Penyebab Batuk Berdahak

Posted on

Kita secara respon akan mengalami batuk jika terasa Gatal atau ada sesuatu yang menyangkut di tenggorokan seperti lendir atau debu yang masuk. Batuk biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 3 minggu. Salah satu jenis batuk yang sering menyerang manusia adalah batuk berdahak, Batuk Berdahak jangan dianggap remeh karena batuk berdahak jenis batuk yang sangat menyiksa, Batuk tersebut membuat dada kita terasa sesak dan pernafasanpun menjadi sulit.

Nafas yang sulit itu disebabkan karena adanya dahak yang menyumbat di saluran pernafasan kita. Batuk berdahak juda menyebabkan tenggorokan seperti lengket sehingga suarapun menjadi gak jelas. Batuk berdahak akan sangat sulit dikeluarkan jika dahak itu belum encer.

Penyebab Batuk Berdahak
Penyebab Batuk Berdahak

Berikut ini adalah penyebab terjadinya batuk berdahak :

Alergi

Penyebab terjadinya batuk berdahak adalah alergi, terutama yang mempunyai alergi dingin, ketika terkena dingin akan mengalami flu dan batuk. Biasanya pada pagi dan malam hari cuaca kan berubah menjadi dingin, disitulah penyebab terjadinya batuk berdahak. Maka dari itu yang belum mengetahui penyebab apa yang dapat mengalami terjadinya batuk berdahak kita harus segera mengetahuinya dengan berkonsultasi dengan doker.

Asap Kimia

Asap Kimia dapat menyebabkan batuk berdahak karena asap yang terhirup akan mengganggu kinerja dari paru-paru, udara yang seharusnya bersih kini menjadi asap sehingga menyebabkan batuk berdahak.

Terkena Debu

Debu juga dapat menyebabkan batuk berdahak terutama bagi yang menderita alergi debu, debu akan masuk ke saluran pernafasan dan akhirnya menyebabkan batuk berdahak.

Virus

Virus adalah penyebab yang umum bagi penderita batuk berdahak, penderita akan terlebih dahulu terkena flu, pada dasarnya lendir itu terjadi dari dalam hidung, namun secara tidak sadar kita sering menelan lendir sendiri sehingga menyumbat di dalam tenggorokan. Itulah yang menyebabkan terjadinya batuk berdahak.

Pneumonia

Pneumonia adalah salah satu penyebab dari batuk berdahak, biasanya Pneumonia terjadi pada orang dewasa dan bayi. Pneumonia adalah jenis peradangan yang terjadi di kedua paru-paru kita, Biasanya orang yang terkena radang paru-paru mereka akan mengalami sesak nafas disertai batuk berdahak.

Asma

Gejalanya hampir mirip dengan alergi dingin dan alergi debu, orang yang mempunyai asma akan mengalami sesak nafas sehingga sering kali mengalami batuk-batuk yang disertai dahak.
Penderita pun akan mengalami susah tidur karena data akan terasa berat yang disebabkan menyempitnya saluran pernafasan tenggorokan pun terasa lengket.

Asam Lambung

Asam lambung yang naik akan menyebabkan refluks asam. Refluks asam tersebut akan naik ke tenggorokan sehingga tenggorokan pun terasa gatal.
Biasanya rifliks asam akan terjadi ketika pagi hari dan malam hari karena di saat itu cuaca akan terasa dingin.
Asam Lambung bukan saja salah satu gejala dari Batuk berdahak , asam lambung yang naik juga akan menyebabkan lambung kita terasa perih dan mual.

TBC

TBC adalah jenis penyakit radang paru-paru yang mempunyai tapat ringan sampai tahap berat.
TBC salah satu jenis penyakit yang menular, maka dari itu penderita harus dirawat di ruang khusus kedoketan supaya tidah kenular ke orang lain.
Orang yang terkena TBC biasanya akan sering mengalami batuk-batuk disertai keluarnya darah dari dalam mulut.
Dengan ini bagi kalian yang belum terkena TBC sebaiknya anda terlebih dahulu mencegahnya.

ISPA

ISPA adalah infeksi dari saluran pernafasan, ini akan sangat mudah sekalu orang mengalami batuk berdahak, karena didalam tenggorokan terasa sangat gatal.
ISPA terjadi biasanya karena terlalu bayak menghirup kabut asap seperti asap dari pembakaran sampah dan asap dari rokok.

Rokok

Asap dari rokok dapat dengan mudah orang mengalami batuk-batuk, asap rokok bisa menjadi penyebab orang terkena Ispa atau saluran pernapasan.

 

Mungkin itu saja informasi mengenai Gejala Batuk Berdahak, semoga bermanfaat bagi semua. Trimakasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *