Penyebab & Obat Tradisional Batuk Kering

Posted on

Obat alami batuk keringBatuk merupakan salah sati jenis gangguan kesehatan yang terjadi pada saluran pernapasan. Batuk sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu batuk kering dan juga batuk tidak kering atau basah. Batuk kering merupakan jenis batuk yang biasanya tidak di sertai dengan adanya ledir di dalam pangkal tenggorokan. Sedangkan batuk tidak kering atau basah merupakan jenis batuk yang di sertai dengan adanya lendir atau dahak di dalam tenggorokan. Dengan adanya lendir atau dahak tersebut bisa membuat anda merasa tidak nyaman.

Obat Batuk Kering (ilustrasi Jeruk Nipis)
Obat Batuk Kering (ilustrasi Jeruk Nipis)

Penyebab terjadinya batuk kering

Batuk kering itu sendiri bisa di sebabkan oleh adanya beberapa faktor, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • virus

beberapa jenis virus bisa menyebabkan terjadinya batuk kering. Pada umunnya jenis virus yang mudah masuk kedalam tubuh manusia yaitu virus flu. Virus flu itu sendiri dapat menyerang bagian hidung dan juga tenggorokan. Jika flu tersebut sudah menyerang tenggorokan maka akan muncul dahak atau lendir di dalam pangkal tenggorokan.

  • Asam lambung

kadar asam lambung yang tinggi ternyata juga dapat menyebabkan terjadinya batuk kering. Hal tersebut terjadi karena penyakit refluks asam yang biasanya terjadi pada pagi hari.

  • Asam rokok

asap rokok yang telah masuk ke dalam saluran pernapasan bisa menyebabkan iritasi dan pada akhirnya juga akan muncul lendir atau dahak sebagai bentuk pertahanan tubuh.

  • Infeksi

infeksi yang telah terjadi di dalam sistem pernapasan juga bisa menyebabkan timbulnya batuk kering. Beberapa jenis infeksi yang di maksut tersebut yaitu pneumonia, TBC, dan juga jenis penyakit paru paru yang lainnya.

Jenis obat obatan tradisional untuk mengobati batuk kering

setelah anda sudah mengetahui apa saja faktor penyebab terjadinya batuk, selanjutnya kita akan membahan tentang jenis obat obatan herbal untuk mengatasi batuk kering serta juga mengatasi tenggorokan gatal secara alami. Beberapa jenis obat obatan alami yang bisa anda gunakan sebagai obat batuk yaitu sebagai berikut:

1. jahe

jahe merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat yang sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh manusia. Jahe juga bisa di jadikan sebagai obat herbal yang memiliki manfaat dan juga khasiat dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat. Selain itu jehe ini juga bisa berkhasiat dapat mengatasi batuk yang sedang anda alami.

Untuk membuat ramuan herbal dari jahe untuk mengatasi batuk yang sedang anda derita sanat mudah sekali, karena jahe bisa anda dapatkan dengan sangat mudah di sekitar anda. Caranya yang pertama yaitu siapkan dulu jahe sebanyak 1 rimpang, lalu cuci sampai bersih, kemudian geprek jahe tersebut selanjutnya seduh dengan menggunakan 1 gelas air panas. Jangan tambahkan bahan lain seperti gula dan yang lainnya pada minuman tersebut. Minumlah air jahe tersebut secara rutin setiap hari dan rasakan sensasi hangat dan juga rasa lega pada tenggorokan anda setelah meminum ramuan herbal tersebut. Ramuan herbal ini sangat di percaya dapat mengatasi batuk keringyang di sebabkan oleh adanya infeksi.

2. kunyit

secara ilmiah, jenis tanaman rimpang yang satu ini tidak hanya memiliki kandungan vitamin dan juga mineral saja di dalamnya. Ternyata di dalamnya juga terdapat kandungan zat anti inflamasi sehingga dapat berfungsi sebagai anti septik atau juga anti biotik alami yang aman bagi tubuh manusia. Kuntukt ini memang memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat yang sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh. Selain itu kunyit juga bisa bermanfaat dapat mengatasi batbagai jenis penyakit, salah satunya yaitu dapat mengatasi batuk kering yang sedang anda derita saat ini.

Untuk membuat ramuan herbal dengan menggunakan kunyit untuk mengatasi masalah batuk sangat mudah sekali anda hanya erlu melakukan hal hal berikut. Yang pertama ambil bubuh kunyit secukupnya, kemudian seduh dengan menggunakan 1 gelas air panas. Aduk sampai merata, setelah itu tunggu dingin dulu kemudian biasa anda minum. Agar bisa mendapatkan hasil yan maksimal minumlah ramuan herbal tersebut secara rutin setiap hari minimal 2 kali sehari sampai batuk yang anda derita benar benar sembuh.

3. jeruk nipis

jeruk nipis ini di ketahui memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Jenis buah buahan yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang tergolonh sangat tinggi di dalamnya. Dengan demikian jeruk nipis ini bisa bermanfaat dapat membantu untuk menambah sistem imun di dalam tubuh. Selain hal tersebut buah jeruk nipis juga memiliki sifat pembersih yang dapat membantu untuk melarutkn lendit atau dahak agar mudah di keluarkan.

Cara menggunakan jeruk nipis ini sebagai obat alami untuk mengobati batuk kering sangat mudah sekali yaitu yang pertama anda harus menyiapkan dulu jeruk nipis secukupnya dan juga 1 gelas air hangat. Kemudian peraslah beberapa buah jeruk nipis. Ambil air perasan jeruk nipis dan masukan ke dalam 1 gelas air hangat. Anda juga bisa menambahkan lagi dengan madu murni sebanyak 1 sendok. Setelah itu aduk aduklah sampai meratadan minumla ramuan alami tersebut secara rutin setiap hari. Akan tetapi cara pengobatan batuk dengan menggunakan jeruk nipis ini tidak cocok bagi orang orang yang mamiliki gangguan lambung. Hal itu di karenakan jeruk nipis bisa memicu kadar asam lambung cepat naik, dan kondisi tersebut malah akan membuat penderita semakin tidak nyaman.

4. daun sirih

daun sirih ini memang memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat yang sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh mansia. Secara tradisional daun sirih ini sering sekali di jadikan sebagai salah satu bahan utama untuk pengobatan dan juga kecantikan. Selain itu daun sirih ini ternyata juga dapat di manfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi baruk kering yang sedang anda derita secara alami dan aman.

Untuk membuat ramuan herbal menggunakan daun sirih untuk mengatasi masalah batuk kering sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut. Yang pertama siapkan bahan bahannya dulu seperti daun sirih sebanyak 5 lembar, serta cengkeh, kapulaga dan kayu manis secukupnya. Kemudian rebuslah semua bahan bahan yang telah di siapkan tadi dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas, tunggu sampai mendidih dan airnya menyusut hingga setengah. Setelah itu ambil airnya sebanyak satu sendok makan dan konsumsilah secara rutin setiap hari minumal 2 kali sehari sampai batuk kering yang ada derita sembuh.

5. madu

khasiat dan juga manfaat madu untuk kesehatan tubuh memang tidak bisa di ragukan lagi. Secara alami madu ini memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu untuk mengatasi batuk kering yang di sebabkan oleh adanya peradangan di dalam tubuh anda. Maduk juga di dalamnya memiliki kandungan vitamin C yang terglong cuku banyak dan dapat berfungsi untuk menambah daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi madu ssebanyak 1 sampai 2 sendok secara rutin setiap hari bisa bermanfaat dan juga berkhasiat dapat meredakan batuk kering. Jika perlu, anda bisa mengkonsumsi madu sebanyak 2 sampai 3 sendok selama satu hari secara rutin. Tetapi pantikan dulu madu yang anda konsumsi merupakan madu murni dan bukan madu buatan.

6. daun mint

daun mint ternyata juga bermanfaat dan juga berkhsiat dapat membantu untu menyembuhkan batuk kering dan juga beberapa jenis innfeksi yang terjadi pada saluran pernapasan anda. Hal tersebut di karenakan daun mint ini dapat memberikan relaksasi pada otot trakea dan juga otot ilea pada seluruh sistem pernapasan sehingga organ dapat bekerja dengan sangat baik. Cara menggunakan daun mint ini untuk di jadikan sebagai obat alami batuk kering yaitu anda dapat mengolahnya terlebih dulu mejadi minuman herbal.

7. daun asam muda

daun sam yang masih muda ternyata bisa kita manfaatkan sebagai obat herbal pereda batuk kering. Cara untuk menggunakan daun asam muda ini sebagai obat herbal batuk kering yaitu dengan menyiapkan beberapa bahan berikut seperti daun asam muda secukupnya, kayu mani dan juga saga manis secukunya. Anda juga bisa menambahkan lagi dengan gula batu secukupnya untuk menambah rasa manis. Rebuslah semua bahan bahan yang telah di siapkan tadi dengan menggunakan air sebanyak 1 gelas. Tunggulah sampai mendidih, setelah sudah mendidih angkat dan saringlah ambil airnya. Anda bisa meminum air rebusan tersebut secara rutin setiap hari sampai batuk kering yang anda derita hilang atau sembuh.

8. daun kemangi

daun kemangi ternyata tidak hanya bisa di manfaatkan sebagai lalapan saja. Namun ternyata juga memiliki manfaat dan juga khasiat yang sangat ampuh sekali untuk mengatasi batuk kering. Cara menggunakan daun kemangi sebagai obat herbal batuk kering sangat mudah sekali yaitu ambil daun kemangi secukupnya, lalu cuci sampai bersih dan rebuslah dengan menggunakan air sebanyak 1 gelas. Biarkan sampia mendidih, setelah itu ambil air rebusan tersebut dan minumlah secara rutin setiap hari sampai batuk kering anda benar benar sembuh.

9. bunga belimbing wuluh

jenis obat obatan herbal yang bisa anda gunakan untuk meredakan batuk kering selanjutnya yaitu bunga belimbing wuluh. Jenis obat obatan herbal yang satu ini bisa anda dapatkan dengan sangat mudah di lingkungan sekitar anda. Cara untuk menggunakan bunga belimbing wuluh ini sebagai obat batuk kering juga sangat mudah sekali. Yaitu yang pertama siapkan 1 genggam bunga belimbing wuluh dan juga gula bati secukupnya. Kemudian rebuslah bahan bahan tersebut dengan menggunakan air sebanyak 1 gelas. Aduk aduk dan tunggu mendidih setelah itu ambil dan saring dan minumlah air rebusan tersebut secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali sehari sampai batuk yang anda derita sembuh total.

Baca Juga :

10. belimbing wuluh

selain bunganya yang bisa bermanfaat dan juga berkhasiat dapat meredakan batuk kering. Ternyata buah belimbing wuluh juga memiliki manfaat dan juga khasiat dapat metedakan batuk kering secara alami dan aman tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Belimbing wuluh ini memiliki rasa yang sanat mirip sekali dengan buah jeruk nipis, selain itu kandungan nutrisinya juga tidk kalah dengan jeruk nipis.

Untuk mejadikan belimbing wuluh ini sebagai obat alami yaitu ambil beberapa buah belimbing wuluh lalu cuci sampai bersih. Kemudian paritlh samai halus, setelah itu masukanlah ke dalan 1 gelas ait hangat. Dan tambahkan lagi dengan sedikit garam dan aduk sampai tercampur semua. Setelah itu saringlah dan minumlah ramuan herbal tersebut secara rutin setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *