Penyebab Gigi Ngilu

Posted on

Gigi yang terasa ngilu atau disebut juga gigi sensitif mengakibatkan aktivitas sederhana sehari-hari seperti makan, minum, dan menyikat gigi menjadi menyakitkan. Namun dengan mendeteksi penyebabnya, kondisi ini dapat diatasi.

Biasanya rasa ngilu yang timbul terasa sangat tajam, singkat dan seringkali tidak terdiagnosis bahkan terabaikan. Tak mengherankah jika 50 persen penduduk Indonesia mengalami masalah gigi sensitif bahkan tanpa mereka sadari.

Penyebab Gigi Ngilu
Penyebab Gigi Ngilu

Masalah gigi sensitif bukanlah insiden yang timbul akibat penyakit gigi, namun terjadi akibat menipisnya enamel, penurunan gusi dan terbukanya dentin (sebuah lapisan di bawah enamel). Nyeri yang berkaitan dengan sensitivitas umumnya terjadi dalam saraf gigi.

Pemicu Umum Gigi Sensitif

Berbagai macam sebab dapat memicu ngilu atau  sakit gigi pada penderita gigi sensitif. Berikut beberapa pemicu yang paling umum untuk gigi sensitif:

  • Makan makanan dingin atau minum minuman dingin
  • Makan makanan panas atau minum minuman panas
  • Makan makanan manis atau asam
  • Bernafas di udara dingin
  • Menyikat gigi

Kenapa Gigi dapat Menjadi Sensitif?

Gigi terasa ngilu atau gigi sensitif umumnya disebabkan karena terkikisnya lapisan email atau karena terpaparnya akar gigi. Gigi Anda menjadi sensitif ketika gusi terbuka, sehingga dentin, lapisan di bawahnya, terpapar berbagai rangsangan. Dentin terdiri dari bagian dalam gigi dan akar yang terhubung pada ribuan saluran kecil yang menuju saraf pusat gigi. Kondisi ini menyebabkan paparan dingin, panas, atau gesekan keras dapat memicu rasa ngilu.

Faktor lain yang dapat menjadi pemicu gigi ngilu adalah:

  • Lubang pada gigi.
  • gigi berlubang dapat menjadi tempat bakteri bersarang.
  • Efek samping karena prosedur yang dijalankan di dokter gigi seperti pemutihan gigi.
  • Radang pada gusi (gingivitis).
  • Menyikat gigi terlalu kencang.
  • Penumpukan plak.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam.

Secara garis besar penyebab sensitivitas gigi, antara lain:

1. Penurunan Gusi
2. Buruknya kebersihan gigi dan mulut
3. Bleaching (pemutihan permukaan gigi)
4. Terkikisnya email
5. Penyikatan gigi terlalu kuat
6. Pasien lansia
7. Kebiasaan konsumsi makanan/minuman yang bersifat asam
8. Mulut kering dan produksi air liur sedikit
9.Sering mengalami gigi gerinding saat tidur
10. Infeksi gusi yang terus menerus

Penyebab Lain Gigi Terasa Ngilu

Berikut adalah beberapa masalah kesehatan gigi dan mulut yang dapat menyebabkan rasa ngilu pada gigi:

Karies dan Gigi Berlubang

Rasa ngilu yang disebabkan oleh kerusakan gigi (karies gigi atau gigi berlubang) kadang terasa mirip dengan rasa ngilu akibat gigi sensitif. Kerusakan gigi terjadi ketika gula dalam makanan dan minuman bereaksi dengan bakteri dalam plak pada gigi dan membentuk zat asam. Zat Asam ini secara bertahap dapat melembutkan dan melarutkan enamel dan dentin Anda. Menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluorida akan membantu memperkuat gigi Anda.

Anda bisa jadi tidak merasakan sakit sama sekali hingga kerusakan gigi sudah mencapai tahap lanjut. Jadi, bahkan jika Anda tidak merasa sakit, lakukanlah pemeriksaan gigi rutin agar dokter gigi Anda dapat mengetahui tanda-tanda awal kerusakan gigi dan mengobatinya.

Pemutihan Gigi

Banyak orang mengalami gigi sensitif selama dan beberapa saat setelah perawatan pemutihan gigi. Pemutihan gigi yang dimaksud  adalah perawatan pemutihan gigi profesional yang dilakukan dalam pengawasan seorang ahli/dokter gigi.

Gigi sensitif yang dialami selama dan setelah perawatan pemutihan berbeda dari hipersensitifitas dentin. Zat pemutih gigi yang terkandung dalam produk perawatan diyakini bisa melewati enamel dan dentin, dan masuk ke dalam pulpa yang berada di bagian tengah gigi. Hal inilah yang dapat menyebabkan peradangan dan gig sensitif sementara.

Setelah Perawatan Gigi

Tidak jarang gigi anda menjadi sensitif untuk beberapa waktu setelah perawatan gigi. Namun, jika ini terus berlanjut hubungi dokter gigi untuk penanganan yang tepat.

Gigi  juga bisa menjadi penyebab gigi terasa sakit dan ngilu. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengunjungi dokter gigi secara teratur dan memeriksakan kesehatan gigi dan gusi. Jika Anda merasa sakit atau tidak nyaman pada gigi Anda, terutama jika terus berlanjut,periksakan ke dokter gigi anda.

Menjaga Kesehatan Gigi

Menyadari kerumitan perawatan gigi sensitif di atas, maka sebaiknya Anda mencegah kondisi tersebut sebelum terjadi. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan.

  • Cara paling sederhana adalah menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dengan menyikat gigi dua kali sehari dengan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi berflouride.
  • Hindari menggosok gigi terlalu sering, menggosok dengan kasar, atau pasta gigi dengan kadar yang dapat menyebabkan lapisan gigi rusak.
  • Hindari mengasah gigi yang dapat menyebabkan gigi retak dan menjadi sensitif.
  • Batasi makanan dan minuman asam, seperti minuman soda, yogurt, dan jeruk sitrus. Semua ini dapat mengikis sebagian email gigi terus-menerus. Minum dengan menggunakan sedotan dapat mengurangi risiko ini.
  • Minumlah air mineral untuk menormalkan kadar asam di mulut setelah mengonsumsi susu dan makanan serta minuman berasam.
  • Hindari langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman berasam. Asam membuat email gigi menjadi lebih lunak dan mudah terkikis saat disikat.

Dengan mencegah gigi agar tidak menjadi sensitif, Anda tidak perlu khawatir lagi gigi akan terasa ngilu ketika mengonsumsi makanan kesukaan, seperti menyantap es krim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *