Pengertian dan Manfaat Vitamin B2

Posted on

Vitamin B2 merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan sekali dalam proses pertumbuhan serta dapat berguna untuk menjalankan fungsi sel secara normal. Kandungan vitamin yang sering disebut dengan riboflavin ini termasuk 1 dari berbagai jenis vitamin B kompleks yang sangat diperlukan untuk pberbagai perkembangan tubuh seperti perkembangan kulit tubuh, lapisan saluran pencernaan, sel-sel darah, dan juga fungsi otak.

Riboflavin ini dapat bekerja dengan cara mengubah karbohidrat menjadi adenosine triphosphate (ATP) yag merupakan salah satu sumber dari energi dari otot tubuh. Tidak hanya itu saja, vitamin B ini juga memiliki serangkaian manfaat yang lainnya diantaranya yaitu sebagai berikut :

Manfaat VItamin B2
Manfaat VItamin B2

1. Mencegah terjadinya katarak

manfaat dari vitamin B2 yang petama yaitu dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata. Menurut University of Michigan, Amerika Serikat kandungan vitamin ini sangat diperlukan untuk dapat melindungi glutathione yang merupakan salah satu golongan anti-oksidan penting untuk organ mata. Dengan mengkonsumsi jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin B2 didalamnya dapat membantu untuk menurunkan risiko terjadinya katarak. Selain itu, mengkonsumsi suplemen vitamin B2 dan juga niasin dapat mencegah katarak.

2. Menjaga kesehatan kandungan

Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan di University Women’s Hospital, Heidelberg, Jerman, riboflavin dapat membantu untuk menjaga kesehatan kandungan. Para peneliti tersebut menemukan bahwa ibu hamil yang kekurangan asupan kandungan vitamin B2 sangat berisiko terkena preeklampsia. Preeklampsia merupakan suatu kondisi yang terjadi pada masa kehamilan yang memasuki minggu ke-20 yang bisa ditandai dengan tingginya tekanan darah pada ibu hamil walaupun ibu tersebut tidak memiliki riwayat penyakit hipertensi sekalipun.

3. Mencegah dan mengobati migrain

sebuah study di Humboldt University of Berlin telah membuktikan bahwa orang yang sedang mengalami migrain dan kemudian mengkonsumsi vitamin B2 dengan dosis yang agak tinggi akan mengalami pengurangan gejala. Dari beberapa bkti lain juga menunjukan bahwa selain dapat mengurangi gejala dan juga rasa sakit akibat migrain vitamin B2 ini juga mempu mempersingkat durasi dari terjadinya migrain. Untuk dapat mencegah dan juga mengobati mingrain, para dokter biasanya meresepkan riboflavin ini dalam dosis yang tinggi.

4. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

riboflavin juga berperan dalam mempertahanya kadar kologen didalam tubuh. Kadar kologen itu sendiri dapat berperan aktif dalam menjaga kesehatan kulit dan juga rambut anda. Kadar kologen ini sangat diperlukan oleh tubuh guna mempertahankan struktur kulit agar tetap awat muda dan dapat emncegah timbulnya garis garis halus dan juga kerutan yag menjadi salah satu tanda dari penuaan dini.

5. Mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah

manfaat vitamin B2 atau riboflavin selanjutnya yaitu dapat membantu untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah dengan cara menurunkan hemosistein yang terlalu tinggi. Hemosistein itu sendiri merupakan asam amino yang telah diproduksi didalam tubuh manusia. Mengkonsumsi suplemen B2 selama kurang lebih 12 minggu bisa mengurangi tingkat hemosistein hingga sekitar 40%.

6. Mencegah dan mengatasi anemia

vitamin B2 ini juga dapat membantu melakukan sistensis hormon steorid dan juga produksi sel darah merah untuk dapat mengangkut oksigen ke sel dan dapat membantu untuk mengantar kandungan zat besi sehingga dapat mencegah anemia.

7. Meningkatkan energi

vitamin B2 ini juga dapat digunanakn oleh tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi yang siap untuk digunakan. Jenis vitamin B yang satu ini sangat membantu sekali untuk memecah protein menjadi asam amino, lemak, dan juga karbohidrat dalam bentuk glukosa yang nantinya dapat digunakan tubuh sebagai cadangan energi. Jika tubuh anda kekurangan asupan vitamin B2 molekul yang ada didalam makanan seperti kabohidrat lemak, dan juga protein tidak dapat dicerna secara baik. Hal itu dapat mengakibatkan tubuh kekurangan bahan bakar yang akan membuat tubuh anda menjadi lemas dan juga tidak bertenaga.