Zat Kimia dan Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

Posted on

Bahaya merokok bagi kesehatan tubuhAnda pasti merasa tidak asing lagi dengan kata peringatan “Dilarang merokok” dua kata ini bisa anda jumpai dengan mudah di mana saja. Mengapa merokok dilarang, hal tersebut karena rokok memiliki kandungan zat -zat yang sangat berbahaya sekali yang bisa mengganggu kesehatan tubuh anda. Setiap batang rokok yang di isap, dapat meningkatkan risiko tubuh anda terserang penyakit jantung.

Penyakit jantung ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mematikan sekali. Dapat di perkirakan, setidaknya ada sebanyak 20% orang meninggal di akibatkan penyakit jantung ini. Hal tersebut masih berkaitan langsung dengan kebiasaan merokok.

Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh
Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh

Bahaya rokok tersebut bisa di timbulkan dari adanya kandungan -kandungan zat yang sangat berbahaya di dalam setiap batangnya. Kandungan zat -zat tersebut bisa sangat membahayakan kesehatan tubuh anda.

Di dalam rokok terdapat 4000 lebih jenis bahan kimia, ada setidaknya 60 dari jenis bahan kimia yang ada di dalam rokok tersebut dapat menyebabkan penyakit kanker. Berikut ini ada beberapa bahan -bahan kimia yang ada di dalam rokok dan sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh manusia. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Tar

Ketika anda sedang merokok, kandungan tar yang ada di dalam rook tersebut bisa ikut terhisap. Zat kimia tersebut bisa mengendap di dalam paru –paru anda, hal tersebut bisa menimbulkan dampak negatif pada kinerja rambut halus yang melapisi paru -paru anda.

Padahal, rambut halus yang melapisi paru -paru anda memiliki tugas untuk dapat mendorong kuman dan juga partikel asing lainnya untuk dapat keluar dari dalam paru -paru anda. Kandungan tar yang ada di dalam asap rokok mengandungkan berbagai jenis bahan kimia karsinogen. Kandungan bahan kimia yang ada pada asap rokok tersebut dapat memicu perkembangan sel kanker yang ada di dalam tubuh anda.

  • Karbon monoksida

Karbon monoksida merupakan suatu zat yang tidak bisa terlihat dan juga tidak bisa di rasakan. Zat karbon monoksida ini sering di temukan pada asap knalpot mobil dan juga motor. Zat karbon monoksida ini dapat mengikat tubuh anda dalam hemoglobin di dalam darah secara permanen.

Sehingga hal tersebut dapat menghalangi suplai oksigen ke seluruh tubuh anda. Zat karbon monoksida ini cenderung bisa menimbulkan tubuh anda sering merasa kehabisan napas dan juga tubuh anda bisa lebih cepat lelah.

  • Gas oksidan

Zat gas oksidan yang ada di dalam rokok ini bisa bereaksi dengan oksigen. Keberadaan zat gas osidan di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit stroke dan juga penyakit serangan jantung.

  • Benzene

Zat yang dapat di tambahkan di dalam bahan bakat minyak ini bisa merusak sel pada tingkat genetik. Zat ini juga bisa di kaitkan dengan terjadinya berbagai jenis penyakit kanker seperti misalnya penyakit kanker ginjal dan juga penyakit leukemia.

Selain rokok mengandungkan bahan -bahan kimia seperti di atas, masih banyak lagi kandungan zat kimia yang beracun di dalam sebatang rokok. Kandungan zat kimia tersebut diantaranya seperti formalin atau formaldehyde (digunakan untuk mengawetkan mayat), arsenic (sering digunakan dalam pestisida), hydrogen cyanide (sering digunakan untuk membuat senjata kimia), dan juga amonia.

Berbagai kandungan bahan kimia yang ada di dalam rokok tersebut sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh manusia serta orang -orang yang ada di dekatnya. Berikut ini ada beberapa dampak atau bahaya merokok bagi kesehatan tubuh manusia. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

Munculnya gangguan cardiovascular

Pada saat anda merokok, tubuh anda bisa lebih mungkin terjangkit penyakit serangan jantung. Bagi orang yang merokok tubuhnya memiliki risiko dua hingga empat kali lebih tinggi terkena penyakit serangan jantung. Risiko tersebut bisa lebih tinggi lagi terjadi pada seorang wanita yang sedang mengkonsumsi pil KB.

Pada saat sedang merokok, berbagai jenis zat berbahaya bisa masuk kedalam tubuh anda. Kandungan zat yang ada pada rokok tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh perokok. Khususnya bisa berdampak negatif pada organ jantung anda.

Ketika kandungan zat nikotin yang ada di dalam rokok tersebut masuk ke dalam tubuh anda. Maka hal tersebut dapat mengurangi kandungan oksigen yang bisa masuk ke dalam darah anda. Kandungan zat yang memiliki sifat candu yang ada di dalam rokok tersebut bisa menimbulkan jantung anda berdedak dengan sangat cepat.

Selain itu juga dapat menyebabkan naiknya tekanan darah dan juga bisa merusak pembuluh darah di dalam organ jantung anda. Hal tersebut juga bisa menyebabkan meningkatnya kemungkinan terjadinya penggumpalan darah yang dapat memicu terjadinya penyakit serangan jantung. Selain itu juga dapat berdampak buruk pada terhadap organ -organ tubuh yang lainnya.

Bahaya rokok ini juga bisa berdampak atau bisa di rasakan pada orang yang tidak merokok. Rokok ini juga bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti penyakit serangan jantung dan penyakit kanker paru -paru pada orang yang tidak merokok. Hal tersebut bisa terjadi jika asap rokok terhirup oleh orang yang tidak merokok.

Kerusakan pada otak

Efek negatif rokok ini juga bisa menimbulkan atau bisa meningkatkan risiko terjangkit penyakit stroke sebesar sekitar 50%. Dengan merokok juga bisa menyebabkan atau terjadi kerusakan pada otak dan juga dapat menimbulkan kematian.

Hal tersebut juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit aneurisme otak. Aneurisme otak merupakan pembengkakan pada pembuluh darah yang telah terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah. Sewaktu waktu pembuluh darah tersebut bisa pecah dan bisa menyebabkan pendarah di dalam otak anda.

Kerusakan pada mulut dan juga tenggorokan

Gigi yang bernoda dan juga bau mulut adalah salah satu efek yang di timbulkan akibat kebiasaan merokok. Penyakit gusi dan juga terjadi kerusakan pada indera perasa pun bisa terjadi akibat dari efek merokok. Dengan kebiasaan merokok juga dapat menimbulkan masalah yang serius yang bisa terjadi pada mulut dan juga tenggorokan anda. Masalah serius tersebut yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kanker lidah, kanker tenggorokan, kanker bibir dan juga kanker pita suara.

Timbulnya penyakit kanker paru -paru

Penyakit kanker paru -paru merupakan salah satu dampak yang paling berbahaya yang ditimbulkan oleh rokok. Bahan -bahan zat kimia yang ada di dalam rokok berpotensi dapat merusak sel paru -paru yang kemudian dapat berubah menjadi sel kanker. Penyakit serius yang lainnya yang bisa anda alami dengan kebiasaan merokok yaitu bronkhitis, pneumonia, dan emfisema. Dengan demikian rokok ini sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh manusia.

Timbulnya penyakit lambung

Dengan kebiasaan merokok juga dapat melemahkan otot yang memiliki fungsi untuk mengontrol bagian bawah kerongkongan anda. Hal tersebut bisa memungkinkan kandungan asam dari lambung anda bergerak ke arah yang salah, yaitu dengan naik ke arah atas kerongkongan anda.

Kondisi tersebut bisa dinamakan dengan penyakit asam lambung atau juga yang di sebut dengan GERD. Beberapa risiko penyakit lambung yang lainnya juga dapat terjadi pada seseorang yang merokok. Penyakit tersebut diantaranya yaitu penyakit lambung, dan juga penyakit tukak lambung serta penyakit yang lainnya.

Kerusakan pada tulang

Kandungan zat kimia yang beracun di dalam rokok dapat menimbulkan efek yaitu terjadinya kerapuhan pada tulang anda. Olek karena itu, orang yang merokok memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami tulang rapuh atau terjadinya penyakit osteoporosis. Bagi para wanita perokok dampak seperti ini bisa lebih tinggi terkena penyakit osteoporosis jika di bandingkan dengan seorang wanita yang tidak merokok.

Terjadi penuaan dini

Seorang yang terbiasa merokok bisa terlihat lebih tua jika di bandingkan dengan orang yang tidak merokok. Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya kandungan oksigen ke dalam kulit tubuh anda. Hal tersebut juga bisa menimbulkan terjadinya penuaan dini.

Selain hal tersebut juga dapat menimbulkan munculnya kerutan di sekitar mata dan di sekitar mulut. Kandungan zat kimia beracun yang ada di dalam rokok juga bisa menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan pada kulit tubuh yang lainnya.

Terganggunya organ reproduksi

Dengan kebiasaan merokok juga dapat menimbulkan terganggunya sistem reproduksi dan juga tingkat kesuburan tubuh anda. Untuk para kaum pria, dengan merokok ini bisa menimbulkan impotensi, dapat mengurangi produksi sperma dan juga dapat menimbulkan kanker testis.

Sementara untuk para kaum wanita, kebiasaan merokok dapat menimbulkan berkurangnya tingkat kesuburan tubuh. Selain hal tersebut risiko terkena penyakit kanker serviks pun bisa lebih tinggi pada wanita. Karena dengan merokok bisa mengurangi kemampuan tubuh yang alami untuk melawan infeksi human papillomavirus atau HPV.

Terjadi gangguan psikologis

Selain rokok ini dapat menimbulkan penyakit yang dapat menyerang fisik anda, rokok ini juga dapat menyerang pada psikologis anda. Dengan merokok dapat menimbulkan rasa stres yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan orang yang tidak merokok. Selama ini mungkin banyak orang yang mengira bahwa dengan merokok bisa membuat diri anda semakin rileks.

Banyak orang juga yang menganggap bahwa kandungan nikotin yang ada di dalam rokok tersebut memenangkan pikiran dan juga dirinya. Tetapi anggapan orang -orang tersebut adalah salah, justru rokok ini bisa membuat pikiran anda menjadi gelisah dan juga rasa cemas. Rasa gelisah dan juga resah tersebut timbul karena adanya gejala putus obat terhadap kandungan nikotin. Dengan merokok rasa kecanduan terhadap kandungan nikotin di dalam tubuh dan orang yang merokok tersebut seolah olah bisa merasa tenang setelah orang tersebut merokok.

Memang tidak semua perokok bisa mengalami kematian lantaran adanya penyakit serangan jantung, penyakit kanker dan berbagai penyakit yang lainnya. Namun kebiasaan merokok ini bisa sangat mengganggu kesehatan tubuh anda dan juga dapat mengurangi kualitas hidup sehat anda. Bahaya dan juga efek dari merokok yang dapat anda rasakan setiap harinya yaitu sering terjadinya batuk -batuk, merasa sesak napas, tubuh mudah lelah.

Baca juga :

Selain hal tersebut merokok juga dapat menimbulkan rentan terjadi infeksi serta mengalai gangguan pada saat anda mau tidur yang bisa di tandai dengan sulitnya bernapas dan kemudian tubuh merasa lebih lelah. Mungkin banyak orang yang sudah terbiasa mendengar bahaya merokok ini bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, banyak juga orang yang tidak mau menghentikan merokok karena merasa tubuhnya saat ini masih dalam keadaan yang sehat dan juga baik -baik saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *