Sejuta Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Daun kenikir atau yang juga sering di kenal sebagai daun ulam raja ini merupakan jenis tanaman sayur sayuran, dan juga sudah cukup banyak orang orang yang memanfaatkannya sebagai campuran sayur. Ternyata di sisi lain daun kenikir selain dapat di jadikan sebagai campuran sayuran atau masakan, daun kenikir juga dapat di manfaatkan dan diolah sebagai bahan obat obatan alami atau herbal, yang dapat bermanfaat sekali untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat Daun kenikir Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Daun kenikir Untuk Kesehatan Tubuh

Cukup banyak sekali jenis penyakit yang dapat di sembuhkan dengan cara mengolah daun kenikir ini dengan berbagai cara. Mulai dari merebus daun kenikir tersebut dan juga mengambil sari dari daun kenikir itu sendiri. Daun kenikir juga dapat bermanfaat untuk menyembuhkan luka, yaitu dengan cara menumbuk daun kenikir lalu mengoleskan tumbuhan tersebut kebagian yang luka. Meskipun dengan cara di rebus, hal tersebut tidak akan mengurangi atau dapat menghilangkan manfaat dan juga khasiatnya.

Ada beberapa kandungan yang ada di dalam daun kenikir, diantaranya yaitu kandungan saponin, kandungan flafonoid, kandungan terpenoit, kandungan mineral, kandungan tokoferol, kandungan polifenol, kandungan kalsium, kandungan kuersetin, kandungan Hidroksieugenol, dan juga kandungan kandungan lainnya.

Dengan begitu banyaknya kandungan yang terkandung di dalam daun kenikir, maka tidak heran lagi jika daun kenikir ini tidak hanya bisa di manfaatkan masakan saja. Para ahli herbal juga sudah memanfaatkan daun kenikir ini untuk membuat ramuan ramuan obat yang berguna untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini ada beberapa manfaat kandungan daun kenikir untuk kesehatan tubuh, di antaranya yaitu:

  1. Dapat bermanfaat untuk mengobati kanker

Kandungan yang ada di dalam daun kenikir seperti kandungan flavonoid serta juga kandungan saponin memang sangat bermanfaat sekali sebagai pemutus mata rantai pada sel kanker. Jadi dengan banyak mengkonsumsi ekstrak dari daun kenikir ini maka akan bermanfaat sekali untuk mencegah tumbuhnya sel kanker yang ada di dalam tubuh kita. Mulai dari sel kanker payudara dan juga sel kanker lainnya.

  1. Dapat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan banyaknya jumlah kandungan yang ada di dalam daun kenikir maka kebutuhan akan kandungan nutrisi dalam tubuh kita akan semakin tercukupi. Dan juga secara tidak langsung dapat membangun sistem imun di dalam tubuh. Dengan hal tersebut tubuh kita menjadi tidak gampang terserang berbagai penyakit.

  1. Bermanfaat sebagai anti radikal bebas

Radikal bebas yang biasanya dapat di hasilkan dari polusi udara yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Mulai dari jenis penyakit ringan contohnya seperti penyakit pada kulit dan juga hingga penyakit kanker. Hal tersebut dapat kita cegah jika kita mau mengkonsumsi daun kenikir baik yang di buat seperti minuman atau juga dapat kita konsumsi secara langsung sebagai lalapan.

  1. Dapat bermanfaat untuk mengobati lemah jantung

Kandugan yang ada di dalam daun kenikir seperti kandungan flavonoid dan kandungan lainnya akan bermanfaat dan juga berfungsi sebagai zat anti-oksidan yang pada akhirnya dapat memperbaiki sel sel yang telah rusak. Dan kandungan senyawa tersebut juga bermanfaat melancarkan peredaran darah terutama pada area jantung. Dengan demikian maka dapat menguatkan otot otot pada jantung dan juga jantung pun juga akan menjadi semakin sehat.

  1. Dapat mengobati maag

Pola makan yang tidak teratur dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit maag. Serta juga terlalu tingginya kandungan asam yang ada di dalam lambung. Dengan cara banyak mengkonsumsi daun kenikir maka dapat bermanfaat untuk menetralkan asam lambung serta juga dapat mengobati luka yang ada di dalam dinding lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *