Penyebab Dan Cara Menangani Alergi Kulit Bentol

Posted on

Penyebab Dan Cara Menangani Alergi Kulit Bentol – Seseorang  yang mempunyai jenis kulit yang sangat sensitive atau sangat mudah sekali terkena alergi. Ada beberapa tanda yang dapat di kenali di antaranya yaitu kulit menjadi memerah, kemudian muncul ruam ruam, terasa gatal dan juga bengkak.

Penyebab Dan Cara Menangani Alergi Kulit Bentol
Penyebab Dan Cara Menangani Alergi Kulit Bentol

Didalam istilah kedokteran alergi yang terjadi pada kulit tubuh seseorang di sebut juga dengan dermatitis kontak alergi. Alergi bisa di picu oleh beberapa penyebab. Allergen yaitu unsur asing yang secara keliru sudah di anggap berbahaya oleh system pada kekebalan tubuh seseorang, sehingga jika terpapar dapat mengakibatkan reaksi alergi. Allergen hanya berdampak pada seseorang dengan alergi.

Baca juga :

Penyebeb alergi pada kulit

Ada beberapa hal yang pada umumnya dapat memicu timbulnya alergi yaitu antara alin:

  • Pada produk kosmetik: contohnya antara lain perias wajah, deodorant , lotion, sabun, shampoo, serta juga pewarna rambut
  • Pada produk pembersihan: misalnya seperti produk pembersih lantai, produk sabun cuci, disinfektan dan juga produk sejenisnya
  • Pada produk obat obatan yang cara pemakaiannya di olesan pada kulit, seperti contohnya anti gatal atau juga anti biatik
  • Pada aksesoris yang kita gunakan yang terbuat dari bahan logam misalnya terbuat dari nikel atau juga emas
  • Pada jenis tanaman dapat mencakup dauntanaman , btang dari tanaman, ddan juga dari serbuk sari
  • Pada produk lateks, yaitu bahan yang sering di gunakan untuk di jadikan sarung tangan karet, kondom, dan juga balon
  • Pada semprotan serangga
  • Dang juga pada prosuk parfum

Reaksi alergi tidak akan muncul ketika kita pertama kalinya tubuh kita bersentuhan dengan allergen. Di paparan yang pertama, system kekebalan tubuh hanya akan mengingatkan saja, lalu kemudian membuat anti bodi sebagai reaksi. Jika kulit kita selalu terpapar oleh allergen selama dalam waktu sepuluh hati atau lebih, maka lama kelamaan akan menimbulkan alergi pada kulit.

Jika seseorang sudah terkena alergi, maka dalam hitungan menit saja pengidap dapat langsung mengalami gejala alergi ketika saat bersentuhan ada allergen. Namun, dapat juga gejala baru akan timbul dalam waktu 1-2 hari kemudian setelah terpapar oleh allergen. Pada beberapa kasus, alergi juga bida menimbulkan reaksi yang bersifat fatal atau juga anafilaksis.

Walau hal ini jarang sekali terjadi, kita tetap perlu waspada terhadap alergi jenis anafilaksis ini. Selain dapat menyebabkan kulit menjadi memerah, anafilaksis juga dapat menyebabkan kesulitan untuk bernafas, perut menjadi kram, tiba tiba tubuh terasa lemas, terjadi pembengkakan pada mulut dan juga tenggorokan, serta juga dapat menghilangkan kesadaran. Jika hel tersebut tidak segera di tangani, ana filaksis dapat menyebebkan kematian pada penderitanya.

Cara menangani alergi pada kulit

Jika anda memiliki alergi pada kulit, anda harus mencari tahu apa penyebabnya dan juga menghindari untuk bersentuhan pada allergen. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa meringankan risiko terkena alergi:

  • Menggunakan lotian calamine atau juga krim hidrikartison untuk mengurangi rasa gatal
  • Gunaka jenis pakaian yang longgar dan juga berbahan lembut. Pakaian yang sangat ketat juga dapat meperbutuk ruam pada kulit, anda bisa menggunakan pakaian yang sedikit basah. Rendam pakaian yang berbahan katun tersebut dengan menggunakan air bersih kemiduan peran dan juga kenakan pakaian basah tersebut
  • Mandilah dengan air yang dingin untuk mengurangi ruam, atau juga dapat menggunakan kompres yang menggunakan air dingin. Kemudian keringkan kulit tersebut dengan handuk yang bersih kemudian gunakanlah pelembab. Air hangat malah akan dapat memperparah pada gejala alergi kulit anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *