Vitamin B7 – Pengertian & Manfaat Bagi Tubuh

Posted on

Biotin merupakan alah satu jenis vitamin yang tergolong dalam kelompok vitamin B kompleks yang juga dikenal sebagai vitamin H atau juga vitamin B7. Kandungan vitamin jenis ini sangat mudah sekali larut dalam air sehingga tidak dapat tersimpan di dalam tubuh dalam jangka yang lama. Jadi, tubuh anda memerlukan asupan kandungan vitamin ini terus menerus agar tidak kekurangan asupan vitamin B7 didalam tubuh.

Kandungan biotin atau vitamin B7 ini sangat penting sekali bagi kesehatan tubuh. Karena tubuh kita sangat membutuhkan kandungan vitamin B7 ini untuk membantu mencerna dan juga memecah lemak, karbohidrat, dan juga protein didalam tubuh. Pada saat biotin atau vitamin B7 ini masuk ke dalam tubuh, maka kandungan vitamin B7 ini akan memproduksi asam lemak, dan juga dapat menjaga kesehatan tubuh anda. Selain itu vitamin B7 ini juga memiliki manfaat yang lainnya diantarany yaitu sebagai berikut :

manfaat vitamin B7
manfaat vitamin B7

1. Membantu menjaga kesehatan kehamilan

Biotin atau vitamin B7 ini merupakan salah satu kandungan yang sangat penting sekali untuk wanita hamil. Sebuah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan tubuh hewan menunjukan bahwa ketika masa kehamilan, jika kekurangan asupan kandungan vitamin B7 ini bisa menyebabkan tingginya risiko bayi lahir cacat. Meski percobaan tersebut dilakukan menggunakan hewan, para pakar atau para ahli menunjukan bahwa memang kebutuhan asupan kandungan vitamin B7 pada saat sedang hamil bisa meningkat. Oleh karena hal tersebut, biasanya para dokter akan menganjurkan para wanita yang sedang hamil untuk mengkonsumsi jenis makanan yang kaya akan vitamin B7 didalamnya.

2. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat dari vitamin B7 yang utama yaitu dapat membantu mencerna zat-zat gizi yang ada didalam tubuh. Dengan demikian vitamin ini juga dapat mempengaruhi kadar gula didalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukan bahwa vitamin B7 ini dapat membantu mengendalikan kadar glukosa darah pada diabetes. Kandungan vitamin ini juga dapat bekerja dengan cara mengoptimalkan pencernaan asam lemak sehingga dapat meningkatkan penyimpanan glukosa.

3. Membantu mengatasi kerusakan saraf

vitamin B7 ini juga sangat bermanfaat sekali untuk membantu mengatasi kerusakan saraf pada orang yang menderita diabetes, atau juga yang sedang menjalani cuci darah untuk penyakit ginjal. Meski demikian manfaat vitamin B7 yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

4. Mengobati multiple sclerosis

Sebuah penelitian menunjukan bahwa terapi biotin dengan dosis tinggi dapat bermanfaat untuk membantu kerusakan multiple sclerosis. Ini adalah salah satu penyakit autoimun yang dapat mempengaruhi sistem saraf yang bisa meyebabkan kelemahan pada otot dan juga yang lainnya.

5. Mengatasi kerusakan kulit

beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli menunjukan bahwa kekurangan asupan vitamin B7 ini dapat menyebabkan timbulnya kelainan ada kulit yang disebut dengan dermatitis seboroik. Dari beberapa sumber menunjukan bahwa kekurangan asupan vitamin B7 ini dapat berpengaruh pada proses pemecahan lemak yang sangat penting sekali untuk kesehatan kulit.

6. Mengatasi kuku rapuh

vitamin B7 ini juga bisa bermanfaat untuk mengatasi kuku yang mudah sekali rapuh. Manfaat dari vitamin B7 ini telah banyak dibuktikan dalam berbagai penelitian yang dilakukan pada orang yang memiliki kuku yang rapuh. Mereka di berikan suplemen vitamin B7 secara rutin dan kemudian kuku yang rapuh pada orang tersebut bisa berkurang.

7. Membantu pertumbuhan rambut

manfaat lain dari vitamin B7 yaitu dapat mempertcepat pertumbuhan rambut. Hasil dari sebuah penelitian menunjukan bahwa seorang wanita yang mengkonsumsi suplemen vitamin B7 maka akan mengalami pertumbuhan rambut yang cukup banyak dan juga dapat mengatasi kerontokan.