjau dari segi medis, masalah kesehatan seperti panas dalam ini sebenarnya bukan termasuk kedalam salah satu jenis penyakit, akan tetapi merupakan suatu gejala tau tanda yang timbul dari adanya suati penyakit. Pada umumnya panas dalam ini adalah istilah awam untuk merujuk ke suatu gangguan kesehatan yang telah terjadi di saluran cerna, yaitu terjadi mulai dari mulut sampai ke lambung. Terjadinya gangguan kesehatan terasebut sering sekali di sertai dengan sensasi panas atau rasa terbakar di daerah tenggorokan dan juga di bagian dada.

Pengobatan panas dalam dengan bahan alami
Pengobatan panas dalam dengan bahan alami

Masalah panas dalam ini bisa datang berulang ulang, hal tersebut tentunya bisa mengganggu dan juga membuat anda tidak merasa nyaman, dengan demikian masalah panas dalam ini harus segera anda atasi. Sebenarnya cara untuk dapat mengatasi panas dalam ini sangat mudah sekali. Menurut beberapa dokter dan juga pakar herbal, obat panas dalam yang sangat baik sekali yaitu dengan merubah pola hidup yang lebih sehat lagi, seperti mencukupi kandungan air di dalam tubuh, mengkonsumsi jenis makanan yang sehat, serta juga beristirahat yang teratur.

Merubah dan juga menjalani pola hidup yang sehat merupakan salah satu solusi yang terbaik agar anda terhindar dari masalah panas dalam dan juga masalah kesehatan yang lainnya. Tetapi pada saat masalah kesehatan seperti panas dalam ini datang menyerang tubuh anda, ada beberapa jebis obat obatan alami atau tradisional yang bisa anda gunakan untuk mengatasinya.

Nah, berikut ini ada beberapa jenis obat obatan herbal tradisional yang bermanfat sebagai obat masalah panas dalam dan juga caranya. Jenis obat obatan alami herbal ini sangat mudah sekali membuatnta dan juga bahan bahanya bisa anda dapatkan di sekitar anda. Jika sekarang anda sedang mengalami panas dalam, anda bisa mencoba untuk memanfaatkan salah satunya.

1. air garam

jenis obat obatan herbal alami untuk mengatasi masalah panas dalam yang pertama yaitu air garam. Air garam ini memiliki manfaat dan juga khasiat dapat meningkatkan keseimbangan kadar PH dan juga dapat merangsang produksi saliva di dalam mulut. Selain hal tersebut, kandungan senyawa alami dan juga zat anti bakteri yang ada di dalam air garam bisa sangat membantu untuk mengatasi masalah panas dalam serta juga beberapa masalah yang menyertainya, seperti masalah sarieawan, bibir pecah pecah, dan juga bau mulut. Cara membuat air garam ini untuk di jadikan sebagai obat alami anas dalam sangat mudah sekali, yaitu anda hanya perlu melakukan hal berikut.

Yang pertama siapkan garam secukupnya, lalu campurkan dua sendok garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga garam tersebut larut, kemudian anda bisa menggunakan air garam terasebut untuk berkumur kumur minimal 3 menit. Agar bisa mendapatkan hasil yang sangat maksimal lakukanlah pegobatan ini secara rutin setiap hari yaitu di pagi hari dan juga malam sebelum tidur.

2. air beras

air beras atau yang sering sekali di sebut dengan air tajin merupakan air yang berasal dari rebusan beras. Air beras atau air tajin ini memiliki warna putih seperti susu, air beras ini juga sering sekali di jadikan alternatif pengganti susu oleh banyak masyarakat, hal tersebut dikarenakan air beras atau air tajin ini memiliki kandungan nutrisi yang banyak sekali. Air beras atau air tajin ini memang sudah di kenal memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat bagi kesehatan tubuh. Namun tak banyak masyarakat yang mengetahui bahwa ait beras atau air tajin ini bisa di jadikan sebagai obat hernal alami untuk masalah panas dalam yang sangat ampuh. Pengobatan tradisional panas dalam dengan menggunakan air beras ini sebenarnya sudah lama di kenal oleh masyarakat cina kuno. Dengan mengkonsumsi air beras atau air tajin ini setiap hari secara rutin dapat menimbulkan efek yang sangat ampuh sekali untuk mengatasi masalah panas dalam yang sedang anda alami. Cara membuat ramuan obat alami panas dalam menggunakan air beras yaitu sebagai berikut.

Pertama siapkan dulu beras yang akan di masak, lalu cuci beras sekali saja dan kemudian tiriskan. Kemudian masukan beras ke dalam panci dan tambahkan air secukupnya. Rebuslah beras tersebut sampai mendidih, aduk sesekali hingga mengental. Kemudian ankat lalu saring dan pisahkan air dan berasnya. Setelah itu air beras atau air tajin siap untuk di konsumsi.

3. air kelapa muda

air kelapa muda juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah panas dalam. Jenis obat herbal panas dalam yang satu ini bisa anda dapatkan dengan sangat mudah sekali. Salah satu faktir dari timbulnya masalah panas dalam yaitu akibat tubuh mengalami dehidrasi atau juga kekurangan cairan tubuh. Air kelapa muda ini merupakan salah satu jenis obat alami panas dalam yang sangat ampuh sekali. Air kelapa muda juga sangat di kenal sebagai salah satu jenis minuman isotonik alami untuk mengganti cairan tubuh yang hilang serta juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi dengan sangat efektif.

Air kelapa ini memiliki kandungan mineral dan juga gula yang sangat sempurna, dan juga memiliki keseimbangan elektrolit seperti halnya cairan tubuh. Selain itu, di dalam satu buah kelapa muda sangat cukup sekali untuk memenuhi kebutuhan kandungan vitamin C dalam satu hari.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa air kelapa muda ini merupakan salah satu minuman yang sangat menyegarkan sekali dan juga memiliki manfaat yang baik sekali untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi air kelapa muda ini bisa berkhasiat dapat menetralisir panas dalam serta juga dapat membuat tubuh anda menjadi segar.

4. akar dan daun alang alang

tumbuhan alang alang atau juga juga ilalang merupakan salah satu jenis tanaman liar yang sejenis rumput berdaun tajam dan keberadaannya sering sekali tidak di harapkan. Padahal menurut pakar pengobatan tradisional dari tiongkok menyebutkan bahwa akar alang alang ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya yaitu dapat mengatasi masalah panas dalam. Akar alang alang ini secara alami memiliki sifat manis dan juga sejuk. Akar ilalang ini juga memiliki manfaat mampu memberikan efek antipiretik yang lebih tinggi dari pada efek parasetamol. Akar ilalang ini memiliki kandungan flavonoid yang bisa menghambat pembentukan prostaglandin yang pada giliranya bisa mencegah meningkatnya suhu tubuh.selain akarnya daun ilalang juga memiliki manfaat dan juga khasiat yang sangat baik sekali untuk mengatasi panas dalam. Berikut ini cara untuk membuat ramuan herbal obat panas dalam dengan menggunakan akar alang alang.

Yang pertama siapkan akar alang alang secukunya, lalu uci akar alang alang tersebut sampai bersih. Kemudian rebuslah akar alang alang tersebut dengan menggunakan ait secukupny. Tunggu sampai mendidih dan air rebusan tersebut menyusut hingga setengah. Setelah itu ambil air tebusan tersebut tunggu dingin terlebih dulu. Minumlah ramuan tersebut secara rutin setiap hari agar panas dalam yang sedang anda alami segera hilang.

5. air kacang hijau

air kacang hijau ni memang sudah terbukti bisa mengetasi masalah panas dalan secara alami, selain itu air kacang hijau ini juga bisa menyembuhkan panas dalan yang tergolong sudah parah sekalipun. Hal tersebut dikarenakan di dalan kacang hijau memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi tersebut sperti kandungan vitamin B, vitamin B1, dan juga B2. Kandungan vitamin tersebut memiliki manfaat dapat melancarkan metabolisme di dalam tubuh manusia, termasuk juga di dalam sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi secara rutin air kacang hijau ini juga bisa membantu untuk meningkatkan sistem imun tubuh. dengan mengkonsumsi air kacang hijau ini juga sangat ampuh sekali untuk mengatasi masalah bibir pecah pecah dan juga sariawan. Cara membuat obat alami panas dalam dengan menggunakan air kacang hijau yaitu sebagai berikut.

Siapkan kacang hijau sebanyak 2 genggam, rendam dan cuci hingga bersih. Kemudian rebuslah kacang hijau tersebut dengan menggunakan air sebanyak 3 gelas. Tunggu sampai mendidih dan sisakan air 1 gelas saja. Setelah itu tuang dan saring kedalam gelas ambir airnya saja. Minumlah air rebusan kacang hijau tersebut selagi masih hangat secara rutin setiap hari sampai masalah panas dalam anda hilang.

6. biji dan daun selasih

biji selasih ini banyak sekali di manfaatkan sebagai obat herbal penawar panas dalam dan juga demam oleh masyarakan cina sejak dulu. Selain itu daun selasih juga bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pada dasarnya keduanya memiliki manfaat dan juga khasiat dapat mengatasi masalah panas dalam secara alami. Cara mengatasi masalah panas dalam dengan menggunakan biji dan juga daun selasih sangat mudah sekali yaitu sebgai berikut.

Yang pertama ambil dulu biji selasih sebanyak 2 sendok the, kemudian seduhlah dengan menggunakan 1 gelas air panas. Tunggu hingga dinggin dan kemudian minumlah secara rutin setiap hari sampai masalah panas dalam anda hilang.

7. madu

menurut berbagai penelitian, madu ini memiliki khasiiat bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit baik itu jenis penyakit ringan hingga jenis penyakit yang berat sekalipun. Madu ini memiliki kandungan unsur kimia yang memiliki efek koligemik yaitu asetilkolin. Asetilkolin ini bermanfaat dapat melancarkan peredaran darah serta juga dapat mengurangi tekanan darah. Madu merupakan suatu zat yang bisa melakukan reaksi alkali. Reaksi tersebut bisa menetralisasi asam dengan cara membentuk garam. Dengan demikian madu merupakan salah satu jenis obat alami panas dalam yang sangat ampuh sekali. Cara mengguakan madu sebagai obat alami panas dalam sebagai berikut.

Tuangkan air dingin sebanyak 1 gelas, lalu masukan madu sebanyak 2 sendok makan. Kemudian adukalah hingga merata, dengan menggunakan sendok berbahan plastik. Setelah itu minumlah air madu tersebut sampai panas dalam anda hilang.

8. daun sirih

daun sirih merupakan salah satu jenis daun yang memiliki seribu manfaat yang sering sekali di manfaatkan sebagai obat alami tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Daun sirih ini juga bisa bermanfaat dapat mengatasi panas dalam secara alami. Cara menggunakan daun sirih ini sebagai obat alami panas dalam yaitu sebagai berikut.

Siapkan dulu daun sirih sebanyak 5 lembar, lalu cuci dulu sampai bersih. Kemudian rebuslah daun sirih tersebut dengan air sebanyak 4 gelas. Tunggu hingga mendidih dan tersisa setengah airnya. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin sampai panas dalam yang anda derita sembuh.