Penyebab Dan Cara Menangani Alergi Dingin Pilek

Posted on

Pilek yang disebabkan oleh alergi dingin atau yang di sebut dengan rhinitis yaitu peradangan atau juga iritasi yang terjadi pada membrane mukosa yang ada di dalam hidung. Secara garis besar alergi dingin jenis ini terbagi menjadi dua yaitu rhinitis alergi dan juga rhinitis nonalergi.

Penyebab Dan Cara Menangani Alergi Dingin Pilek
Penyebab Dan Cara Menangani Alergi Dingin Pilek

Rhinitis alergi atau yang sering sebut dengan hay fever dapat di sebabkan oleh alergi terhadap unsur seperti contohnya debu, kelupasan kulit hewan tertentu, dan juga serbuk sari. Sedangkan rhinitis nonalergi tidaj di sebabkan oleh alergi akan tetapi di sebabkan oleh kondisi seperti inveksi virus serta juga infeksi bakteri.

Baca juga :

Penyebab rhinitis alergi

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya rhinitis alergi, di antaranya yaitu, system kekebalan tubuh yang sangat  terlalu sensitive. Pada system kekebalan tubuh yang alami menganggap allergen berbahaya dan juga dapat bereaksi dengan cara memproduksi antibody untuk melawanya.

Ketika pada saat pertama kali terpapar oleh unsur allergen, system kekebalan tubuh tidak akan langsung bereaksi dan juga tidak menyebabkan gejala gejala. System kekebalan tubuh akan menjalani proses yang disebut dengan sensitisasi. Yaitu suatu proses untuk mengenali dan juga untuk mengingat allergen. Namun untuk paparan yang selanjutnya, system kekebalan tubuh akan memproduksi antibody dan juga akan menyebabkan reaksi alergi.

Antibodi tersebut akan menyebabkan produksi lendir akan berlebih dan juga akan membengkakkan pada lapisan hidung. Hal itulah yang menyebabkan penderita  alergi jenis ini akan mengalami gejala hidung berair dan juga tersumbat, serta juga bersin bersin.

Di bawah ini ada beberapa allergen yang ada di udara yang memicu terjadinya rhinitis:

  • Kelupasan kulit mati pada hewan:

Banyak sekali orang orang yang alergi terhadap hewan misalnya pada hewan anjing, atau juga hewan kucing. Dan juga orang tersebut menganggap hewan tersebut yang menyebabkan reaksi alergi tersebut. Namun, penyebab yang sebenarnya yaitu kotoran dan juga kelupasan kulit mati pada hewan tersebut.

  • Allergen ditempar kerja:

Ada beberapa orang yang bekerja atau beraktifitas di lingkungan yang terdapat allergen contohnya terdapat lateks, debu yang ada di lantai, atau juga debu kayu.

  • Tungau debu rumah:

Rhinitis dapat juga dipicu oleh zat kimia yang terdapat di dalam kotoran tungau yang sering kita temukan di kasur, di bantal, di karpet dan juga di matras.

  • Sebuk sari dan juga spora:

Pepohonan dan juga rumput yang ada di lingkungan hidup kita dapat memproduksi partikel kecil berupa serbuk sari. Hal itulah yang dapat memicu terjadinya rhinitis alergi. Seelain hal itu. Fungi dan juga kapang dapat memproduksi spora yang juga dapat memicu terjadinya alergi.

Cara menangani atau mencegah alergi rhinitis

Anda dapat mengunakan obat obatan untuk meredakan gejala yang pada umumnya terjadi pada alergi rhinitis, namun namun abat tersebut tidak dapat menyembuhkan alergi rhinitis. Berikut ini ada beberapa jenis obat dapat meredakan gejala alergi rhinitis:

  • Dekongestan hidung:

Obat ini dapat digunakan untuk membantu meredakan hidung tersumbat. Dekongestan hidung bisa berupa bentuk tablet, kapsul, obat cair, dan juga obat semprot hidung. Kebanyakan obar obatan tersebut terjual bebas di pasaran.

  • Antihistamin:

Hitamin yang dilepaskan oleh tubuh pada saat alergi bisa dihambat oleh antihistamin yang banyak tersedia dalam bentuk tablet dan umumnya bar tersebut terjual bebas di apotek.

  • Kortikosteroid:

Obat obatan jenis ini memiliki efek yang lebih bertahan lama dibandingkan dengan jenis obat lainnya, namun obat ini lebih lama untuk bereaksi. Kortikosteroid bisa membantu untuk meredakan pembengkakan serta juga peradangan. Obat ini tersedia dalam bentuk kaplet, obat semprot dan juga tetes, umumnya obat ini dapat dibeli dengan resep dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *