Pengertian dan Manfaat Vitamin B3 Bagi Tubuh

Posted on

Vitamin B3 atau yang disebut dengan niacin merupakan salah satu kandungan nutrisi yang sangat penting sekali bagi tubuh yaitu untuk sistem saraf, saluran pencernaan, dan juga kulit. Vitamin B3 atau niacin uini bersifat larut air sehingga tidak dapat tersinpan lama di dalam tubuh. Kandungan nutrisi jenis ini bisa kidapatkan dengan sangat mudah didalam berbagai jenis makanan diantarannya yaitu seperti produk susu, telur, nasi, roti gandum, daging tanpa lemak, ikan, kancang kacangan, ragi, dan juga berbagai jenis sayuran hijau. Selain itu vitamin B3 atau niacin ini mempunyait manfaat yang banyak sekali bagi tubuh. Lalu apa saja manfaat dari vitamin B3 ini untuk tubuh? Berikut ini ada beberapa penjelasanya.

Manfaat Vitamin B3
Manfaat Vitamin B3

1. menghilangkan bekas kemerahan pada kulit

kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang sering sekali terkena polusi dan juga berbagai jenis kuman dan virus. Kulit ini sangat sensitif sekali jika terkena kuman atau yang lain sebagainya. Oleh karena hal itu, kulit ini sangat membutuhkan perawatan yang sangat khusus terutama agar tidak mudah terserang bakteri. Pada saat kulit terserang bakteri kulit dapat berubah warna menjadi kemerahan, dan masalah tersebut bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi vitamin B3 atau niacin ini.

2. Membantu untuk menambah nafsu makan

Nafsu makan seseorang ketika sedang sakit biasanya akan menyusust. Bahkan juga banyak orang yang tidak nafsu samaka sekali untuk makan ketika sedang sakit atau tidak enak badan. Oleh sebab itu, biasanya para dokter akan merekomendasikan untuk mengkonsumsi vitamin B3 agar stamina tubuh serta nafsu makan dapat kembali.

3. Menghaluskan kulit

selain dapat bermanfaat untuk kesehatan, vitamin B3 ini juga telah diformulasikan untuk mengobati kulit. Terlebih untuk dapat mengobati kulit yang kasar dan juga dapat membuat kulit menjadi halus. Jadi tidak heran jika vitamin B3 ini banyak sekali untuk dijadikan sebagai salah satu produk kecantikan.

4. menyembuhkan diare

selain dapat bermanfaat untuk kecantikan, vitamin B3 juga dapat bermanfaat untuk mengatasi diare. Hal itu karena vitamin B3 ini dapat bekerja secara langsung dalam tubuh untuk menambah metabolisme tubuh, terutama untuk membantu menyembuhkan penyakit.

5. Menyembuhkan pembengkakan

vitamin B3 ini memiliki manfaat yang lainnya yaitu dapat mengatasi terjadinya pembengkakan yang terjadi pada tubuh. Terlebi itu dibagian tubuh yang sangat rentan. Selain itu vitamin B3 ini juga dapat bermanfaat dapat mengembalikan pembengkakan agar segera sembuah.

6. Membantu sistem pencernaan

vitamin B3 ini selain dapat bermanfaat dapat menyembuhkan diare, teryata juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sitem pencernaan agar dapat berfungsi secara sehat dan normal. Dengan adanya asupan kandungan vitamin B3 didalam tubuh bisa sangat membantu sekali untuk dapat mengontrol dan mengawasi benda asing yang masuk ke dalam pencernaan.

7. Menurunkan kadar kolesterol

vitamin B3 ini juga bisa bermanfaat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat didalam darah Dengan mengkonsumsi vitamin B3 secara rutin. Selain itu kandungan vitamin B3 ini juga dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

8. Mengobati rasa nyeri

selain dapat bermanfaat untuk meredakan pembengkakan, vitamin B3 ini juga bisa bermanfaat untuk mengobati rasa nyeri yang bisa dirasakan oleh setiap orang. Vitamin B3 ini sama halnya dengan obat karena dapat menstabilkan metabolisme didalam tubuh.

Baca Juga :

9. Meningkatkan kekuatan sel otak

vitamin B3 ini tidak diformulasikan tidak hanya untuk kecantikan saja, ternyata juga banyak sekali dipakai untuk membantu menambah tingkat kecerdasat otak pada anak anak dalam masa pertumbuhanya. Pada masa pertumbuhan, akan sangat memerlukan formulasi yang dapat membantu menambah kecerdasan dan juga keaktifan dalam melakukan aktivitas. Karena itu kenapa vitamin b3 ini sangat penting sekali bagi pertumbuhan anak.