Penyebab Dan Juga Cara Pengobatan Penyakit Anemia

Posted on

Kita pasti sudah mengetahui apa itu anemia, anemia di dalam bahasa awam di kenal dengan istilah penyakit kekurangan darah, tetapi juga buka termasuk penyakit darah rendah. Sebagai akibat dari penyakit anemia maka tubuh akan mengalami atau merasa lemas, merasa pusing yang berkunang-kunang, serta juga terlihat pucat.

Penyebab Dan Juga Cara Pengobatan Penyakit Anemia
Penyebab Dan Juga Cara Pengobatan Penyakit Anemia

Karena banyaknya orang yang yang mengalami atau mengidap penyakit anemia,serta sebagian besar dari kasus penyakit ini sangat sulit di ketahui penyebabnya. Secara umum penyakit anemia terbagi menjadi 3 kategori besar, diantaranya yaitu:

  • Penyakit anemia yang di sebabkan karena produksi sel darah merah yang menurun atau juga berkurang
  • Penyakit anemia yang di sebabkan karena akibat terlalu banyak kehilangan darah ”pendarahan”
  • Anemia yang disebabkan karena mudah rusaknya pada sel darah merah

Berikut ini ada berbagai penyebab yang dapat menimbulkan penyakit anemia yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

  1. Anemia yang di sebabkan oleh pendarahan aktif

Ketika terjadi pendarahan atau keluarnya darah di dalam tubuh yang di akibatkan oleh luka tubuh kita akan kekurangan darah. Pendarahan tersebut dapat terlihat dengan jelas maupun yang tersembunyi. Pendarahan yang dapat terlihat dengan jelas misalnya pada saat menstruasi berat dan juga luka. Sedangkan pendarahan yang tidak terlihat yaitu BAB berdarah yang tidak kita sadari.

  1. Anemia akibat kekurangan zat besi

Sel darah yang ada di dalam tubuh membutuhkan bahan baku dalam pembuatanya, salah satu komponen bahan baku yang aling utama yaitu kandungan zat besi. Zat besi memainkan peran yang sangat penting sekali pada struktur hemoglobin. Jika asupan zat besi dalam tubuh kurang, maka akan menyebabkan terjadinya anemia.

  1. Anemia karena penyakit kronis

Penyakit yang berkepanjangan atau juga prnyakit yang sudah  kronis, juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit  anemia.

  1. Anemia karena penyakit ginjal

Tahukah anda, bahwa organ ginjal dapat melepaskan hormone yang di sebut dengan eritropoietin. Dengan hormone tersebut dapat membantu sum-sum tulang untuk membuat sel-sel darah merah. Oleh karena hal tersebut, orang yang mengidap penyakit ginjal kronis maka akan menyebabkan produksi sel darah merah akan berkurang dan hal tersebut juga dapat memicu terjadinya anemia.

  1. Anemia kerana proses kehamilan

Meningkatnya pada jumlah cairan yang ada di dalam pembuluh darah saat sedang mengandung atau hamil, maka darah akan menjadi lebih encer, sedangkan sel darah merah yang ada di dalam tubuh tidak meningkat secara signifikan. Kondisi tersebut akan bisa tercermin sebagai penyakit anemia karena konsenterasi relative pada sel darah merah yang lebih rendah.

Cara mengatasi atau pengobatan penyakit anemia

Dengan cara mencegah penyakit sedini mungkin dapat menurunkan risiko komplikasi di masa depan. Begitu pundengan penyakit anemia bila kita mencegahnya sedini mungkin maka akan mudah di sembuhkan. Berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah atau pengobatan penyakit anemia:

  • Perbanyak lah mengkonsumsi makanan yang mengandung kandungan zat besi, kandungan vitamin B12, mengandung vitamin C, dan juga yang mengandung asam folat.
  • Hindari mengkonsumsi minuman seperti minuman kopi, teh, atau juga susu sehabis makan keran hal tersebut dapat mengganggu proses penyerapan zat besi di dalam pencernaan.
  • Tranfusi darah, tambahan darah dengan sesuai kebutuhan akan cepat mengembalikan jumlah sel darah merah dalam kondisi yang normal.
  • Mengkonsumsi suplemen. Pilihlah suplemen yang mendung kandungan zat besi dan juga kandungan vitamin yang lengkap lainnya sebagai penunjang untuk pembentukan sel darah merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *