Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Pertama Agar Ibu Dan Janin Tetap Sehat

Posted on

Tips menjaga kesehatan kehamilan sebenarnya tidak hanya untuk memastikan agar janin tetap sehat, namun juga untuk sang ibu. Ketika dokter menyatakan bahwa anda hamil, tentu momen ini begitu membahagiakan terutama jika ini pertama kali untuk anda. Untuk itu, ada berbagai hal yang harus anda lakukan agar kesehatan tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan cara mengonsumsi makanan bergizi.

Apakah makanan bergizi dan susu untuk ibu hamil saja sudah cukup? Tentu saja tidak. Ada beberapa hal yang harus anda lakukan supaya kandungan anda tetap sehat dan kondisi fisik anda tetap prima. Apalagi, pada trimester pertama adalah masa yang paling krusial untuk tumbuh kembang janin. Itulah mengapa, anda harus melakukan hal-hal berikut sejak trimester pertama.

Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Pertama Agar Ibu Dan Janin Tetap Sehat
Tips Menjaga Kesehatan Kehamilan Pertama Agar Ibu Dan Janin Tetap Sehat

1. Periksa Kondisi Janin Dan Kesehatan Anda Pada Dokter Kandungan Secara Rutin

Dokter kandungan adalah salah satu tenaga medis yang sangat membantu anda. Untuk itu, sering-seringlah anda berkunjung ke klinik atau puskesmas terdekat ketika mengalami berbagai keluhan saat hamil. Anda juga dapat berkonsultasi bagaimana dan langkah terbaik apa yang penting untuk menjaga anda dan janin supaya tetap sehat. Tanyakan pula aktifitas apa saja yang aman untuk riyawat kesehatan yang anda miliki. Dokter juga akan selalu rutin mengukur berat badan, memeriksa tekanan darah dan juga memeriksa kondisi kesehatan anda.

Setelah memeriksakan kondisi kehamilan dan kesehatan anda pada dokter, pastikan pula bahwa anda mengikuti anjuran dokter. Tidak sedikit ibu hamil yang malah kurang memperhatikan berbagai resep obat yang diberikan oleh dokter. Misalnya, tidak mengonsumsi obat tambah darah atau asam folat yang diberikan oleh dokter. Tentu saja, hal ini sebaiknya jangan sampai terjadi karena dokter memberikan obat-obat tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan agar anda dan janin tetap sehat. Tips menjaga kesehatan kehamilan ini sangat penting dan jangan sampai diabaikan.

2. Asam Folat Harus Dicukupi

Tips menjaga kesehatan kehamilan selanjutnya adalah dengan memperhatikan kebutuhan asam folat. Asam folat bekerja untuk melindungi janin, mencegah adanya kelainan otak serta mencegah masalah sumsum tulang belakang. Saat hamil, seorang wanita akan membutuhkan hingga 400 mcg setiap hari. Asam folat juga dapat dipenuhi dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu. Misalnya saja, anda bisa mengonsumsi buah jeruk, brokoli, asparagus, dan juga bayam.

3. Jangan Merokok

Bukan hanya rokok, asap rokok di rumah sebaiknya juga dihindari. Faktanya, asap rokok bukan hanya membahayakan janin, tapi juga anda yang merupakan calon ibu. Asap rokok dapat memicu janin memiliki kondisi berat badan rendah ketika lahir. Sedangkan untuk ibu hamil yang merupakan perokok, maka ia akan memiliki resiko seperti keguguran.

4. Jangan Sembarangan Mengonsumsi Obat-Obatan

Ketika anda sakit kepala, flu, atau apapun yang terjadi karena perubahan hormone ketika hamil, maka sebaiknya anda pergi ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Cara ini lebih baik ketimbang anda pergi ke warung dan membeli obat-obatan yang dijual bebas. Menggunakan obat-obatan tertentu tanpa ada saran dan petunjuk dari dokter tentu dapat membahayakan kondisi anda dan janin. Berbeda jiak anda periksa di rumah sakit atau puskesmas dimana tenaga ahli tahu apa saja obat yang aman untuk ibu hamil.

Jika anda merasa gampang sakit, badan terasa lemah ketika sedang hamil atau memiliki keluhan lainnya, tips menjaga kesehatan kehamilan adalah dengan meminta multivitamin atau resep tambahan pada dokter. Kemudian, jika anda memilki riwayat kesehatan tertentu, sebaiknya ceritakan pada dokter. Hal ini penting agar penanganan kesehatan untuk anda dan janin dapat dilakukan secara tepat. Jika anda memiliki alergi tertentu, sebaiknya dokter kandungan anda harus mengetahui hal tersebut.

5. Perhatikan Asupan Makanan

Makanan akan diolah oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin. Sehingga, ketika hamil, anda harus bisa memperbaiki pola makan. Kemudian, pastikan pula bahwa anda mengonsumsi menu yang seimbang. Ketika hamil di trimester pertama, makanan yang dibutuhkan tidak perlu yang banyak kalori. Bahkan untuk ibu hamil, makanan yang diolah dengan olahan setengah matang atau dimakan mentah tidak dianjurkan. Sebab, bakteri pada olahan makanan tersebut lebih rentan menyerang. Untuk itu, hindari makan makanan telur setengah matang, kerang mentah, atau lainnya.

Untuk anda yang doyan makan makanan yang instan, sebaiknya hentikan kebiasaan yang seperti ini. Hal ini juga penting untuk diperhatikan bahwa ibu hamil tidak boleh meminum minuman beralkohol atau bersoda. Makanan dan minuman yang seperti ini tidak memiliki nilai nutrisi yang baik sehingga tidak akan bagus untuk kesehatan anda dan janin jika terus dilakukan.

Jika anda tidak suka dengan sayuran atau pilih-pilih memakan buah, sebaiknya pertimbangkan kembali. Ketika hamil, kondisi ini membutuhkan lebih banyak sayuran dan buah-buahan. Sebab, sayuran dan buah-buahan adalah sumber nutrisi yang paling baik supaya kebutuhan nutrisi pada masa kehamilan bisa terpenuhi.

Bila perlu, anda juga bisa memulai mengajak pasangan untuk sama-sama mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Hal penting lainnya tentang asupan makanan dan minuman adalah dengan memperbanyak minum air putih sekitar 8 gelas setiap hari. Hal ini penting karena saat hamil sebaiknya tubuh tidak dehidrasi.

6. Kendalikan Morning Sickness

Memang, beberapa penelitian menunjukkan bahwa morning sickness hanyalah sebuah mitos. Akan tetapi, morning sickness benar-benar terjadi pada banyak ibu hamil, terutama pada trimester pertama. Morning sickness ditandai dengan rasa mual, bahkan muntah sepanjang hari. Bahkan, kondisi ini terjadi begitu buruk terutama saat pagi hari. Tips menjaga kesehatan kehamilan pada kondisi seperti ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang memiliki protein tinggi seperti keju, biskuit, daging, atau juga susu untuk ibu hamil. Alternatif lainnya yang dapat dicoba adalah air jahe atau jus buah. Nah, ketika kondisi tersebut begitu sulit dikendalikan, muntah yang tidak reda, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter.

7. Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga sangat penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Selain untuk menjaga agar kondisi badan tetap sehat, ibu hamil yang rutin berolahraga ringan tidak akan mudah terserang penyakit. Bukan hanya itu, olahraga akan mendukung agar metabolisme tubuh tetap membaik, sehingga tidak mudah mengalami gangguan seperti morning sickness atau keluhan umum seputar kehamilan.

8. Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Selain Tips menjaga kesehatan kehamilan di atas, sangat penting bagi anda untuk menambah wawasan tentang kehamilan. Oleh karena itu, anda wajib mencari informasi sebanyak mungkin tentang kehamilan. Misalnya saja, anda bisa membaca buku, mencari informasi di Internet, bergabung dengan kelas ibu hamil, atau lainnya. Sumber-sumber yang dapat dipercaya secara ilmiah akan membantu membuka wawasan anda. Jangan sampai anda hanya bergantung pada omongan orang.

9. Hindari Kontak Dengan Bahan Kimia

Ketika hamil, ada banyak bahan kimia yang harus kita hindari untuk kontak langsung. Hal ini dikarenakan bahan-bahan tersebut dapat membahayakan kandungan. Beberapa bahan-bahan kimia yang wajib anda hindari ketika hamil adalah pembersih keramik, pembersih lantai, atau bahan lainnya yang beraroma keras.

10. Jaga Kebersihan

Tips menjaga kesehatan kehamilan terakhir adalah menjaga kebersihan, terutama kebersihan mulut. Ketika hamil, mulut dan gigi harus diperhatikan karena merupakan tempat yang mudah tertular oleh bakteri atau virus.

Demikian informasi tentang apa saja tips menjaga kesehatan kehamilan pertama untuk anda agar anda dan janin tetap sehat. Semoga bermanfaat!