Tips Sehat dan Bahaya Makan Mie Bagi Tubuh

Posted on

Bahaya Mie instan bagi kesehatan tubuhMie instan merupakan salah satu jenis makanan cepat saji yang sudah umum sekali bagi banyak masyarakat, terutama bagi anak yang ngekos. Cara memasaknya yang sangat mudah sekali dan juga memiliki rasa yang cukup lezat membuat jenis makanan cepat saji yang satu ini sangat di sukai oleh bayak orang. Tetapi janganlah terlalu sering mengkonsumsi Mie instan ini, karena jika terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji yang satu ini bisa membahayakan kesehatan tubuh anda.

Tips Sehat dan Bahaya Makan Mie Bagi Tubuh
Tips Sehat dan Bahaya Makan Mie Bagi Tubuh

Mie instan merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dari campuran tepung, minyak sayur, garam, dan juga beberapa bahan zat adiktif seperti bahan aditif pol fosfat, natrium karbonat dan kalium karbonat serta bahan -bahan yang lainnya. Bahan zat adiktif yang ada di dalam makanan cepat saji yang satu ini berfungsi sebagai pengatur asam.  Selain hal itu, di dalam Mie instan juga terdapat zat pewarna kuning (tartrazine).

Mie instan ini merupakan Mie yang di produksi sebagai salah satu jenis makanan yang dalam pengelolaannya sangat mudah atau sangat praktis. Dan juga Mie instan ini dapat di simpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Di dalam Mie instan ini juga tak lepas dari bahan zat adiktif makanan seperti MSG (monosodium glutamat) yang berguna sebagai penguat rasa.

Mie instan ini merupakan salah satu jenis makanan yang sangat terkenal sekali di seluruh dunia terutama di kawasan asia. Di indonesia sendiri jenis makanan yang satu ini hadir dengan berbagai merek dan juga berbagai rasa. Sebenarnya sudah banyak sekali masyarakat yang paham bahwa makanan yang satu ini merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh dan tidak baik jika di konsumsi terus menerus. Namun, efek dapat mengenyangkan dan juga harganya yang sangat murah sekali menjadi salah satu alasan yang utama mengapa makanan yang memiliki dampak negatif bagi kesehatan ini tetap laku di pasaran. Berikut ini ada beberapa bahaya atau damak negatif dati Mie instan bagi kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

Penyebab terjadinya penyakit kanker

Mie instan yang telah beredar pada saat ini ternyata cukup sangat membahayakan kesehatan tubuh. Sudah di ketahui bahwa di permukaan Mie instan dilapisi dengan lilin. Hal tersebutlah yang menyebabkan kenapa Mie instan ini tidak lengket satu dengan yang lainnya. Lilin ini bisa sangat membahayakan kesehatan tubuh jika di konsumsi. Karena tubuh kita butuh waktu yang cukup lama agar dapat mencerna lilin yang telah masuk ke dalam tubuh kita.

Jika zat kimia tersebut terus masuk kedalam tubuh dan menumpuk, maka kemungkinan tubuh anda terkena penyakit kanker yang sangat berbahaya. Selain itu juga bisa memicu timbulnya penyakit kanker hati, kanker usus, atau juga penyakit leukemia. Tidak hanya dari lilin yang ada di dalam Mie instan itu saja, bumbu Mie instan pun mengadung banyak sekali bahan zat adiktif seperti zat MSG yang dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit kanker pada tubuh anda.  Sudah banyak sekali kasus yang nyata tentang orang yang sakit yang di duga di sebabkan kerana terlalu sering sekali mengkonsumsi Mie instan ini. Oleh karena hal itu, untuk dapat menghindari dari dampak negatif tersebut sebaiknya anda mengurangi mengkonsumsi Mie instan.

Terjadi kerusakan pada jaringan otak

Dengan mengkonsumsi Mie instan ini secara terus menerus bisa membuat penumpukan kandungan zat -zat kimia yang berbahaya di dalam tubuh anda. Dan juga efeknya bisa merusak jaringan sel -sel otak. Hal tersebut juga bisa menyebabkan terjadinya penurunan transmisi di dalam otak.  Selain hal itu, kerusakan yang terjadi pada jaringan sel -sel otak tersebut juga dapat memicu berbagai jenis penyakit lainnya bisa menyerang tubuh anda. Penyakit tersebut yaitu seperti penyakit stroke dan juga kelumpuhan.

Memicu terjadinya keguguran

Pada sejumlah wanita yang sedang hamil yang mengkonsumsi makanan Mie instan pada saat masa kehamilannya bisa memicu terjadinya keguguran. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan pengawet di dalam bumbu pada Mie instan. Kandungan pengawet yang ada di dalam bumbu Mie instan juga bisa mempengaruhi perkembangan pada janin anda. Untuk dapat menghindari hal yang tidak -tidak sebainya para ibu yang sedang hamil jangan mengkonsumsi Mie instan ini.

Terjadi gangguan pada sistem metabolisme tubuh

Mengkonsumsi jenis makanan cepat saji seperti Mie instan ini jika dalam jangka panjang bisa mempengaruhi sistem metabolisme di dalam tubuh. Hal tersebut bisa di sebabkan karena adanya akumulasi dari kandungan zat -zat kimia beracun seperti zat pewarna makanan, bahan pengawet makanan dan juga zat adiktif di dalam Mie instan.

Terjadi kerusakan pada organ tubuh

Di dalam Mie instan ini terdapat kandungan propylene glycol, bahan zat anti-beku yang bisa mencegah Mie dari pengeringan serta juga dapat mempertahankan kelembapan nya. Tubuh anda bisa menyerap kandungan zat tersebut dengan sangat mudah dan juga dapat terakumulasi di dalam organ jantung anda, hati serta organ ginjal. Hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada organ dan juga terjadinya kelainan pada organ tubuh anda. Selain itu juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh anda. Jika sistem kekebalan tubuh anda berkurang maka tubuh anda bisa dengan mudah terserang berbagai macam jenis penyakit yang bisa membahayakan jiwa anda.

Memicu terjadinya obesitas

Mie instan merupakan salah satu jenis makanan yang dapat menyebabkan terjadinya obesitas. Obesitas merupakan suatu kondisi tubuh yang mudah sekali terserang berbagai penyakit. Untuk dapat menghindari terjadinya obesitas tersebut, sebaiknya anda mengurangi mengkonsumsi Mie instan ini. Karena Mie instan ini di dalamnya terdapat kandungan lemak yang tergolong sangat tinggi sekali. Dan juga kandungan natrium nya yang ada di dalam Mie instan dapat menyebabkan retensi air di dalam tubuh anda.

Chinese restaurant syndrome

Dampak negatif dari mengkonsumsi Mie instan yang satu ini lebih mirip dengan keracunan. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan MSG yang ada di dalam bumbu Mie instan tersebut. Ada beberapa tubuh orang yang tidak tahan dengan kandungan MSG ini, lalu kemudian tubuh orang tersebut bisa merasa pusing dan juga merasa sesak napasnya. Tatapi jenis penyakit ini tidak terlalu fatal karan penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya selama 2-3 jam setelah mengkonsumsi Mie instan tersebut. Walaupun begitu tetap saja Mie instan ini tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Monosodium glutamate (MSG)

Monosodium glutamate (MSG) di gunakan untuk bisa meningkatkan rasa Mie instan tersebut, ada sekitar 1-2 persen dari populasi alergi dari tahap MSG. ketika orang terkena alergi yang di sebabkan zat MSG maka hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya rasa terbakar, rasa panas di bagian dada, terjadi kemerahan di bagian wajah, dan juga rasa nyeri serta juga sakit kepala.

Tinggi kandungan natrium

Di dalam Mie instan juga terdapat kandungan natrium dalam jumlah yang sangat tinggi. Kelebihan mengkonsumsi kandungan natrium bisa menyebabkan terjadinya hipertensi. Selain itu, juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit stroke dan juga terjadi kerusakan pada jantung anda. Dengan demikian Mie instan ini merupakan salah satu jenis makanan yang sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh.

Junk food

Mie instan juga dapat di anggap sebagai jenis makanan junk food, dan juga tidak pernak bisa menggantikan jenis makanan yang bernutrisi. Hal tersebut dikarenakan Mie instan ini memiliki kandungan karbohidratnya tetapi tidak sama sekali terdapat kandungan vitaminnya dan juga kandungan serat serta mineral. Di dalam Mie instan ini juga terdapat kandungan lemak jenuh dan juga kandungan lemak. Selain hal itu di dalam Mie instan juga terdapat kandungan padat kalori dan bisa memberikan efek yang sangat negatif pada kesehatan tubuh manusia.

Terjadi gangguan pada sistem pencernaan

Mie instan ini juga bisa menghambat kandungan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anda. Hal ini juga bisa menjadikan sistem pencernaan adan menjadi terganggu. Sistem pencernaan yang sangat baik memerlukan bantuan kandungan nutrisi dan juga kandungan mineral dalam jumlah yang cukup banyak. Maka dari hal ini tidak sedikit orang suka mengkonsumsi Mie instan ini mengalami sembelit dan juga masalah pada sistem pencernaan nya. Bahkan juga bisa menyebabkan terjadinya lambung dan juga usus bocor.

Bisa menghambat penyerapan kandungan nutrisi

Tidak sedikit para orang tua yang telah memberi anaknya makanan seperti Mie instan ini. Hal tersebut karena berbagai alasan khusus misalnya masalah waktu atau juga memang sang anak tersebut sangat doyan sekali dengan Mie instan ini. Padahal Mie instan ini memiliki efek yang tidak baik bagi pertumbuhan anak -anak. Hal tersebut dikarenakan Mie instan ini memiliki dampak negatif yang dapat menghambat penyerapan kandungan nutrisi dari dalam tubuh anak -anak tersebut. Apalagi bagi anak -anak yang masih berusia di bawah 5 tahun ke bawah, hal tersebut bisa sangat berbahaya sekali bagi kesehatannya.

Baca Juga :

Tips sehat mengkonsumsi Mie instan

Buat anda yang sangat gemar sekali mengkonsumsi Mie instan. Berikut ini ada beberapa tips yang sehat mengkonsumsi Mie instan agar bisa mengurangi efek negatif dari Mie instan. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Buang air rebusan Mie instan yang pertama

Pada saat merebus Mie instan, sebainya buanglah air rebusan yang pertama kali yang anda gunakan untuk merebus Mie instan tersebut. Pada saat merebus Mie instan, lapisan lilin yang ada pada Mie instan tersebut sebagian besar larut pada air rebusan yang pertama. Oleh sebab itu pada saat anda merebut Mie instan kuah dari Mie instan tersebut bisa berwarna putih dan juga berwarna kekuningan seperti warna Mie. Hal tersebut bisa membantu mengurangi kandungan lilin yang bisa masuk ke dalam tubuh anda.

  • Beri jeda waktu mengkonsumsi Mie instan

Seperti yang telah di jelaskan di atas, bahwa kandungan lilin yang masuk di dalam tubuh bisa hilang setelah 2-3 hari kemudian. Maka dari hal tersebut sebaiknya anda mengkonsumsi Mie instan ini jangan setiap hari. Beri jeda kurang lebih 3 hari untuk mengkonsumsi lagi.

  • Jangan mencampur bumbu saat sedang di masak

Di dalam bumbu Mie instan terdapat kandungan zat yang berbahaya jika zat tersebut ikut di masak. Sebaiknya mencampurkan bumbu tersebut dalam keadaan sudah di angkat, atau anda juga bisa menaruhkan dulu bumbu tersebut kemudian baru di beri Mie instan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *