Tanda Tanda Sakit Ginjal

Posted on

Ginjal adalah dua buah organ berbentuk menyerupai  kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia. Ginjal yang sebesar kepalan tangan orang dewasa ini memiliki fungsi:

Tanda Tanda Sakit Ginjal
Tanda Tanda Sakit Ginjal
  • Menyaring ampas metabolisme tubuh, hasil sampingan, dan cairan berlebih dari darah.
  • Menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam tubuh.
  • Menghasilkan renin, yaitu enzim yang membantu mengatur tekanan darah.
  • Menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Menghasilkan senyawa eritropoetin yang berfungsi menstimulasi produksi sel darah merah.
  • Mengatur kadar senyawa kimia dalam tubuh yang akhirnya membantu jantung dan otot-otot bisa berfungsi dengan baik.

Amerika Serikat memiliki lebih dari 26 juta orang dewasa yang hidup dengan penyakit ginjal. Mirisnya, hampir 90 persen dari mereka tidak mengetahui tanda tanda penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan orang-orang dengan penyakit ginjal cenderung tidak mengalami gejala sampai tahap yang paling parah.

Penyakit Ginjal Akut

Penyakit ginjal akut adalah kondisi ginjal yang secara tiba-tiba berhenti berfungsi. Jika kondisi ini tidak segera ditangani mengakibatkan kadar garam dan unsur kimia yang abnormal di dalam tubuh. Keadaan ini membuat organ lain terpengaruh dan tidak bisa bekerja dengan baik. Berikut ini adalah gejala yang umumnya muncul akibat penyakit ginjal akut, antara lain:

  • Mual dan muntah
  • Dehidrasi
  • Sakit perut dan sedikit nyeri pinggang belakang
  • Tekanan darah tinggi
  • Kebingungan
  • Penimbunan cairan di beberapa bagian tubuh atau edema

 

Berikut ini tanda-tanda sakit ginjal :

Pergelangan kaki dan kaki bengkak

Fungsi ginjal dapat menurunkan menyebabkan retensi natrium, menyebabkan pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. Pembengkakan pada ekstremitas bawah juga bisa menjadi tanda penyakit jantung, penyakit hati, dan masalah vena kronis pada kaki.

Urin berbusa

Gelembung berlebihan dalam urin terutama saat Anda menyiram toilet bisa menunjukkan protein dalam urin. Protein yang umum ditemukan dalam air seni adalah albumin, protein yang sama seperti dalam telur.

Mengalami kram otot

Ketidakseimbangan elektrolit dan kram dapat disebabkan oleh gangguan fungsi ginjal. Kadar kalsium yang rendah dapat menyebabkan kram otot.

Anda mengalami kesulitan tidur

Ketika ginjal tidak bekerja dengan benar, racun akan menetap di dalam darah. Hal itu bisa membuat Anda sulit untuk tidur. Penyakit ginjal punya hubungan antara obesitas dan penyakit ginjal kronis, bahkan apnea tidur akan lebih sering terjadi pada orang-orang mengidap penyakit ini.

Kencing berdarah

Ginjal yang sehat adalah ginjal yang bisa menjaga sel-sel darah dalam tubuh ketika menyaring limbah dari darah untuk membuat urin. Namun, ketika ginjal rusak, sel-sel darah ini bisa “bocor” keluar ke dalam urin. Selain tanda penyakit ginjal, kencing berdarah juga dapat menjadi indikasi tumor, batu ginjal, atau infeksi.

nafsu makan yang buruk

Ini adalah gejala yang sangat umum. Tapi penumpukan racun yang dihasilkan dari penurunan fungsi ginjal bisa menjadi salah satu penyebab.

Anda mengalami bengkak di sekitar mata

Protein dalam urin merupakan tanda awal bahwa filter ginjal telah rusak yang memungkinkan protein bocor ke dalam urin. Bengkak di sekitar mata Anda bisa diakibatkan karena sejumlah protein dalam urin mengalami kebocoran.

Buang air kecil lebih sering

Sering buang air kecil terutama pada malam hari bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Ketika filter ginjal rusak, dapat menyebabkan peningkatan dorongan untuk buang air kecil. Sering buang air kecil juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

Anda memiliki kulit kering dan gatal

Ginjal yang sehat bisa bekerja menghilangkan limbah dan cairan ekstra dari tubuh Anda, membantu membuat sel-sel darah merah, menjaga tulang kuat, dan bekerja untuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat dari dalam darah.

Anda lebih lelah dan sulit berkonsentrasi

Penurunan berat pada fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini akan berujung pada melemahnya daya tahan tubuh. Anda akan merasa lebih lelah, lemah, dan sulit berkonsentrasi. Tak hanya itu, penyakit ginjal juga bisa membawa Anda untuk menderita anemia yang juga dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

Kulit Kering Dan Gatal

Kulit kering dan gatal dapat menjadi tanda dari penyakit kurangnya mineral. Bila ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan yang tepat dari mineral dan nutrisi dalam darah, makan Anda akan mengalami kulit kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *