Penyebab Sakit Ginjal

Posted on

Ginjal adalah organ manusia yang berbentuk seperti kacang merah yang terdapat pada sisi tubuh bagian belakang atas, lebih tepatnya pada bagian bawah tulang rusuk manusia. Ginjal pada organ tubuh manusia ini memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam tubu.
  2. Menghasilkan enzim yang membantu mengatur tekanan darah.
  3. Menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.
  4. Mengatur kadar senyawa kimia dalam tubuh.
Penyebab Sakit Ginjal
Penyebab Sakit Ginjal

Ketika ginjal mengalami kerusakan maka metabolisme dalam tubuh dan cairan berlebih akan tertimbun dalam tubuh hengga pada akhirnya terjadi pembengkakan di bagian kaki, mengalami muntah-muntah, sesak nafas, lemas dan susah tidur. Kerusakan pada ginjal akan sangat berbahaya jika tidak ditangani, bahkan akan menyebabkan kematian.

Golongan Penyakit Ginjal Dibedakan Menjadi beberapa jenis :

  • Penyakit Ginjal Akut

Penyakit Ginjal Akut adalah ginjal secara tiba-tiba akan berhenti berfungsi.Dengan kondisi ginjal tidak berfungsi akan mengakibatkan kadar garam dan unsur kimia pada tubuh. sehingga organ tubuh yang lain juga akan terganggu dan tidak bekerja dengan baik.
Berikut ini adalah beberapa gejala yang muncul akibat ginjal akut :

  1. Dehidrasi
  2. Mual Dan Muntah
  3. Kebingungan
  4. Sakit perut dan nyeri pada pinggang

 

  • Gagal Ginjal Kronis

Gagal ginjal kronis adalah penurunan fungsi ginjal secara pertahap dan bersifat permanen.
Gejala orang yang mengalami gagal ginjal adalah :

  1. Sesak nafas
  2. Mual
  3. Kelelahan

Maka dari itu jika anda mengalami gejala seperti itu sebaiknya anda segera memeriksakan kedokter supaya dilakukan pemeriksaan melalui urine dan darah .

 

  • Infeksi Ginjal

Infeksi Ginjal adalah perpindahan bakteri dari kandung kemih yang menuju ke salah satu ginjal yang terdapat pada tubuh manusia.Bakteri tersebut terjadi katena adanya infeksi yang ada pada kandung kemih. Gaejala yang muncul akibat infeksi ginjal antara lain:

  1. Bau urine tidak seperti biasanya
  2. lebih sering kali bung air kecil dan sedikit teras sakit
  3. Perut bagian samping punggung akan terasa sakit.
  4. Demam atau terasa menggigil
  5. Terasa mual dan muntah-muntah
  6. Diare
  7. Nafsu makan berkurang

 

  • Batu Ginjal

Batu Ginjal adalah terbentuknya batu kecil dan keras pada salah satu atau kedua organ ginjal. Seseorang yang mengalami batu ginjal tidak akan merasa sakit terkecuali ketika iya akan mengeluarkan urine. Gejala batu ginjal mulai terasa jika batu bulai berukuran besar yang keluar dari ginjal dan menuju ke ureter dan menyebabkan pergesekan antara dinding ureter, disitulah akan terasa sedikit sakit. Gejala dari batu ginjal antara lain :

  1. Mual dan muntah
  2. Nyeri pada bagian perut, Punggung bawah sampai ke selangkangan.
  3. Susah untuk beristirahat
  4. Terasa sakit saat buang air kecil
  5. Warna urine keruh
  6. Bau urine menyengat

 

Penyebab Sakit Ginjal

  • Kurangnya cairan

Kurangnya cairan adalah faktor yang paling utama penyakit ginjal. disebabkan karena penderita kurang mengkonsumsi air mineral dan keseringan buang air besar yaitu lebih dari 3X dalam sehari. Apabila tidak diimbangi dengan minum dalam jumlah banyak maka dapat merusak ginjal dalam waktu cepat.

  • Makanan dan Minuman

Banyak jenis makanan dan minuman yang jika keseringan dikonsumsi oreh manusia, akan merusah jaringan yang ada dalam tubuh manusia. Seperti makanan yang dicampur dengan pemanis buatan Pengawet dan makanan yang mengandung unsur zat-zat kimia lainnya.

  • Pengaruh Obat-Obatan

Obat-obatan yang dijual di warung maupun yang melalui resep dokter juga dapat menyebabkan Kerusakan pada Ginjal anda. Maka anda lebih baik mengkonsimsi Vitamin yang herbal dibanding vitamin yang Instan.

  • Menyumbatnya Saluran Kencing

Menyumbatnya saluran kencing diakibatkan karena sering menahan ketika merasa ingin kencing. Akibat penyumbatan saluran kencing adalah penyebab penyakit ginjal terjadi.

  • Diabetes

Diabetes adalah penyebab ginjal yang paling utama. dikarenakan penderita mengalami lonjakan atau glukosa dalam darahnya. glikosa yang terlalu tinggi akan mengganggu fungsi ginjal untuk menyaring kotoran darah.

Mungkin itu saja informasi mengenai Penyakit Ginjal, semoga bermanfaat bagi semua , sekian dan terimakasih 🙂