Sakit Diare – Infeksi / Non Infeksi dan Pengobatanya

Posted on

Diare merupakan salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan adanya perubahan fases yang menjadi lebih lembek atau juga bisa cair. Orang yang sedang menderita diare ini akan bolak balik ke toilet karena adanya rangsangan untuk terus menerus buah air besar (BAB). Penyakit diare pada umumnya akan sembuh dengan sendirinya jika fasesnya sudah mengeras atau sudah berubah menjadi normal seperti sediakala dan tidak ada lagi cairan yan berlabihan.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab datangnya diare, diantaranya yaitu sebagai berikut

Infeksi

infeksi merupakan salah satu faktor penyebab datangnya penyakit diare. Ada banyak sekali jenis infeksi yang bisa menyebabkan diare berbagai jenis infeksi tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Infeksi internal – infeksi jenis ini biasa terjadi pada saluran pencernaan, apa bila sistem pencernaan terkena infeksi jenis ini maka bisa menimbulkan penyakit diare.
  • Inveksi baktari – adanya bakteri juga bisa menyebabkan terjadinya infeksi. Bakteri ini juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya diare.
  • Virus – virus yang ada disekitar kita juga bisa menjadi faktor terjadinya diare, virus tersebut juga bisa menginfeksi tubuh dan saluran pencernaan seseorang.
  • Parasit – adanya parasit seperti jamur, cacing, dan juga protozoa bisa menyebabkan terjadinya infeksi dan infeksi tersebut juga bisa menyebabkan terjadinya diare.
  • Parental – infeksi jenis ini mungkin terdengar asing, hal ini dikarenakan masih sedikit orang yang mengalami infeksi ini. Infeksi jenis ini juga bisa menyebabkan diare.

Non infeksi

selain itu juga ada banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya diare yang disebabkan selain infeksi. Faktor penyebab tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Alergi – adanya alergi juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya diare. Alergi yang paling dominan penyebab diare yaitu aalergi terhadap janis makanan yang dikonsumsi. Misalnya saja seperti alergi susu dan juga protein.
  • Adanya gangguan – adanya gangguan di dalam tubuh anda juga bisa menyebabkan terjadinya diare. Gangguan tersebut seperti gangguan metabolik dan juga gangguan malabsorbsi.
  • Adanya penyakit usus – adanya peyakit usus juga bisa mempengaruhi terjadinya diare.
  • Psikologis – faktor fsikologis juga bisa menjadi faktor terjadiny diare. Misalnya rasa cemas dan juga ketakutan yang berlebihan.
  • Kurangnya asupan nutrisi – kekurangan asupan nutrisi juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab diare. Misalnya kekurangan kandungan nutrisi seperti serat dan juga yang lainnya.

Pada saat diare ini terjadi masih dalam tahap yang ringan, maka secaiknya anda segera mencari cara untuk mengatasinya dengan tepat dan juga aman. Jangan sampai diare yang sedang anda derita saat ini berubah menjadi penyakit kronis dan akut. Jika diare tersebut sudah berubah menjadi akut maka bisa menyebabkan orang tersebut harus dirawat dirumah sakit. Nah, berikut ini ada beberapa penjelasan tentang cara mengobati diare yang harus anda ketahui. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

Sakit diare dan Cara Pengobatanya
Sakit diare dan Cara Pengobatanya

1. Perbanyak minum air putih

mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare hukunya sangat wajib. Minumlah air putih sebanyak mungkin agar terhindar dari terjadinya dehidrasi. Meskipun nantinya muntah, tetapi hal tersebut akan lebih baik dari pada tidak sama sekali. Dan anda juga perlu menghindari jenis makanan seperti jus buah dan juga minuman bersoda karena hal terbut malah bisa menambah buruk diare terutama pada anak anak.

2. Mengkonsumsi jenis makanan yang mudah dicerna

banyak para pakar yang telah menyarankan untuk mengkonsumsi jenis makanan padat dan juga rendah serat ketika seseorang sedang diare. Tetapi jika anak mengalami dihidrasi sebaiknya jangan memberikan jenis makanan berat terlebih dulu. Cobalah dengan memberikan cairan sevanyak mungkin hingga tanda dari dehidrasi menghilang dan napsu makan kembali mormal.

Selain itu porsi makan juga harus diatur tidak boleh terlalu besar, dan hindarilah jenis makanan yang susah untuk dicerna. Misalnya yaitu jenis makanan pedas, berlemak, berminyak dan juga manis. Ada beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika sedang diare yaitu seperti roti, ayam, biskuit, telur, dan juga nasi putih.

3. Mejaga kebersihan

menjaga kebersihan merupakan salah satu cara yang bisa mengobati diare yang sangat ampuh. Menjaga kebersihan bisa anda mulai dengan selalu menjaga kebersihan badan anda. Jika tubuh anda selalu dalam keadaan bersih dan terhindar dari berbagai bakteri dan virus makan diare pun akan segera sembuh.

4. Mengkonsumsi makanan dalam keadaan bersih

adanya gaya hidup yang tidak sehat seperti misalnya makan sembarangan juga bisa menjadi salah satu faktor terjadinya diare. Oleh karena hal itu, merubah gaya hidup yang lebih sehat serta mengkonsumsi makanan yang bersih maka tubuh kita akan terhindar dari berbagai bakteri dan virus penyebab diare.

5. Mengkonsumsi yogurt

yogurt ini juga bisa digunakan sebagai obat diare. Bagi orang yang yang sedang menderita diare apa saja yang di konsumsi pasti akan langsun dikeluarkan. Dengan menkonsumsi yogurt maka bakteri dan juga virus penyebab diare bisa dibunuh. Hal itu dikarenakan didalam yogurt terdapat bakteri yang bersifat baik dan bisa membunuh berbagai bakteri jaha yang ada dalam sistem pencernaan anda. Selain itu yogurt ini juga merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan kalsium yang tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh.

6. Cukup istirahat

penderita diare pada umumnya akan bbolak balik ke kamar mandi. Jika hal tersebut terjadi pada anda maka segeralah beristirahan dengan cukup. istirahat dengan cukup ini bisa bermanfaat bagi sel untuk memperbaiki dirinya. Dengan demikian diare akan segera sembuh.

7. Mengkonsumsi jambu biji

jambu biji merupakan salah satu jenis buah buahan yang sudah lama dipercaya ampuh mengatasi masalah diare. Namun sayangnya, masih banyak sekali masyarakat yang belum mengetahui kandungan apa yang dapat membuat jambu biji ini bisa mengobati masalah diare. Setelah diteliti teryata jembu biji ini mengandung tannin yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan juga virus di dalam sistem pencernaan kita.

8. Mengkonsumsi sereal

makanan sereal yang tebuat dari bahan tepung topioka bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah diare. Tepung topioka juga bisa dicerna dengan mudah bagi penderita diare jika dibandingkan dengan jenis makanan yang lainnya. Sereal ini juga bisa diberika pada anak ketika anak mengalami diare.

9. Mengkonsumsi teh kental yang pahit

selain jambu biji teh kental yang pahit sebenarnya juga memiliki kandungan tannin yang tergolong cukup tinggi, sehingga bisa di manfaatkan sebagai obat diare. Obat diare yang terbuat dari teh kental pahit ini sudah di percaya dapat mengobati diare sejak lama sekali. Akan tetapi tidak banyak orang yang mengetahui hal terasebut.

10. Mengkonsumsi obat

obat diare kini sudah banyak sekali terjual di toko maupun diapotik. Anda tinggal memilih jenis obat diare yang cocok untuk dikonsumsi anda. Sebaiknya minum obat diare ini jika anda benar benr membutuhkanya dan jangan terlalu sering menggunakan obat kimia untuk mengatasi diare.