Vitamin K – Manfaat & Khasiat Bagi Kesehatan

Posted on

Vitamin K juga dikenal dengan sebutan koagulasi. Vitamin K merupakan salah satu jenis vitamin yang mudah larut dalam lemak. Hampir sama dengan vitamin E, fungsi utama dari kandungan vitamin K yaitu dapat membantu proses pembebekuan darah untuk menghentikan pendarahan. Vitamin ini bisa kita temkan dengan sangat mudah didalam berbagai jenis makanan seperti bayam, brokoli, kacang keselai, daging, telur, dan juga minyak sayur.

Dengan tercukupinya asupan kandungan vitamin k didalam tubuh maka bisa bermanfaat penting sekali dalam proses pembekuan darah dan juga kesehatan tulang. Selain itu vitamin k juga memiliki manfaat bagi tubuh yang lainnya. Apa saja manfaat tersebut ? Berikut penjelasanya.

Manfaat Vitamin K
Manfaat Vitamin K

1. Membantu proses pembekuan darah

manfaat vitamin K yang pertama yaitu mampu utuk membantu proses pembekuan darah. Pembekuan darah ini sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh terutama pada saat tubuh mengalami luka, baik itu luka sayatan, luka terjatuh, dan juga luka bekas operasi.

2. Mencegah terjadinya osteoporosis

osteoporosis merupakan salah satu kondisi dimana struktur tulang mulai megalami pengeroposan. Hal itu bisa disebabkan karena kurangan asupan kandungan mineral didalam tubuh untuk dapat menguatkan tulang. Tetapi vitamin K ini juga ternyata bisa bermanfaat untuk membantu mempercepat dan juga untuk mengoptimalkan penyerapan kandungan kalsium dan juga fosfor dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang

manfaat vitamin K bagi tubuh yang lainnya yaitu mampu menjaga kekuatan tulang. Hal tersebut juga berkaitan dengan rendahnya risiko anda dalam mengalami berbagai gangguan pada kerusakan tulang. Selain itu dengan selalu terjaganya kesehatan dan kekuatan tulang, maka anda bisa melakukan aktivitas sehari-hari secara baik dan normal.

4. Membantu pertumbuhan tulang pada bayi

manfaat vitamin K ini juga sangat baik sekali bagi bayi. Manfaat tersebut yaitu dapat membantu dalam proses pertumbuhan tulang bayi. Dengan manfaat vitamin K dalam membantu penyerapan kandungan mineral terutama pada bagian tulang, maka kandungan vitamin k ini sangat penting sekali untuk selalu dicukupi kebutuhanya dalam tubuh. Terutama untuk nakan anak yang masih dalam masa pertumbuhan guna untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang, dan juga dapat menambah tinggi badan.

5. Mencegah munculnya diabetes

sebuah penelitian terbaru menunjukan bahwa vitamin k ini bisa bermanfaat sangat baik sekali untuk dapat mencegah munculnya penyakit diabetes. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya fakta bahwa vitamin K ini dapat membentuk suatu sistem perlawanan terhadap resisten insulin. Resisten insulin ini diketahui merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit diabetes pada tubuh anda.

6. Mencegah pendarahan pada organ hati

bagi anda yang sering sekali menggunakan aspirin, antibiatik, dan juga jenis obat penenang lainnya secara berlebihan bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuh anda. Hal tersebut juga bisa menyebabkan munculnya pendarahan didalam hati atau penyakit liver. Terjadinya pendarahan pada hati bisa menyebabkan fungsi dari organ hati menjadi tidak optimal. Namun demikian vitamin K ini memiliki manfaat untuk dapat mencegah terjadinya pendarahan didalam hati dan dapat mencegah masalah kesehatan yang masih berhubungan dengan organ hati.

7. Mencegah munculnya penyakit kanker

manfaat vitamin K bagi tubuh selanjutnya yaitu sangat baik sekali untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang sangat berbahaya sekali dan beberapa diantaranya dapat menyebabkan kematian. Kandungan vitamin K ini sangat baik sekali untuk memperlambat proses perkembangan dari sel-sel kanker didalam tubuh. Dengan lambatnya pertumbuhan sel kanker tersebut maka penyakit kanker tersebut tidak cepat menyebar keseluruh tubuh, dan bisa lebih mudah untuk ditangani.