Tips, Penyebab & 11 Bahaya Asam Urat Bagi Tubuh

Posted on

Bahaya asam urat  –Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang umumnya terjadi di bagian -bagian persendian pada tubuh anda. Penyakit asam urat ini bisa terjadi dikarenakan terlalu banyak kandungan purine di dalam tubuh. Kandungan zat purine yang berlebihan tersebut gagal di cerna oleh tubuh dan juga di keluarkan oleh organ ginjal. Pada saat kandungan zat purine tersebut gagal di cerna oleh tubuh dan juga di keluarkan oleh organ ginjal, maka kandungan zat purine tersebut bisa mengkristal dan juga bisa menempel pada persendian anda. Selain itu kandungan zat purine tersebut juga bisa menumpuk pada bagian persendian anda, sehingga hal tersebut bisa menghambat kinerja persendian dan juga bisa menimbulkan penyakit asam urat.

Tips, Penyebab & Bahaya Asam Urat Bagi Tubuh
Tips, Penyebab & Bahaya Asam Urat Bagi Tubuh

Penyebab terjadinya penyakit asam urat

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan tubuh seseorang terkena penyakit asam urat yang tinggi pada tubuhnya. Beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit asam urat tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Gaya hidup

Gaya hidup yang kurang sehat seperti contohnya makan makanan yang memiliki kandungan zat purine yang terlalu tinggi. Hal tersebut juga bisa mempengaruhi meningkatnya risiko seseorang dalam menderita penyakit asam urat ini.

  • Faktor genetik

Penyakit asam urat ini juga sering sekali di kaitkan dengan adanya faktor keturunan juga. Di mana seseorang bisa dengan mudah terkena penyakit asam urat ini apabila orang tersebut memiliki garis keturunan memiliki penyakit asam urat ada anggota keluarganya.

  • Jenis kelamin

Para kaum pria ternyata memiliki risiko bisa mengalami penyakit asam urat yang lebih tinggi di bandingkan dengan kaum wanita.

Setelah kita sudah mengetahui faktor -faktor yang bisa menimbulkan terjadinya penyakit asam urat yang tinggi, maka kita juga harus mengetahui bahaya dan juga dampak yang bisa di timbulkan oleh penyakit asam urat ini. Berikut ini ada beberapa dampak dan juga bahaya penyakit asam urat bagi kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Rasa nyeri dan juga rasa sakit yang parah pada persendian

Asam urat yang tergolong sanga tinggi, yang sudah gagal di cerna oleh tubuh seharusnya di keluarkan oleh organ ginjal. Jika hal tersebut tidak di keluarkan maka bisa mengendap dan juga bisa membentuk kristal -kristal asam urat yang sangat runcing sekali dan juga bisa menempel di bagian persendian anda. Hal tersebut lah yang bisa menyebabkan terjadinya rasa yang sangat sakit dan juga rasa nyeri yang berlebihan ketika tubuh anda menggerakan bagian tubuh yang di tempeli kandungan tersebut.

2. Dapat menghambat aktivitas anda

Rasa sakit yang sangat berlebihan dan juga nyeri yang terjadi di bagian persendian anda bisa sangat mengganggu anda dalam melakukan sebuah aktivitas sehari harinya. Bayangkan saja ketika tubuh kita bergerak namun tubuh kita malah merasakan sakit yang luar biasa pada bagian persendian anda. Pasti tubuh anda akan sangat susah untuk di gerakan dan pada akhirnya hal tersebut bisa mengganggu aktivitas anda dan juga aktivitas anda bisa terbengkelai serta juga terhambat.

3. Acidosis metabolik

Acidosis Metabolik adalah suatu kondisi di mana organ ginjal anda sulit melakukan pembuangan kandungan asam urat yang ada di dalam tubuh. Sehingga akhirnya kandungan asam urat tersebut bisa mengendap dan juga menumpuk serta juga bisa menempel pada bagian persendian anda. Kondisi Acidosis Metabolik ini bisa meningkatkan frekuensi dari pengambilan napas. Yang pada akhirnya bisa membuat keadaan seperti berikut:

  • Membuat napas anda menjadi tersengal sengal
  • Timbul rasa pusing
  • Tubuh mudah lemas
  • Hingga hilangnya kesadaran yang bisa berujung pada kematian

Acidosis Metabolik ini bisa terjadi ketika tubuh anda memiliki kandungan purine dalam jumlah yang terlalu tinggi. Hal tersebut juga bisa meningkatkan kandungan asam urat yang melebihi standar yaitu sekitar 7 mg / dl.

4. Timbulnya penyakit batu ginjal

Bahaya dan juga dampak penyakit asam urat yang sangat tinggi dan juga berlebihan kandungan asam urat pada kandungan urine bisa menyebabkan terjadinya penyakit batu ginjal. Hal tersebut bisa di sebabkan kerana adanya kondisi asam urat yang sudah menumpuk dan menempel pada tubuh dan pada akhirnya bisa menjadi penyakit batu ginjal. Hal tersebut juga bisa menyumbat bagian saluran urine pada tubuh anda. Dari hal tersebut juga bisa berakibat tubuh anda bisa merasakan nyeri ketika pada saat anda buang air kecil.

Ginjal Lainnya

5. Timbulnya penyakit gagal ginjal

Kandungan asam urat yang sudah terlalu tinggi di dalam tubuh anda, bisa menumpuk dan juga bisa mengkristal dan kemudian bisa menghambat kinerja organ ginjal anda. Selain hal tersebut, ketidak mampuan organ ginjal untuk dapat mencerna dan juga mengeluarkan kandungan asam urat yang ada di dalam tubuh maka bisa berakibat sangat fatal. Hal tersebut bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya seperti salah satunya munculnya gejala penyakit gagal ginjal. Hal tersebut juga tentunya bisa sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh anda, terutama bagi anda yang menderita asam urat yang sudah sangat tinggi.

6. Munculnya pirai

Pirai adalah di mana kondisi tubuh seseorang mengalami rasa nyeri yang sangat luar biasa dan juga sangat mengganggu yang terjadi di bagian sendi -sendi kecil serta juga di bagian telapak kaki orang tersebut. Hal tersebut merupakan salah satu dampak umum yang telah terjadi ketika tubuh seseorang mengalami asam urat. Semakin banyak kandungan protein hewani yang telah di konsumsi, maka tubuh bisa memproduksi kandungan asam urat yang lebih banyak pula. Hal tersebut juga bisa memicu terjadinya penumpukan dan juga bisa mengakibatkan rasa nyeri yang sangat luar biasa tidak tertahankan.

7. Memicu terjadinya penyakit jantung koroner

Kandungan asam urat yang sudah tinggi atau juga Hiperurkemia mempunyai hubungan yang sangat erat sekali dengan jenis penyakit seperti jantung koroner ini. Penyakit jantung koroner ini mempunyai satu sindrom yang bisa menyebabkan adanya kelainan pada bagian insulin. Di mana hal tersebut bisa meningkatkan kandungan insulin di dalam darah. Serta juga bisa menyebabkan terjadinya hipertensi dan pada akhirnya berujung pada terjadinya gejala penyakit jantung koroner.

8. Kerusakan pada sendi

Kerusakan yang terjadi pada sendi merupakan dampak dan juga bahaya adanya penyakit asam urat. Selain hal itu juga merupakan salah satu komplikasi dari adanya gout arthritis. Kerusakan pada sendi bisa terjadi karena apabila penyebab gout di dalam hat ini kandungan asam urat yang tidak terkontrol tidak di lakukan sebuah penanganan. Serangan akut tersebut bisa terjadi terus menerus, hal tersebut bisa menyebabkan jaringan yang ada di sekitar sendi menjadi rusak. Dan selanjutnya sendi anda bisa rusak sehingga sendi bisa menjadi kaku dan juga tidak bisa untuk di gerakan. Kerusakan pada persendian pada umumnya terjadi setelah topi muncul di bagian persendian yang telah rusak.

9. Dapat mempengaruhi psikologis

Rasa nyeri yang telah di timbulkan gout bisa sangat tak tertahankan. Rasa nyeri yang berlebihan dan tidak terkontrol bisa membuat perubahan mood pada orang menderita asam urat ini. Rasa nyeri yang sangat parah ini juga membuat pekerjaan dan juga aktivitas penderita menjadi sulit unruk di kerjakan. Dan hal tersebut juga mampu menyebabkan timbulnya rasa depresi atau rasa kecemasan atau juga bisa keduanya. Masalah tersebut merupakan bahaya dan juga dampak dari penyakit asam urat yang terjadi secara tidak langsung. Rasa depresi dan juga kecemasan juga bisa mempengaruhi kualitas tidur penderita. Hal tersebut bisa sangat berpengaruh pada aktivitasnya sehati hari. Oleh karena hal tersebut, masalah psikologis seperti ini harus di hindari dengan mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit asam urat.

10. Bisa meningkatkan risiko terjadinya kematian

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang memiliki kandungan asam urat yang sangat tinggi mampu dapat meningkatkan risiko terjadinya kematian. Orang dengan gout bisa cenderung meninggal lebih dulu, dan juga mampu meningkatkan 42 persen kematian. Orang -orang dengan gout tersebut juga bisa meningkatkan risiko yang bisa di akibatkan penyakit jantung sebanyak 58 persen. Dengan demikian bisa sangat berbahaya sekali jika penyakit asam urat ini tidak segera di atasi.

11. Meningkatkan risiko osteoarthritis

Osteoarthritis adalah radang sendi yang pada umumnya bisa terjadi pada orang lansia. Osteoarthritis bisa terjadi karena adanya degenerasi sendi. Selain hal tersebut mediator inflamasi juga bisa meningkatkan terjadinya Osteoarthritis. Penyakit asam urat seperti yang telah di sebutan pada sebelumnya bisa mampu untuk meningkatkan NLRP3 yang bisa mengaktifkan IL-18 dan IL-1β yang ada banyak sekali di dalam synovial sendi yang terkena osteoarthritis.

Tips mengurangi kadar asam urat yang ada di dalam tubuh

Berikut ini ada beberapa tips untuk dapat mengurangi kandungan asam urat yang ada di dalam tubuh anda. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Mengurangi rasa sakit dengan menggunakan obat asam urat

Jenis obat yang di produksi untuk mengurangi dan juga untuk mengatasi rasa sakit yang telah di akibatkan oleh penyakit asam urat ini sudah banyak sekali di jual di toko dan juga apotek. Anda bisa mengkonsumsi obat asam urat tersebut dengan menggunakan resep dari dokter. Obat tersebut bisa mengurangi rasa sakit dan juga nyeri yang timbul di akibatkan adanya penyakit asam urat.

  • Perbanyak minum air putih

Air putih ini bisa sangat membantu sekali untuk tubuh anda dalam melancarkan sistem pencernaan anda. Air pitih ini juga sangat bermanfaat sekali untuk bisa melancarkan pembuangan urine dan juga bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya gejala penyakit gagal ginjal.

  • Mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung potasium tinggi

Jenis makanan yang memiliki kandungan potasium yang sangat tinggi bisa sangat membantu untuk mengurangi kandungan asam urat yang ada di dalam tubuh ada. Contoh makanan yang memiliki kandungan potasium yang tinggi yaitu pisang, yoghurt makanan ini bisa mengurangi rasa sakit akibat asam urat.

  • Hindari konsumsi jenis makanan pemicu asam urat

Apabila tubuh anda sudah merasakan adanya gejala dari tingginya kandungan asam urat di dalam tubuh anda. Maka sebaiknya anda menghindari konsumsi jenis makanan yang bisa memicu terjadinya asam urat. Contoh jenis makan tersebut diantaranya yaitu jeroan, cokelat, makanan biji bijian, dan makanan dari hasil laut. Jenis makanan tersebut bisa memicu meningkatnya kandungan asam urat di dalam tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *