Pilihan Makanan Sehat Untuk Diet

Posted on

Pilihan Makanan Sehat Untuk Diet – Berbagai jenis makanan sehat yang baik sekali bagi kesehatan tubuh yaitu jenis makanan yang sudah memenuhi standar 4 sehat 5 sempurna. Tentunya di dalam karegori tersebut ada banyak sekali jenis makanan sehat untuk diet. Standar tersebut juga berlaku untuk anda yang sedang melakukan diet sehat tapi membatasi kandungan zat yang ada di dalam makanan tersebut.

Dengan demikian kelebihan kandungan lemak di dalam tubuh dapat terbakat dan dapat menjadi energi, hal itu disebabkan akibat kekurangan beberapa kandungan zat yang dibutuhkan guna membakar kalori menjadi energi. Jenis makanan yang paling cocok untuk anda yang menginginkan tubuh menjadi langsing adalah sebagai beikut.

Menu Makanan Sehat Untuk Diet
Menu Makanan Sehat Untuk Diet

Jenis Makanan Dengan Kadar Karbohidrat Yang Rendah

jika mendengan dengan kata karbihidrat, pasti yang ada dipikar anda sudah pasti nasi putih. Hal tersebut memang benar nasi putih kaya akan kandungan karbohidratnya. Akan tetapi kandungan karbohidrat yang ada di dalam nasi putih sangat cepat sekali di serap oleh tubuh dan dalam jangka waktu yang tidak lama maka anda bisa merasa lapar lagi. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa anda jadikan sebagai pengganti nasi putik ketika anda sedang melakukan program diet sehat.

1. Beras Merah

beras merah ini memiliki kandungan serat yang tergolong sangat tinggi sekali yang sangat cock sekali untuk dikonsumsi anda yang sedang diet. Kandungan karbohidrat kompleks yang ada pada beras merah pun berbeda dengan yang ada pada beras putih. Kandungan karbohidrat kompleks yang ada di dalam beras merah membutuhkan jangka waktu yang lebih lama untuk dapat membakar kalori menjadi energi. Hal tersebut bisa membuat anda merasa kenyang dengan waktu yang agak lama. Mengkonsumsi 1 mangkuk beras merah sebagai pengganti makan malam bisa membuat anda semakin sehat dan bisa membuat anda tidur lebih nyenyak.

Kelebihan beras merah :

  • mengenyangkan dalam waktu yang lebih lama
  • menyehatkan
  • memiliki kandungan gizi yang lebih lengkap
  • tidak menimbulkan efek gemuk

selain hal tersebut, beras merah ini memiliki manfaat dapat melawan radikal bebas, dapat mencegah penyait jantung, menurunkan kadar kolestrol, menguatkan tulang, melewan kanker, mengontrol kadar gula darah, dan menjaga sistem saraf dalam tubuh. Kandungan gizi yang ada pada beras merah seperti kandungan vitamin, selium, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, dan kandungan gizi yang lainnya.

2. Gandum (Roti/Oatmeal)

jenis makanan yang satu ini memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama. Gandum ini bermanfaat bagus sekali untuk memperbaiki metabolisme tubuh menurut penelitian bahwa gandum ini bisa mengontrol berat badan jika di konsumsi dengan jangka panjang. Makanan ini juga snagat ampuh sekali dalam memenuhi asupan gizi ketika anda sedang melakukan diet tanpa takut dapat memberi efek gemuk.

Dengan mengganti sarapan menggunakan gandum pada saat anda sedang diet, maka bisa memberikan hasil yang sangat maksimal. Selain hal tersebut gandum ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh seperti dapat mencegah diabetes, menyehatkan jantung, melawan kanker payudara, mencegah penyakit asma, mengatasi peradangan, mengatsi penyakit empedu, mengatasi anemia, dan sangat baik untuk perkembangan otak.

Makanan ini juga memiliki unsur katalitik, mineral, kalsium, magnesium, potasium, vitamin B, vitamin E, dan yang lainnya. Sekarang sudah banyak sekali olahan makanan gandung yang sangat praktis yang bisa anda konsumsi dengan mudah.

3. Singkong

singkong merupakan salah satu makanan yang mamiliki kandungan karbohidrat dalam jumlah yang normal. Singkong ini sangat cocok sekali untuk dikonsumsi bagi anda yang sedang diet. Kandungan serat yang ada di dalam singkong bisa membuat anda merasa lebih kenyang lebih lama. Jadi anda tidak perlu merasa khawatir akan merasa lapar biarpun hanya mengkonsumsi singkong.

Sistem pencernaan juga bisa lancar, hal tersebut dikarenakan pada saat mengkonsumsi singkong kandungan serat di dalamnya bisa menyerap racun yang ada di dalam usus. Itu disebabkan kandungan serat pada singkong tidak mudah larut oleh air. Selain itu kandungan yang ada di dalam singkong juga bermanfaat dapat mengatasi berbagai penyakit seperti penyakit anemia, penyakit kanker, dan daunya bisa bermanfaat dapat mengatasi penyakit stroke.Berbagai kandungan yang ada di dalam singkong yaitu serat, protein, vitamin K dan B, kalium, magnesium, dan juga kandungan tembaga.

4. Jagung

mengkonsumsi jagung dirasa lebih sehat jika dibandingkan dengan mengkonsumsi nasi putih. Bahkan di beberapa negara jagung ini dijadikan sebagai pengganti nasi sebagai makanan pokok. Kandungan karbohidrat yang ada pada jagung sudah sangat cukup untuk memenuhi asupan karbohidrat yang di butuhkan oleh tubuh. Jika mengkonsumsi jagung ini untuk sarapan maka bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama serta dapat meurunkan berat badan. Selain itu juga bisa memperkuat tulang, otot menjadi sehat, menjaga saraf, dan kesehatan otak.

Jagung ini sangat cocok sekali untuk dikonsumsi ketika anda sedang diet. Perlu anda ketahui jengan mengolah jagung yang cara yang lain kecuali dengan cara di rebus dan diolah menjadi nasi. Karena jika cara mengelolahan jagung ini salah makan bisa membuat kamu tambah gemuk.

5. Kentang

kentang memiliki kandungan yang bermanfaat bisa menyerap lemak di dalam tubuh, oleh sebab itu kentang sangat baik sekali dikonsumsi untuk diet. Kandungan karbihidrat yang ada pada kentang mampu membuat kamu kenyang lebih lama. Untuk dijadikan sebagai menu makanan diet sebaiknya kentang diolah dengan cara direbus atau diolah menjadi bubur. Manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi kentang yaitu dapat mengurangi kadar kolesterol, menurunkan tekakan darah tinggi, mencegah kanker, lulang menjadi kuat, serta memperkecil risiko terkena batu ginjal.

6. Talas

talas meruakan salah satu jenis umbi umbian yang bermanfaat dapat menurunkan berat badan. Kandungan kalori yang rendah pada talas serta kandungan karbohidratnya bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama. Mengkonsumsi talas ini bisa menjadi salah satu sumber karbohidrat yang dapat memenuhi kebutuhan energi didalam tubuh. Selain itu juga sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. Selain dapat dijadikan sebagai pengganti makanan pokok, talas ini juga bisa dijadikan sebagai cemilan. Hal tersebut juga bisa bermanfaat dapat menurunkan berat badan anda ketika sedang diet. Mengkonsumsi talas ini selama 1 bulan sebagai pengganti nasi putih akan membuat berat badan menjadi turun sekitar 2-4 kg.

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi talas yaitu mencegah enyakit diabetes, daya tahan tubuh kuat, menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kolestrol, dan mencegah penyakit jantung.

7. Ubi Jalar

ubi jalar juga termasuk jenis makanan yang sangat sehat untuk dikonsumsi ketika sedang diet. Ubi sudah sangat terkenal sekali di indonesia sebagai makanan yang menyehatkan dan memiliki rasa yang agak manis dan lembut ketika dimakan. Ubi jalar ini memiliki kandungan gizi yang sudah cukup untuk memenuhi kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu ubi jalan jika dikonsumsi maka akan membuat anda merasa kenyang dalam waktu yang agak lama.

Ubi jalar ini juga memiliki manfaat yang baik sekali untuk kesehatan seperti dapat mencegah penyakit diabetes meningkatkan imun tubuh, menjaga kesehatan mata, dan bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Buah Sukun

buah yang satu ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Dengan mengkonsumsi buah sukun ini anda akan merasa cepat kenyang ketika melakukan diet. Biasanya buah sukun ini diolah menjadi kripik atau bisa digoreng. Buah sukun ini memiliki kadar karbohidrat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam tubuh anda ketika sedang melakukan diet. Hal tersebut dikarenakan buah ini tidah menimbulkan efek gendut.

9. Pasta

jika dalam porsi nasi putih memiliki kandungan kalori sebanyak 250 kalori, didalam pasta ini terkandung 100 kalori. Hal tersebulah yang membuat pasta ini menjadi salah satu makanan yang sangat cocok sekali dikonsumsi pada saat sedang diet. Asta ini juga dapat memberikan efek mengenyangkan yang lama. Jika ingin mengkonsumsi pasta sebaiknya jangan ditambahkan lagi dengan saus yang berlemak serta juga garam. Kandungan karbohidrat yang ada pada pasta meruakan jenis karbohidrat kompleks yang lama diserap olah tubuh.

Baca Juga @ Buah Sirsak Untuk Program Diet Sehat Anda

Jenis Buah Buahan Yang Baik Untuk Diet

1. Jeruk Lemon

jeruk lemon ini merupakan buah buahan yang baik dikonsumsi ketika sedang diet. Mengkonsumsi perasan jeruk lemon yang telah dicampurkan dengan air hangat dipagi hari dipercaya oleh para ahli gizi dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Kandungan vitamin C yang ada didalam jeruk lemon bisa memicu reaksi kimia didalam tubuh dan bisa membakar lemak. Jeruk lemon ini juga bisa membuat usus anda menjadi lebih sehat. Selain itu kandungan serat dan juga zat lainnya bisa membuat anda merasa kenyang labih lama.

2. Pepaya

pepaya mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi sekali. Hal tersebut bisa membuat sistem pencernaan anda lebih sehat saat melakukan diet. Buah yang satu ini sangat rendah sekali dengan kalori, hal ini sangat cocok sekali untuk dikonsumsi untuk makanan pendamping saat diet.

3. Pear

buah pear memiliki kandungan serat yang bisa membuat anda merasa kenyang labih lama. Selain itu buah ini juga bisa menghambat penyerapan gula sehingga gula darah dalam tubuh anda tetap stabil.

4. Apel

sama seperti buah pear, buah apel juga memiliki kandungan serat yang bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama. Sebaiknya jika anda sedang melakukan diet untuk mengkonsumsi apel hijau. Hal itu dikarenakan apel hijau memiliki kandungan serat yang lebih tinggi. Buah apel juga memiliki kandungan air yang bermanfaat dapat membuat lambung anda menjadi renggang sehingga tidak mudah merasa lapar.

5. Pisang

zat pati resisten pada buah pisang bisa membuat harus membakar lemak lebih banyak untuk menghasilkan energi. Buah pisang ini juga bisa menurunkan napsu makan karena anda akan merasa kenyang terus menerus.

6. Alpukat

buah alpukan merupakan salah satu jenis buah buahan yang sangat sehat dikonsumsi ketika sedang diet. Mengkonsumsi buah ini menurut para ahli bisa menghilangkan lemak jenuh. Buah alpukat juga memiliki kandungan serat yang bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama.

7. Blueberry

kandungan khusus pada buah buahan yang satu ini bisa membantu tubuh untuk membakar lemak. Sebuah penelitian di texas mengatakan bahwa buah ini bisa membakar lemak yang pada tubuh sebanyak 70% jika diberikan pada jumlah kadar yang tinggi maka mengontrol rasa lapar dan juga napsu makan.

8. Tomat

buah tomat ini bermanfaat bisa membuat perut menjadi ramping. Kandungan likopen yag ada didalamnya bisa membuat anda merasa kenyang dan bisa menekan hormon ghlerin pemicu timmbulnya rasa lapar. Vitamin C pada tomat juga lebih baik dari pada jeruk.

9. Mangga

berbagai kandungan nutrisi yang ada pada buah mangga bisa memenuhi kebutuhan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan yang ada pada buah ini juga bisa mencegah radikal bebas dan juga mencegah penyakit kanker. Kadar kolesterol didalam tubuh juga bisa turun jika mengkonsumsi buah yang satu ini ketika sedang diet.

10. Kelapa

mengkonsumsi air kelapa secara rutin pada saat diet dipercaya bisa menurunkan berat badan secara alami. Selain itu juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Kandungan pada kelapa bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan juga dapat menjaga tekanan darah ketika sedang diet.

11. Bit

belum banyak masyarakat yang mengenal buah buahan yang satu ini, mungkin karna buah yang satu ini sangat sulit untuk ditemukan. Padahal buah bit ini bisa bermanfaat untuk menjaga stamina bagi anda yang sedang diet. Manfaat lain dari mengkonsumsi buah ini ketika diet yaitu dapat mencerahkan kulit tubuh.