Penyebab, Jenis dan Obat Alami Sakit Mata

Posted on

Obat alami sakit mata –Sakit mata memanglah bukan termasuk ke dalam jenis penyakit yang berbahaya. Tetapi jika terserang masalah sakit mata ini dapat mengganggu aktivitas anda sehari hari. Hampir di selurih aktivitas manusia dalam sehari hari membutuhkan kinerja mata yang sangat prima. Menjalani sebuah aktivitas ketiaka mata anda terserang masalah sakit mata bisa sangat menyebalkan dan tidak nyaman se kali.

Penyebab, Jenis dan Obat Alami Sakit Mata
Penyebab, Jenis dan Obat Alami Sakit Mata

Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk dapat mengobati sakit mata, baik itu pengobatan secara medis maupun pengobatan secara alami atau tradisional. Akan tetapi sebelum kita membahas tentang bagainama cara mengobati mata dengan menggunakan pengobatan alami atau tradisional ada baiknya jika kita mengetahui dulu jenis jenis penyakit mata dan juga penyebabnya. Berikut ini merupakan beberapa penyebab dan juga jenis sakit mata yang perlu anda ketahui.

Penyebab dan jenis jenis sakit mata

  • mata merah atau konjungtifitas

masalah sakit mata seperti ini biasanya bisa di sebabkan oleh adanya virus yang menjakiti mata. Pada beberapa kasus juga, penyakit jenis ini bisa di sebabkan alergi dan juga bakteri. Konjungtivitas merupakan penyakit mata yang dapat menular oleh sebab itu orang yang menderita sakit mata jenis ini harus menggunakan kaca mata hitam ata juga bisa menghidari kontak secara langsung dengan mata orang lain agar tidak menular.

  • Hordeolum

hordeolum merupakan kondisi dimana mata terkena bakteri yang ada di bagian permukaan kulit. Bakteri ini bisa menyebabkan munculnya tonjolan kecil berwarna di bagian sudut mata. Mata bintitan ini bisa terasa sangat sakit dan juga gatal jika kondisi seperti itu di biarkan terus menerus.

  • Belekan

jenis sakit mata yang satu ini bisa terjadi karena di sebabkan oleh odanya bakteri. Terjadinya belekan ini di karenakan bakteri yang ada di dalam mata mengeluarkan cairan kental yang berwarna kekuningan yang lama kelamaan akan numpuk di bagian sudut mata. Tumbukan cairan tersebutlah yang di sebut dengan belek.

  • Blefaritis

blefaritis adalah peradangan yang terjadi di bagian tepi kolopak mata sehingga bisa menyebabkan bagian tersebut menjadi bengkak dan juga kemerahan. Penyakit mata jenis ini bisa menyerang semua orang baik itu anak anak maupun orang tua.

  • Orbital cellulitis

jenis penyakit mata ini merupakan penyakit infeksi mata yang tergolong berbahaya. Jenis penyakit mata yang satu ini di sebabkan oleh adanya berbagai bakteri, selain itu juga dapat di sebabkan oleh adanya jamur yang telah masuk ke dalam bagian mata kemudian akan berkembang dan dapat menimbulkan infeksi yang berbahaya.

Jenis jenis obat obatan alami sakit mata

untuk dapat mengobati atau mengatasi masalah sakit mata anda bisa menggunakan jenis obat obatan alami. Dengan menggunakan jenis obat obatan alami untuk mengobati sakit mata selain aman untu digunakan juga sangat mudah sekali untuk mendapatkannya serta tidak memerlukan biaya yang sangat mahal. Nah, berikut ini beberapa jenis obat obatan alami untuk menyembuhkan sakit mata yang bisa anda gunakan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. daun sirih

daun tanaman yang satu ini memang terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Daun sirih ini sering sekali di gunakan sebagai obat obatan tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Daun sitih ini juga sangat ampuh sekali untuk mengatasi masalah sakit mata secara alami tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Cara mengguakan daun sitih ini sebagai obat alami sakit mata sangat mudah sekali, yaitu anda hanya perlu melakukan hal hal berikut.

Pertama tama anda siapkan dulu daun sirih secukupnya, lalu cuci daun sirih tersebut hingga bersih. Kemudian anda bisa merebusnya dengan menggunakan air bersih secukupnya. Tunggu sampai rebusan tersebut mendidih setelah itu anda angkat dan biarkan dulu sampai dingin. Setelah itu ambil air rebusanya saja, anda bisa menggunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mengobati sakit mata dengan cara di teteskan ke bagian mata yang sakit. Selain itu anda juga bisa mengoleskan air rebusan daun sirih tersebut di arena sekitar mata. Lakukan hal tersebut dengan rutin setiap hari sampai sakit mata anda benar benar sembuh.

2. bawang putih

bawang putih ini pada umumnya di manfaatkan sebagai salah satu bahan bumbu penyedap masakan. Selain hal itu bawang putih ini ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik sekali bagi kesehatan. Bawang putih ini juga dapat di manfaatkan sebagai bahan terapi untuk mengobati sakit mata. Ada beberapa tahan untuk dapat menggunakan bawang putih ini sebagai obat sakit mata secara alami. Yang pertama anda bisa menyiapkan dulu bawang putih, lalu kupas dan cuci sampai bersih dan keringkan beberapa saat. Kemudian anda juga siapkan lap atau tisu yang benar benar bersih.

Setelah itu bawang yang sudah di keringkat tersebut anda potong potong mejadi beberapa bagian, kemudian anda bisa mengoleskan bawang putih tersebut ke bagian kelopak mata yang sedang sakit. Setelah sudah di oleskan tunggu beberapa detik dan mata anda akan merasa sedikit erih dan akan mengeluarkan air mata, anda bisa mengeringkan airmata tersebut dengan lap atau tisu yang sudah di siapkan tadi. Lakukan lah pengobatan tradisional tersebut secara rutin setiap hari minimal 2 kali sehari sampai sakit mata yang sedang anda derita benar benar sembuh.

3. mentimun

mungkin anda sudah pernah melihat atau juga sudah pernah melakukanya ketika anda ke salon kecantikan untuk melakukan spa dan perawatan kecantikan lainya. Meraka sering sekali menggunakan mentimun ini untuk dapat menyegarkan mata ketika saat masih melakukan perawatan kecantikan. Mentimun ini tidak hanya di gunakan sebagai perawatan kecantikan saja, tetapijuga bisa bermanfaat untuk di jadikan sebagai obat alami sakit mata. Mentimun ini dapat bermanfaat bisa mengurangi rasa sakit pada mata, yang telah di sebabkan oleh adanya iritasi, belekan, dan juga mata yang bengkak. Cara menggunakan mentimun ini sebagai obat alami sakit mata sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut.

Pertama ambil buah mentimun, lalu culi sampai bersih. Kemudian irislah mentimun tersebut tipis, setelah itu letakan lah irisan mentimun tersebut ke bagian mata dalam keadaan terpejam. Dengan menggunakan cara pengobatan tradisional seperti ini maka sakit mata yang sedang anda rasakan akan berkurang sakitnya. Selain itu bakteri yang ada di dalam mata anda lama kelamaan akan menghilang atau mati. Hal tersebut karena mentimun ini memiliki kandungan anti bakteri. Lakunan pengobatan ini secara rutin setiap hari sampai sakit mata anda benar benar sembuh.

4. air hangat

tampa banya orang yang mengetahui bahwa air hangat saja bisa bermanfaat dapat mengobati sakit mata dengan alami. Yaitu hanya dengan mengompres mata yangsedang sakit di sebabkan adanya belekan, mata benkak, dan juga gatal gatal dengan menggunakan air putih hangat. Hal tersebut karena air hangat itu sendiri bisa membuat mata anda yang sedang sakit akan sembuh. Cara pengobatan alami dengan menggunakan ait uti hangat yaitu sebagai berikut.

Pertama tama kamu harus bersihkan dulu semuan area baian mata yang sedang sakit sebelun di kompres menggunakan air putih hangat. Sebenarnya air hangat ini hanya dapat mencegah agar sakit mata anda semakin parah, lakukan pengobatan ini secara terus menerus secara rutin setiap hari sampai sakit mata anda benar benar sembuh.

5. kentang

kkentang ini tidak hanya dapat di manfaatkan untuk di jadikan sebagai makanan yang memiliki banyak sekali kandungan gizi. Tetapi juga bisa di manfaatkan sebagai obat alami sakit mata. Cara untuk menggunakan kentang ini untuk obat alami sakit mata sangat mudah sekali anda bisa membuatnya menjadi jus atau juga bisa dengan mengirisya menjadi tipis tipis. Yang perlu anda lakukan yaitu sebagai berikut.

Pertama ambil beberapa kentang, lalu kupas dan bersihkan. Kemudian anda blender kentang tersebut hingga harus, setelah itu ambil kentang yang sudah halus dam masukan ke dalam kain halus yang bersih. Anda bisa menggunakan kentang yang sudah di bungkus dengan kain tersebut di arena bagian mata yang sedang sakit. Selain itu anda juga bisa mengguakan cara yang lainnya yaitu dengan mengiris tiis kentang yang sebelumnya sudah di kupas dan dibersihkan. Kemudian tempelkan ke bagian mata yang sakit tunggu sampai beberapa saat. Pengobatan tradisional sakit mata dengan menggunakan kentang ini dapat mencegah adanya pembengkakan pada mata, bisa mengurangi mata yang memerah, iritasi, dan juga dapat membunuh bakteri dan juga virus yang menyebabkan belekan.

6. madu murni

memang sudah tidak bisa di ragukan lagi madu ini memiliki manfaat dan juga khasiat yang sangat ampuh sekali bagi kesehatan tubuh manusia. Hal tersebut di karenakan madu ini memiliki kandungan multi vitamin yang memungkinkan tubuh kita tetap dalam keadaan yang bugar serta juga dapat menanggulangi datangnya berbagai macam penyakit. Selain itu madu juga bisa di manfaatkan sebagai obat alami sakit mata yang sangat mujarap sekali. Untuk penggunaan madu ini sebagai obat alami sakit mata sangat mudah sekali serta tidah ribet. Tapi usahakanlah untuk dapat menggunakan madu yan benar benar masih murni tanpa adanya campuran bahan apapun.

Yang perlu anda lakukan yaitu yang pertama anda dapat membersihkan dulu area bagian mata yang sedang sakit dengan menggunakan lapatau tisu yang sangat bersih, atau juga bisa menggunakan air hangat. Setelah sudah di bersihkan, oleskanlah madu murni yang sudah di siapkan di area seluruh bagian mata dengan merata. Cara pengobatan tradisional dengan menggunakan madu murni ini bisa mengatasi masalah sakit mata seperti mata merah, belekan, iritasi, bahkan juga sakit mata yang di sebabkan oleh bakteri dan juga virus. Anda haya cukup menggunakanya 3 kali dalam sehari secara rutin sampai sakit mata anda benar benar sembuh.

7. lidah buaya

jenis tanaman yang satu ini tidak hanya bisa bermanfaat untuk perawatan kecantikan dan juga rambut saja. Lidah buaya ini ternyata juga bisa di manfaatkan sebagai obat alami sakit mata. Selain itu lidah buaya ini juga bisa mencegah terjadi sakit mata yang berjenis konjungtuvitis. Jenis tanaman yang memiliki bentuk panjang dan berduri ini memiliki kandungan aloin dan juga amodin. Kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat dapat menghilangkan atau membunuh bakteri dan juga virus di dalam mata.