Penyebab Keringat Berlebih

Posted on

Keringat adalah sebuah cairan yang bersifat garam yang pasti dikeluarkan oleh setiap orang melalui kelenjar keringat, namun jangan bagi anda yang mengalami keringat sebaiknya jangat membiarkannya. Karena keringat dapat menyebabkan bau yang tidak sedap karena banyaknya bakteri yang menempel pada tubuh, penampilan pun terasa tidak percaya diri ketika melakukan suatu aktifitas. Terkadang ada beberapa orang yang mengalami suatu keringat berlebih, kondisi itu disebabkan karena metabolisme dalam tubuh meningkat karena tubuh sedang menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Dari yang tadinya dingin menjadi panas.

Penyebab Keringat Berlebih
Penyebab Keringat Berlebih

Terdapat dua jenis ketingat berlebih yang sering dialami oleh seseorang :

  • 1. Hiperhidrosis focal primer,

Biasanya orang yang mengalami Keringat berlebih jenis Hiperhidrosis focal Primer mengalami keringat yang berlebih dibagian telapak tangan, telapak kaki, lipatan paha, ketiak, maupun di kepala. Orang yang mengalami keringat berlebih jenis ini disebabkan karena adanya syaraf dalam tubuh yang bermasalah.

  • 2. Secondary General Hiperhidrosis,

Seseorang yang mengalami Keringat berlebih jenis Secondary General Hiperhidrosis biasanya akan mengalami keringat berlebih pad kondisi malam hari, Kondisi ini dapat disimpulkan karena penderita mengalami lemah jantung, gejala kanker, stoke, penyakit paru-paru , Diabetes, cidera tulang belakang, maupun kehamilan bagi para wanita.

 

Jangan menganggap enteng jika anda mengalami keringat berlebih, sebaiknya anda memeriksakan kedokter jika mengalami kondisi dibawah ini :

  • Keringat mengalami jumlah banyak, tidak seperti biasanya.
  • Ketika tidur, anda akan terbangun dalam kondisi kasur yang basah karena keringat yang keluar terlalu banyak.
  • Seluruh bagian tubuh mengalami keringat, seperti telapak tangan, telapak kaki, paha, leher sampau ke kepala .
  • Mengalami keringat berlebih disertai gelisah.
  • Terlalu sering mengalami haus dan tubuh sedikit gemetar.

 

Jika anda mengalami gejala yang ditulis di atas sebaiknya anda segeta memeriksakan ke dokter, karena ditakutkan adanya penyakit lain yang terjadi di dalam tubuh seperti gagal ginjal, gejala stroke, sakit paru-paru dan yang lainya.

 

Penyebab Keringat Berlebih

Seseorang yang mengalami keringat berlebih dapat disebabkan oleh beberapa faktor dibawah ini :

  • 1. Konsumsi obat

Seseorang yang mengalami keringat berlebih dapat disebabkan karena iya tidak cocok atau alergi dalam berbagai jenis obat-obatan. Penderita akan langsung mengalami keringat berlebih desertai muka yang sedikitv lebam, seperti kecanduan dengan obat-obatan.

  • 2. Kelebihan Berat Badan

Untuk mengetahui apakah anda mengalami berat badan maka ukurlah berapa berat badan anda dan bandingkan dengan tinggi badan anda, jika perbandingannya melebihi tinggi badan maka anda mengalami berat badan. Seseorang yang mengalami berat badan akan terlalu banyak mengeluarkan keringat karena metabolisme dalam tubuh sangat tinggi yang disebabkan oleh terlalu banyaknya lemak yang ada dalam tubuh.

  • 3. Suhu Tubuh Yang Meningkat

Keringat akan keluar terlalu berlebih jika suhu tubuh mengalami kenaikan , karena suhu tubuh yang tingga akan menyebabkan banyaknya keringat yang keluar.

  • 4. Stres

Stres juga dapat menyebabkan keringat berlebih karena faktor emosional yang tidak setabil. Sebaiknya anda segera mengkonsultasikan kejadian tersebut ke dokter karena dengan kondisi itub akan sangatb merepotkan untuk beraktifitas.

  • 5. Faktor Hormonal

Keringat berlebih akan sering dialami oleh sesorang yang masuk dalam lingkup remaja, karena seorang remaja akan banyak mengeluarkan faktor hormonal yang menyebabkan kelenjar apokin atau kelenjar keringat.  Faktor hormonal juga terjadi pada seorang wanita yang sedang mengalami haid atau datang bulan.

Demikian sedikit informasi mengenai Penyebab Keringat Berlebih pada tubuh seseorang . Semoga dapat bermanfaat bagi semua.
Sekian dan terimakasih 🙂