Tips Sederhana Mengatasi Nyeri Otot Alami

Posted on

Tips Sederhana Mengatasi Nyeri Otot Alami – Rasa nyeri adalalah satu gejala yang sering sekali dialami oleh banyak orang. Jika anda mengalami kondisi seperti ini anda tak perlu langsung panik karena rasa nyeri tersebut disebabkan adanya suatu masalah kesehatan yang mungkin tidak berbahaya. Bentuk dari raa nyeri itu sendiri bisa berbeda beda, rasa nyeri ini juga dapat menyerang ditempat yang berbeda beda dan juga dapat mewakili adanya beragam masalah kesehatan pada tubuh anda.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda gunakan atau terapkan untuk mengatasi rasa nyeri yang sedang anda derita. Cara berikut ini merupakan salah saru cara alternatif yang bisa anda lakukan atau terapkan jika anda tidak ingin mengkonsumsi obat obatan.

1. Memenuhi kebutuhan asupan vitamin D

kekurangan asupan kandungan vitamin D di dalam tubuh bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya rasa nyeri otot kronis. Dengan demikian, memenuhi kebutuhan asupan kandungan vitamin D dalam tubuh merupakan suatu hal yang sangat penting sekali. Untuk dapat memenuhi kebutuhan asupan vitamin d di dalam tubuh anda bisa mengkonsumsi sulemen vitamin D selain itu anda juga bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang di dalamnya terdapat kandungan vitamin D.

Menurunkan rasa nyeri
Menurunkan rasa nyeri

Sinar matahari ternyata juga bisa di jadikan sebagai salah satu sumber vitamin D yang tergolong sangat besar. Rata rata setiap orang akan membutuhkan asupan kandungan vitamin D didalam tubuhnya kurang lebih sekitar 200 IU per harinya. Namun untuk orang yang sudah berusia 50 sampai 70 tahun kebutuhan asupan vitamin D didalam tubuh akan meningkat menjadi kurang lebih sekitar 400 IU perharinya. Dan bagi orang yang sudah berusia lebih dari 70 tahun kebutuhan asupan vitamin D dalam tubuhnya akan meningkat lagi menjadi kurang lebih 500 IU.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Minnesota menemukan, 93 persen dari total responden yang menderita rasa nyeri muskuloskeletal non spesifik diakibatkan kekurangan asupan vitamin D didalam tubuhnya. Dengan memberikan suplemen vitamin D pada penderita mampu meredakan rasa nyeri. Para ilmuan dari penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa orang yang mengalami rasa nyeri secara terus menerus perlu menjalani skrining untuk definisi vitamin D.

2. Menghirup aroma buah apel hijau

Sebuah penelitian yang dilakukan the Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago, AS, menginstruksikan peserta yang pada saat bersamaan sedang menderita sakit migrain untuk sama sama mengendus atau menghirup bau tabung reaksi yang berisi buah apel hijau. Hasil dari penelitian tersebut menunjukan kondisi mereka yang telah menghirup aroma buah apel hijau mengalami perbaikan jika di bandingkan dengan mereka yang tidak menghirup aroma buah apel hijau. Para penaliti tersebut juga beranggapan bahwa aroma dari buah apel hijau tersebut bermanfaat mampu mengimbangi koteraksi otot yang terjadi di bagian leher dan juga kepala, sehingga bisa menyebabkan rasa lega di bagian leher yang terasa nyeri. Dari hasil penelitian sebelumnya juga menunjukan bahwa aroma dari buah apel hijau ini bisa bermanfaat mampu melawan rasa kegeliahan.

3. Bermeditasi

sebuah penelitian menujikan bahwa bermeditasi ini dapat meredakan rasa nyeri tanpa menimbukan efek samping. Para ilmuan dan juga para pakar dalam bidang ini beranggapan bahwa dengan melakukan meditasi selama kurang lebih 1 jam sangat bermanfaat sekalu untuk membantu meringankan rasa nyeri. Dari penelitian tersebut juga menunjukan bahwa bermeditasi juga bisa meningkatkan aktivitas otak di daerah-daerah seperti anterior cingulate cortex, anterior insula, dan orbito-frontal cortex. Daerah daerah tersebut merupakan daerah otak yang befungsi untuk memetakan berbagai bentuk rasa nyeriyang di terima oleh otak dari sinyal sinyal saraf.

4. Balneotherapy

Balneotherapy merupakan suatu hal yang tidak asing karena cara beikut ini sudah lama di praktekan. Istilah kata balneo berasal dari bahasa latin yaitu balneum yang memiliki arti mandi. Balneotherapy merupakan sejenis hydrotherapy yang pengobatanya di lakukan dengan cara mandi menggunakan air mineral dan juga air hangat. Air mineral yang di gunakan tersebut berasal dari magnesium sulfat atau juga garam epsom, kandungan tersebut mampu melemaskan otot otot didalam tubuh. Kandungan magnesium sufat merupakan kandungan mineral yang sangat mudah sekali diserap oleh kulit tubuh. Penelitian juga menunjugan bahwa jumlah kandungan magnesium akan meningkat setelah melakuka mandi dengan air mineral yang di dalamnya terdapat kandungan garam epsom. Selain hal itu, balneotherapy juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan juga dapat meredakan peradangan.

5. Terapi magnetik

Terapi magnetik merupakan salah satu terapi yang di lakukan untuk mengatasi rasa nyeri yang sangat minim sekali dengan risiko. Terpi ini dilakukan dengan memanfaatkan medan magnetik untuk tujuan terapeutik atau pengobatan. Terapi ini bisa merangsang proses penyembuhan dan juga bisa mempengaruhi kualitas tidur dengan cara yang sangat positif. Sebuah penelitian yang dilakukan di universitas virginia menunjukan bahwa medan magnet yang memiliki kekuatan sedang bisa membantu mengurangi terjadinya pembengkakan juga terapi ini segera di lakukan setelah mengalami cidera. Pembengkakan tersebut pada dasarnya bisa terjadi pelebaran pembbuluh darah, dan magnet ini diyakini memiliki manfaat mampu membatasi aliran darah ke area yang sedang cidera.

6. chromotherapy

cromotherapy merupakan sejenis terapi alami lain yang sangat efektif sekali unruk meredakan rasa nyeri dengan memanfaatkan teknik warna. Mereka yang yaki dan mendukung jenis terapi ini berpendapat bahwa asal muasal dari terjadinya berbagai penyakit dan juga gangguan kesehatan yang lainnya dapat dipetakan dengan melihat kurangnya sebuah warna yang spesifik di dalam tubuh manusia. Cara kerja dari jenis terapi yang satu ini yaitu dengan cara menyinarkan warna ke bagian tubuh untuk membantu membantu melawan ketidak seimbangnya kesehatan tubuh. Dan warna biru diyakini memiliki manfaat mampu memberikan efek segar, efek rileks, dan juga efek menenangkan serta juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri.

7. Teknik pernapasan

Relaksasi yang dilakukan dengan cara menir napas sedalam dalamnya dapat membantu untuk meringankan sakit kepala, nyeri punggung, nyeri sendi, nyeri yang disebabkan oleh penyakit kanker, serta rasa nyeri yang lainnya. Teknik pernapasan ini juga bisa digunakan untuk meringankan piliran sehingga rasa nyeri bisa dikurangi. Hal tersebut bisa terjadi dengan mempertimbangkan adanya suatu hubungan pikiran dengan tubuh. Teknik pernapasan ini juga mampu menggabungkan elemen seperti kesadaran tubuh, pernapasan, gerakan, dan juga meditasi dalam satu aliran. Yang lebih menggembirakan lagi yaitu selai mudah anda juga bisa melakukan dimana saja jenis terapi yang satu ini tidak mengeluarkan biaya sepeserpun.

Caranya sangat mudah sekali, anda hanya perlu menarih napas dalam dalam selama kurang lebih 4 detik, dan cobalah mengisi paru pru anda dengan udara dari bawah hingga atas dengan cara mendorong perut anda. Dengan menarik napas dalam dalam dapat memberikan efek mengalihkan pikiran anda dari rasa nyeri.