Penyebab & 9 Obat Alami Gusi Bengkak

Posted on

Obat alami gusi bengkakgusi bengkak adalah salah satu masalah gangguan kesehatan yang terjadi di dalam mulut anda. masalah gusi bengkak ini sangat sering sekali di alami oleh banyak orang yang memiliki gigi berlubang. masalah gigi bengkak yaitu sesuai dengan namanya suatu keadaan di mana terjadi pembengkakan di bagian gusi di dalam mulut. hahkan juga dibeberapa kasus, masalah gusi bengkak ini pernah terjadi dengan ukuran yang sangat besar sekali hingga menutupi gigi. karena adaya pembengkakan gusi tersebut pipi jadi keliatan menonjol atau bengkak.

Mengatasi Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami
Mengatasi Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami

masalah gusi bengkak ini meski kelihatan sangat remeh, tetapi kenyataanya sangat menyakitkan sekali dan juga bisa bikin anda yang mengalaminya menjadi kurang percaya diri di karenakan adanya pembengkakan pada pipi anda. meskiun bukan gigi yang mengalami sakit, tetapi tetap saja akan terasa menyakitkan jika tersentuh terutama pada saat mengunyah makanan. kondisi seperti ini bisa sangat menyiksa anda jika di biarkan saja. anda akan merasa kesusahan pada saat makan karena adanya gusi yang bengkak. masalah gusi bengkak ini juga ternyata juga bisa menimbulkan sakit gigi jika tidak segera di tangani. hal tersebut di karenakan gusi merupakan suaru jaringan yang kokoh menempel pada bagian bawah gigi.

penyebab terjadinya pembengkakan pada gusi

sebelum kita membahas tentang obat alami masalah gusi bengkak, alangkah baiknya jika kita mengetahui dulu apa saja penyebab terjadinya masalah gusi bengkak. nah, berikut ini merupakan beberapa penyebabk gusi menjadi bengkak, diataranya yaitu sebagai berikut:

  • menumpuknya plak dan karang pada gigi

penyebab gusi bengkak pada umumnya yaitu adanya karang dan juga plak yang sudah menumpuk pada bagian gigi. plak dan karang pada gigi merupakan sisa sisa makanan yang tertinggal sudah lama karena tidak segera di bersihkan. jika sisa sisa makanan di biarkan atau tidak segera di bersihkan lama kelamaa bisa menumpuk dan bisa menyebabkan terjadinya karang dan plak pada gigi. hal tersebutlah salah satu penyebab terjadinya pembengkakan pada gusi anda.

  • gingivitis

menumpuknya lak dan karang pada gigi yang terakumulasi dalam jumlah yang sudah sangat besar dan juga lama maka bisa menyebabkan inflamasi yang bisa di sebut dengan gingivitis. gingivitis merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada gusi seseorang.

  • adanya gigi yang berlubang

adanya gigi yang berlubang di sebabkan karena kuman dan juga bakteri juga bisa merambah hingga ke bagian gusi. kondisi perti itu juga bisa menyebabkan pembengkakan pada bagian gusi.

  • terkena virus dan juga jamur

pada saat anda tidak bisa mengatur jenis makanan yang masuk ke dalam mulut anda , bukan tidak mungkin hal tersebut bisa menyebabkan virus dan juga jamur masuk kedalam mulut anda. hal tersebut juga bisa menyebabkan terjadinya pembangkakan pada gusi anda.

  • kesalahan terhadap pemasangan aksesoris pada gigi

pemasangan aksesoris pada gigi seperti misalnya gigi palsu dan juga behel yang salah juga bisa jadi salah satu pemicu terjadinya pembengkakan pada gusi anda.

obat alami gusi bengkak yang paling ampuh

pada saat anda sudah terlanjur mengalami pembengkakan pada gusi dan ini segera mengobatinya, anda bisa menggunakan beberapa obat alami atai tradisional yang tentunya sangat ampuh dan juga aman tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan tubuh. berikut ini ada beberapa penjelasan tentang obata alami gusi bengkan yang bisa anda temukan di sekitar anda. diataranya yaitu sebagai berikut:

1. bawang putih

bawang putih ini sangat di kenal sebagai salah satu obat tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai jeis penyakit. bawang utih ini juga sangat di percaya dapat di gunakan sebagai obat alami gisi bengkak yang sangat ampuh sekali. hal tersebut di karenakan bawang putih ini memilii kandungan zat anti septik yang tergolong sangat tinggi. kandungan zat anti septik yang ada di dalam bawang putih tersebutlah yang bisa di manfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan terutama masalah kesehatan yang di sebabkan oleh kuman dan juga bakteri. kandungan zat anti septik yang ada di dalam bawang putih juga bisa bermanfaat dapat mengatasi masalah gusi bengkak.

cara untuk membuat ramuan obat alami gusi bengkak dengan menggunakan bawang putih sangat mudah sekali, yaitu ambil bawang putih sebanyak 1 siung. lalu haluskan bawang putih tersebut. pastikan bawang putih sudah sangat halus. kemudian tambahkan lagi dengan sedikit garam, setelah itu oleskan bawang putih tersebut pada bagian gusi yang bengkak, diamkan lah kurang lebih selama 5 menit agar bawang putih tersebut bisa meresap kedalam gusi yang bengkak dengan sempurna. lakukan hal tersebut secara rutin dan juga teratur setiap hari sampai gusi anda pulis seperti semula.

2. air garam

garam ternyata tidak hanya bisa di manfaatkan sebagai salah satu bahan bumbu dapur untuk menambah cita rasa masakan. namun garam ini ternyata juga di percaya bisa di manfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. salah satu dari manfaat dan juga khasiat agarm untuk mengatasi masalah kesehatan yaitu bisa sebagai obat gusi bengkak yang sangat ampuh.

cara menggunakan garam ini untuk di jadikan sebagai obat gusi bengkak yaitu ambil satu sendok teh garam lalu masukan kedalam segelas ait hangat. kemudian aduklah hingga garam tersebut larut. selagi masih dalam keadaan hangat gunakanlaj air larutan garam tersebut untuk berkumur kumur. lakukanlah cara pengobatan seperti ini secara rutin sebanyak 3 kali dalam satu hari hingga masalah gusi yang sedang anda derita kembali pulih. garam ini di dalamnya memiliki kandungan zat yang bersifat anti bakterial sehingga bisa di manfaatkan untuk mengatasi segala penyakit yang di sebabkan oleh kuman dan juga bakteri.

3. minyak cengkeh

minyak cengkeh adalah salah satu jenis minyak yang terbuat dari ekstak cengkeh. minyak cengkeh ini bisa bermanfaat dapat mengatasi berbagai jenis penyakit seperti penyakit radang tenggorokan yang sangat ampuh dan juga sangat efektif. selain itu minyak cengkeh ini juga bisa bermanfaat sebagai obat alami untuk masalah gusi bengkak yang sedang anda alami saat ini. anda juga haris pandai untuk memilih jenis minyak cengkeh ini, hal tersebut dikarenakan banyak sekali beredar jenis minyak cengkeh yang palsu. agar mendapatkan hasil yang sangat maksimal tentunya harus menggunakan minyak cengkeh yang asli.

cara mengobati gusi bengkak menggunakan minyak cengkeh yaitu teteskan minyak cengkeh kedalam sendok teh. kemudian oleskan minyak cengkeh tersebut secara berlahan di bagian gusi yang bengkak. sebelum anda mengoleskan minyak cengkeh tersebut pastikan dulu tangan anda benar benar bersih. anda bisa menggunakan cara ini untu mengatasi gusi bengkak secara teratur setuap hari.

4. jeruk nipis

manfaat dan juga khasiat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh tisak diragukan lagi. jeruk nipis ini memiliki kandungan nutrusi yang sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh. salah satu manfaat jeruk nii untuk kesehatan yaitu dapat mengatasi masalah gusi bengkak. selain itu jeruk nipis ini memiliki kandungan vitamin C yang tergolong cukup tinggi yang bisa berkhasiat dapat menstabilkan sistem imun anda. cara membuat ramuan obat alami gusi bengkan menggunakan jeruk nipis yaitu sebagai berikut. siapkan jeruk nipis lalu air hangat. kemuadian belah menjadi duah jeruk nipis tersebut, lalu peras jeruk nipis tersebut ambil airnya. gunakanlah ait perasan jeruk niis tersebut untuk berkumur kmur. cara pengobatan gusi bengkak menggunakan jeruk nipis ini di percaya sangat efektif sekali dan juga sangat aman.

5. belimbing wuluh

di balik rasa asam yang di hasilkan dari belimbing wuluh ternyata sangat bermanfaat sekali sebagai zat anti bakteri yang tentunya sangat efektif untuk membasmi bakteri dan juga kuman penyebab gusi bengkak di dalam mulut anda. cara untuk menggunakan belimbing wuluh ini sebagai obat alami gusi bengkak yaitu ambil belimbing wuluh secukupnya, lalu timbuk hingga halus buah belimbung yang belum matang. gunakanlah tumbukan belimbing wuluh tersebut untuk di oleskan kebagian gusi yang bengkak, lakukanlah cara ini dengan rutin setiap hari agar gusi anda tidak bengkak lagi.

6. daun jambu biji

daun jambu biji ini juga ternyata bisa bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. daun jambu biji ini memiliki kandungan zat anti bakteri yang berfungsi dapat menjaga kesehatan mulut anda. selain itu daun jambu biji ini sangat efektif sekali untuk di jadikan sebagai obat alami gusi bengkak, hal tersebut di karenakan daun jambu biji ini memiliki kandungan zat anti bakteri, zat anti inflamasi, dan juga zat analgesi yang sangat kuat sekali. yang perlu anda lakukan untuk mengobati gusi bengkak dengan menggunakan daun jambu biji ini yaitu mengunyak secara langsung daun jambu biji tersebut. atau anda juga bisa merebur dulu daun jambu biji tersebut dengan segelas air, kemudian gunakan air rebusa tersebut untuk berkumur kumur.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Rasa Sakit Gigi

7. bawang merah

selain bawang putih yang bisa di jadikan sebagai obat alami gusi bengkak, ternyata bawang merah juga bisa bermanfaat sebagai obat alami gusi bengkak yang sedang anda alami. bawang merah ini memiliki zat anti septikalami yang sangat ampuk dan efektif untuk membunuh kuman penyebab gusi bengkak. untuk menggunakan bawang merah sebagai obat alami gusi bengkak yaitu, dengan emnumbuk bawang merah sebanyak satu siung, lalu tambahkan lagi dengan sedikit garam. kemudian tempalkan tumbukan bawang merah tersebut ke bagian gusi yang bengkak.

BACA JUGA : Cara Meredakan Sakit Gigi

8. asam jawa

asam jawa juga memiliki manfaat dan juga khasiat dapat mengatasi masalah gusi bengkak yang sedang anda alami saat ini, hal tersebut di karenakan asam jawa ini memiliki kandungan zat antiseptik yang alami untuk membunuh kuman penyebab terjadinya gisi bengkak. caranya sangat mudah sekali untuk menggunakan asam jawa sebagai obat alami gusi bengkak yaitu dengan menyangrai biji asam jawa lalu tempempelkan pada gusi yang bengkak.

BACA JUGA : Titik Ampuh Untuk Pijat Sakit Gigi Agar Nyeri Cepat Hilang

9. merica

merica juga bisa di manfaatkan sebagai obat alami untuk masalah gusi bengkak, hal tersebut di karenakan merica ini memiliki kandungan zat anti bakteri, zat anti inflamasi, dan juga zat analgesik properti yang sangat ampuh sekali untuk mengatasi masalah gusi bengkak. cara menggunakanya yaitu dengan mencampurkan merica dan juga garam secukupnya, tuang sedikit air hingga beribah menjadi pasta. kemudian oleskan ke bagian gusi yang bengkak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *